UNTAN Membangun Ekosistem Digital Menuju Cyber University

By | February 24, 2020

UNTAN Membangun Ekosistem Digital Menuju Cyber University – Universitas Tanjungpura (UNTAN) terletak di Provinsi Kalimantan Barat, tepatnya di Kota Pontianak.  Sudah tidak diragukan lagi jika kita ingin melanjutkan pendidikan ke perguruan tinggi di kota Pontianak khususnya, maka satu-satunya universitas yang memiliki reputasi pendidikan berkualitas hanya ada di UNTAN. Ya, bener banget, karena UNTAN sudah menorehkan berbagai macam prestasi di bidang Tri Dharma Perguruan Tingginya. Selain itu, UNTAN satu-satunya universitas pertama di Kalimantan Barat yang banyak dikenal oleh masyarakatnya. Jadi, Anda tidak salah memilih universitas UNTAN untuk dijadikan sebagai tempat menimba ilmu di jenjang kuliah ini. Seperti apa dan bagaimana tentang universitas UNTAN ini? simak terus ulasan admin dibawah ini, cekidot…

UNTAN Membangun Ekosistem Digital Menuju Cyber University

UNTAN Membangun Ekosistem Digital Menuju Cyber University

Seperti yang sudah kita ketahui bersama bahwa, dinegara kita Indonesia tercinta ini, ada tiga jenis pendidikan, yaitu: Pendidikan Profesi atau Spesialis, Pendidikan Akademik, dan pendidikan Vokasi. Ketiga jenis sistem pendidikan nasional tersebut, tentunya sudah tertuang didalam undang-undang nomor 20 tahun 2003. Apabila kita berbicara mengenai pendidikan tinggi di Indonesia ini, maka hubungannya adalah dengan universitas. Berbicara mengenai universitas ini, tentunya ada banyak universitas yang sudah tersebar di seluruh wilayah negara Indonesia. Diantara banyaknya universitas tersebut, admin akan membicarakan salah satu universitas yang ada di Kalimantan Barat, khususnya yang ada di kota Pontianak, yaitu: UNTAN.

Sedikit Mengenai Universitas UNTAN

UNTAN

UNTAN

Jika kita lihat logo UNTAN diatas, logo tersebut bukan sembarang logo, karena logo ini banyak memiliki arti dan makna yang sangat dalam sekali dalam dunia pendidikan. Logo tersebut dibuat pada tanggal 10 Mei 1960, dari hasil penggabungan antara kreasi hasil sayembara dengan ide panitia, hingga akhirnya logo ini tercipta oleh E. Soetandy Ardiamidjaja, mahasiswa Fakultas Tata Niaga Universitas Daja Nasional.

Seperti yang sudah admin jelaskan diawal tulisan ini, bahwa UNTAN singkatan dari Universitas Tanjungpura, dimana UNTAN ini kepalai oleh seorang rektor bernama Prof. Dr. Garuda Wiko, S.H., M.Si.

UNTAN ini memiliki beberapa Fakultasnya yang terdiri dari: Fakultas Hukum, Fakultas Ekonomi & Bisnis, Fakultas Pertanian, Fakultas Teknik, Fakultas ISIP, Fakultas KIP, Fakultas Kehutanan, Fakultas MIPA, serta Fakultas Kedokteran.

Dalam rangka merealisasikan Perguruan Tinggi Negeri Berbadan Hukum (PTN-BH/BLU), sejak tahun 2015 sampai tahu 2019, seluruh kegiatan universitas UNTAN sudah ditujukan untuk membangun UNTAN sebagai perguruan tinggi yang mampu menjadi Pembelajaran Unggul & Menuju Peningkatan Daya Saingnya, itulah tujuan dari berdirinya universitas UNTAN.

Kini UNTAN sudah memiliki sebanyak 31509 Mahasiswa, 66008 Lulusan, 95 Program Studi, 9 Fakultas, 1011 Dosen, dan 33110 Penelitian. UNTAN ini beralamatkan di: Jl. Prof.Dr.H.Hadari Nawawi / Jendral Ahmad Yani, Pontianak – Kalimantan Barat (78124), Anda semuanya bisa menempuh pendidikan tinggi disana dengan memenuhi persyaratan yang sudah ditentukan oleh UNTAN itu sendiri.

Berbicara tentang pendidikan pada jaman sekarang yang sudah serba canggih seperti sekarang ini, maka ada yang namanya Industri 4.0. Ya bener banget, Industri 4.0 ini tidak akan lepas dari dunia pendidikan khususnya di perguruan tinggi. Dimana industri 4.0 ini bisa dideskripsikan sebagai era di mana berbagai teknologi yang baru bisa menyatukan dunia fisik, digital, dan biologis, hingga berdampak pada semua disiplin ilmu, ekonomi, dan industri. Menjawab tantangan pada industri 4.0 saat ini, maka UNTAN juga saat ini sudah mengikuti jaman sekarang didalam mengelola pendidikannya.

UNTAN: Menuju Tantangan dan Solusi di Era Cyber University

Tantangan cybersecurity berlimpah di pendidikan tinggi, karena institusi pendidikan tinggi menghadapi banjir cyber yang terus-menerus dan pendidikan tinggi memiliki tingkat serangan ransomware tertinggi di antara semua industri. Serangan semacam Phishing yang dirancang untuk menyusup ke suatu organisasi dan mencuri informasi sensitif, seringkali melalui bisnis yang berbayar melalui email. Serangan yang melibatkan Ransomware yang mengancam untuk mencuri, memblokir atau mempublikasikan data korban ini sering kita dapati.

Tetapi risiko yang ditimbulkan oleh serangan cyber jauh melampaui kerugian finansial bagi dunia yang lebih tinggi. Memang, perguruan tinggi dan universitas menampung sejumlah besar data sensitif, dari angka jaminan sosial siswa hingga kekayaan intelektual yang berharga, apabila dicuri atau dikompromikan dapat menyebabkan kerusakan signifikan jauh di luar tembok akademi. Mungkin bahkan lebih penting daripada potensi kerugian finansial yang disebutkan di atas, serangan siber merupakan ancaman besar bagi reputasi universitas dan keselamatan mahasiswanya.

Meskipun ancaman terus berkembang, perguruan tinggi dan universitas UNTAN Membangun Ekosistem Digital sudah berinvestasi dalam talenta dan infrastruktur yang dibutuhkan untuk memenuhi tantangan keamanan cyber di masa mendatang.

Sementara hampir setiap industri besar menghadapi tantangan keamanan dunia maya yang signifikan, pendidikan tinggi sangat rentan karena sejumlah alasan utama. Seseorang harus berurusan dengan budaya unik akademisi yang membanggakan diri pada tingkat keterbukaan dan transparansi yang tidak dimiliki sebagian besar industri.

Universitas selalu menjadi target utama untuk serangan cyber sebagian besar karena universitas adalah salah satu tempat pertama yang memiliki akses internet dan akses internet Anda membuat orang-orang berusaha melihat sejauh mana itu bisa berjalan. Karena telah memiliki akses internet untuk waktu yang relatif lama, perguruan tinggi dan universitas telah lama menjadi target yang terlihat dan kelemahan mereka karena itu sangat terkenal dan dipahami oleh para penyerang cyber.

Karena perguruan tinggi dan universitas sangat awal dalam mengadopsi alat dan antarmuka digital sebagai akibat masalah keuangan dan praktis lainnya, banyak lembaga pendidikan tinggi masih mengandalkan sistem warisan yang sangat rentan terhadap serangan. Banyak perguruan tinggi menggunakan barang-barang yang ditulis bertahun-tahun yang lalu. Sederhananya, cyberattackers menggunakan teknologi dan metode canggih untuk mengeksploitasi sistem universitas yang dalam beberapa kasus sangat ketinggalan jaman dan tidak cocok.

Meskipun bukan masalah khusus untuk pendidikan tinggi, kekurangan bakat cybersecurity merupakan hambatan signifikan yang harus diatasi oleh perguruan tinggi dan universitas untuk mengatasi masalah yang disebutkan di atas. Sebuah studi baru-baru ini memproyeksikan bahwa akan ada 1,8 juta pekerjaan cybersecurity yang tidak terisi pada tahun 2020, dan kekurangan bakat ini ada dalam skala global, dengan hampir 70 persen profesional di seluruh dunia mengatakan terlalu sedikit pekerja cybersecurity pada staf .

Dengan permintaan akan talenta keamanan siber jauh melebihi pasokan, perusahaan sering membayar mahal untuk keahlian keamanan cyber. Ini kemungkinan menempatkan perguruan tinggi dan universitas pada kerugian yang serius ketika mencoba untuk memikat bakat seperti itu dari pekerjaan sektor swasta bergaji tinggi di Facebook dan sejenisnya.

Dengan pemahaman tentang alasan yang mendasari kerentanan cybersecurity pendidikan tinggi tersebut, kini “UNTAN Membangun Ekosistem Digital Menuju Cyber University” yang sejak tahun kemarin sudah di kenalkannya dengan sistem bernama E-Learning. Dengan adanya sistem E-Learning tersebut, maka para mahasiswanya bisa mendapatkan kemudahan untuk segala pembelajarannya melalui media teknologi informasinya. Tentunya disaat mengikuti E-Learning ini, Anda harus melakukan terlebih dahulu pendaftaran atau pengisian yang sudah disediakan oleh pihak universitas UNTAN.

Program Studi UNTAN Sebagai Cyber University

Di masa lalu solusi dan tindakan sederhana dikembangkan untuk mulai mengatasi masalah kemiskinan. Dengan demikian sebagian besar orang masih percaya bahwa kesejahteraan sosial semata-mata membantu mereka yang membutuhkan. Namun, kesejahteraan sosial di abad ke-21 telah meluas untuk mencakup kelangsungan hidup, kemerdekaan, dan koeksistensi manusia bersama yang memungkinkan semua anggota masyarakat menjalani kehidupan mereka dengan bahagia.

Kita benar-benar percaya bahwa mewujudkan ketiga tujuan ini akan membuat dunia menjadi tempat yang lebih bahagia untuk hidup. Untuk mencapai kelangsungan hidup manusia, kemandirian dan koeksistensi, Departemen Kesejahteraan Sosial di UNTAN Cyber ​​University berupaya mengembangkan pekerja sosial yang terampil yang mampu memberikan layanan sosial profesional. Untuk tujuan ini, UNTAN menyediakan pendidikan karakter, mengajarkan berbagai teori kesejahteraan sosial dan memberikan pelatihan keterampilan praktis.

Jadi, Universitas UNTAN sudah mempersiapkan siswa untuk tidak hanya berlatih, tetapi menjadi pemimpin di bidang kelangsungan hidup manusia, kemandirian, dan koeksistensi bersama dengan menyediakan berbagai macam Program Studi Cyber University UNTAN, antara lain:

  1. Pemograman.
  2. Komputasi.
  3. Multimedia.
  4. SIG (Sistem Informasi Geografis).
  5. Jaringan Komputer.

#1. Pemrograman

Kita semua telah mendengar tentang Pemrograman Komputer mendapatkan banyak popularitas dalam 3 dekade terakhir. Begitu banyak siswa hari ini ingin memilih aliran Ilmu Komputer untuk mendapatkan pekerjaan di perusahaan teknologi impian mereka, seperti di Google, Facebook, Microsoft, Apple, dan yang lainnya. Pemrograman adalah “Memberikan instruksi kepada komputer untuk menyelesaikan tugas”. Secara umum, pemrograman adalah “Mengajar komputer dengan memberikan instruksi padanya”. Saat ini belajar pemrograman sangat penting bagi semua orang, dan tentunya di universitas UNTAN sudah disediakan program studinya.

#2. Komputasi

Komputasi adalah proses menggunakan teknologi komputer untuk menyelesaikan tugas yang berorientasi pada tujuan. Komputasi dapat mencakup desain dan pengembangan perangkat lunak dan sistem perangkat keras untuk berbagai tujuan, sering menyusun, memproses dan mengelola segala jenis informasi untuk membantu dalam mengejar studi ilmiah, membuat sistem cerdas, dan menciptakan juga menggunakan media yang berbeda untuk hiburan dan komunikasi. Contoh komputasi yang digunakan dalam kehidupan sehari-hari: mengirim email, menggesek kartu kredit atau debit, dan lain-lain sebagainya. Universitas UNTAN sudah menyediakan program studi Komputasinya.

#3. Multimedia

Multimedia adalah bidang yang berkaitan dengan integrasi teks, grafik, gambar, gambar diam dan bergerak yang dikendalikan komputer (animasi), audio dan media lainnya di mana setiap jenis informasi dapat diwakili, disimpan, dikirim, dan diproses secara digital. Aplikasi Multimedia adalah Aplikasi yang menggunakan kumpulan beberapa sumber media, misalnya: teks, grafik, gambar, suara atau audio, animasi atau video. Untuk mempelajari semua itu, sudah lengkap ada di universitas UNTAN ini.

#4. SIG (Sistem Informasi Geografis)

Sistem Informasi Geografis (SIG) menyimpan, menganalisis, dan memvisualisasikan data untuk posisi geografis di permukaan bumi. SIG adalah alat berbasis komputer yang meneliti hubungan spasial, pola dan tren. Dengan menghubungkan geografi dengan data, SIG lebih memahami data menggunakan konteks geografis. Empat ide utama Sistem Informasi Geografis (SIG) adalah: Buat data geografis, Kelola dalam basis data, Analisis dan temukan pola, serta Visualisasikan di peta. UNTAN sudah menyediakan program studi untuk mempelajari semua masalah SIG ini.

#5. Jaringan Komputer

Jaringan komputer adalah seperangkat komputer yang terhubung bersama untuk tujuan berbagi sumber daya. Sumber daya bersama yang paling umum saat ini adalah koneksi ke Internet. Sumber daya bersama lainnya dapat mencakup printer atau server file. Internet itu sendiri dapat dianggap sebagai jaringan komputer. Jaringan adalah koneksi multiguna yang memungkinkan satu komputer melakukan lebih banyak.  Jaringan komputer dapat dipecah secara historis menjadi topologi yang merupakan teknik menghubungkan komputer. Pokoknya semua yang berhubungan dengan ilmu Jaringan komputer ini, universitas UNTAN sudah menyediakannya.

Masih ada banyak lagi program-program studi yang bisa Anda pelajari di universitas UNTAN ini. Yang jelas sekali, kedepannya UNTAN akan selalu terus berkembang dan menjawab setiap tantangan dibidang studi digitalnya hingga menuju Cyber University kelas Internasional.

UNTAN: Memenuhi Tantangan Masa Depan Cyber University 2020

Pada tahun 2020 tingkat keamanan cyber ​​lebih populer dari sebelumnya. Hidup di era digital berarti peretas di dunia maya memiliki peluang tanpa akhir untuk mengeksploitasi individu, institusi pemerintah dan bahkan perusahaan besar. Untuk mempertahankan diri dari serangan dunia maya dan pelanggaran keamanan, organisasi papan atas bersedia membayar banyak untuk analis dunia maya yang dapat melindungi data mereka dan menghilangkan kerentanan.

Program studi Keamanan Cyber ​​mengajarkan Anda bagaimana melindungi sistem operasi komputer, jaringan dan data dari serangan dunia maya. Anda akan belajar cara memonitor sistem dan mengurangi ancaman ketika itu terjadi. Karena keamanan TI masih merupakan disiplin yang relatif muda, universitas dan perguruan tinggi masih mencari tahu mana yang merupakan pendekatan terbaik untuk gelar mereka. Program studi dan kurikulum dalam Keamanan Cyber ​​berbeda.

Pelajaran yang lebih maju terutama yang ada di tingkat pascasarjana dapat membantu Anda berspesialisasi dalam topik kompleks seperti Akuntansi Forensik, Komputasi, Kriptografi, dan lain-lain. Beberapa mungkin lebih fokus pada pemrograman, sementara yang lain lebih menekankan pada forensik digital, kebijakan keamanan, atau aspek luas dari keamanan cyber.

Saat ini, orang-orang yang baru mengenal keamanan cyber memiliki lebih banyak pilihan kelas interaktif dengan tutor yang sangat terampil, magang di perusahaan keamanan cyber yang mapan, konferensi lokal dan pembicaraan keamanan cyber. Keamanan cyber harus ada di setiap produk dan sistem, untuk mencapai ini akan dibutuhkan tempat menimba ilmunya.

Apa perguruan tinggi Cyber University ​​terbaik di tahun 2020? Universitas dan perguruan tinggi masih menyempurnakan kurikulum keamanan Cyber ​​mereka dan itulah sebabnya program studi menjadi lebih baik setiap tahun. Bisakah saya mempelajari gelar keamanan cyber ​​secara online? mempelajari gelar keamanan cyber ​​online adalah pilihan yang bagus untuk calon siswa, ini memungkinkan Anda belajar dengan kecepatan Anda sendiri dari mana saja di dunia. Banyak universitas, perguruan tinggi dan platform online menawarkan kursus singkat keamanan cyber. Mereka biasanya bertahan antara 1-3 bulan dan memungkinkan Anda untuk merasakan pembelajaran online.

“ E-Learning Universitas Tanjungpura (UNTAN) merupakan portal pembelajaran secara daring untuk civitas akademika UNTAN yang digunakan sebagai komplemen(pelengkap) dari sistem pembelajaran konvensional di kelas. Diharapkan dengan adanya portal pembelajaran daring, proses belajar mengajar dapat menjadi lebih efektif dan efisien serta mengakselerasi terbentuknya ekosistem digital untuk menuju UNTAN Cyber University” [Rektor Universitas Tanjungpura]

Yang jelas admin sangat menyarankan Anda semuanya supaya belajar di universitas UNTAN, dimana Anda akan mendapatkan berbagai macam ilmu yang akan mengajarkan Anda supaya bisa memenuhi segala tantangan yang akan berkembang hingga masa depan nanti dalam dunia cybernya. Lalu bagaimana cara kita mendaftarkan diri sebagai mahasiswa/siswi di Universitas UNTAN ini?

Cara Menjadi Mahasiswa Universitas UNTAN

Dengan memiliki Visi untuk menjadi institusi preservasi dan pusat informasi ilmiah di Kalimantan Barat, serta menghasilkan luaran yang bermoral Pancasila dan mampu berkompetisi di tingkat dunia, baik ditingkat daerah, nasional, regional maupun internasional. Juga sudah memiliki Misi menyelenggarakan pendidikan tinggi untuk menghasilkan luaran yang berkualitas dan bermoral Pancasila, serta mampu mengikuti, mengembangkan dan memajukan ilmu pengetahuan dan teknologi; dan menyelenggarakan penelitian dan pengabdian kepada masyarakat untuk menjadi sebuah institusi preservasi dan pusat informasi Kalimantan Barat.

UNTAN memiliki 9 (sembilan) Fakultasnya dengan beberapa program studi seperti:

123456789

1. Fakultas Ekonomi dan Bisnis

  1. Program Studi Ekonomi Pembangunan (S1)
  2. Program Studi Manajemen (S1)
  3. Program Studi Akuntansi (S1)
  4. Program Studi Ekonomi Islam (S1)
  5. Program Studi Manajemen (S2)
  6. Program Studi Ilmu Ekonomi (S2)
  7. Program Studi Akuntansi (S2)
  8. Program Studi Ilmu Ekonomi (S3)
  9. Program Studi Ilmu Manajemen (S3)

2. Fakultas Pertanian

  1. Program Studi Budidaya Tanaman Pertanian (D3)
  2. Program Studi Agroteknologi (S1)
  3. Program Studi Agribisnis (S1)
  4. Program Studi Ilmu Tanah (S1)
  5. Program Studi Ilmu dan Teknologi Pangan (S1)
  6. Program Studi Peternakan (S1)
  7. Program Studi Manajemen Sumber Daya Perairan (S1)
  8. Program Studi Agroteknologi (S2)
  9. Program Studi Agribisnis (S2)

3. Fakultas Teknik

  1. Program Studi Elektro (S1)
  2. Program Studi Informatika (S1)
  3. Program Studi Sipil (S1)
  4. Program Studi Arsitektur (S1)
  5. Program Studi Teknik Lingkungan (S1)
  6. Program Studi Teknik Industri (S1)
  7. Program Studi Teknik Pertambangan (S1)
  8. Program Studi Teknik Kelautan (S1)
  9. Program Studi Teknik Mesin (S1)
  10. Program Studi Perencanaan Wilayah Kota (S1)
  11. Program Studi Teknik Kimia (S1)
  12. Program Studi Sipil (S2)
  13. Program Studi Elektro (S2)

4. Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik

  1. Program Studi Administrasi Perkantoran (D3)
  2. Program Studi Kesekretariatan (D3)
  3. Program Studi Kearsipan (D3)
  4. Program Studi Ilmu Administrasi Negara (S1)
  5. Program Studi Ilmu Sosiatri (S1)
  6. Program Studi Ilmu Pemerintahan (S1)
  7. Program Studi Ilmu Politik (S1)
  8. Program Studi Sosiologi (S1)
  9. Program Studi Ilmu Hubungan Internasional (S1)
  10. Program Studi Ilmu Komunikasi (S1)
  11. Program Studi Antropologi Sosial (S1)
  12. Program Studi Ilmu Administrasi Negara (S2)
  13. Program Studi Ilmu Sosiologi (S2)
  14. Program Studi Ilmu Politik (S2)

5. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan

  1. Program Studi Perpustakaan (D3)
  2. Program Studi Pendidikan Ekonomi (S1)
  3. Program Studi Pendidikan Kimia (S1)
  4. Program Studi Pendidikan Fisika (S1)
  5. Program Studi Pendidikan Matematika (S1)
  6. Program Studi Pendidikan Biologi (S1)
  7. Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia (S1)
  8. Program Studi Pendidikan Bahasa Inggris (S1)
  9. Program Studi Bimbingan Konseling (S1)
  10. Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
  11. Program Studi Pendidikan Jasmani dan Kesehatan (S1)
  12. Program Studi Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini (S1)
  13. Program Studi Pendidikan Sosiologi (S1)
  14. Program Studi Pendidikan Seni Tari dan Musik (S1)
  15. Program Studi Pendidikan Bahasa Mandarin (S1)
  16. Program Studi Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan (S1)
  17. Program Studi Pendidikan Sejarah (S1)
  18. Program Studi Pendidikan Geografi (S1)
  19. Program Studi Pendidikan Kepelatihan Olahraga (S1)
  20. Program Studi Pendidikan IPS (S1)
  21. Program Studi Administrasi Pendidikan (S2)
  22. Program Studi Pendidikan Sosiologi (S2)
  23. Program Studi Teknologi Pembelajaran (S2)
  24. Program Studi Pendidikan Bahasa Indonesia (S2)
  25. Program Studi Pendidikan Matematika (S2)
  26. Program Studi Pendidikan Ekonomi (S2)
  27. Program Studi Pendidikan Bahasa Inggris (S2)
  28. Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S2)

6. Fakultas Kehutanan

  1. Program Studi Kehutanan (S1)
  2. Program Studi Ilmu Kehutanan (S2)
  3. Program Studi Ilmu Lingkungan (S2)

7. Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan

  1. Program Studi Sistem Komputer (S1)
  2. Program Studi Sistem Informasi (S1)
  3. Program Studi Matematika (S1)
  4. Program Studi Fisika (S1)
  5. Program Studi Biologi (S1)
  6. Program Studi Kimia (S1)
  7. Program Studi Geofisika (S1)
  8. Program Studi Ilmu Kelautan (S1)
  9. Program Studi Statistik (S1)
  10. Program Studi Kimia (S2)

8. Fakultas Kedokteran

  1. Program Studi Pendidikan Dokter (S1)
  2. Program Studi Farmasi (S1)
  3. Program Studi Farmasi (Profesi)
  4. Program Studi Keperawatan (S1)
  5. Program Studi Keperawatan (Profesi)

9. Fakultas Hukum

  1. Program Studi Ilmu Hukum (S1)
  2. Program Studi Hukum (S2)

Pascasarjana

  1. Program Studi Magister Kenotariatan

Untuk alur pendaftaran SNMPTN ini, ada 4 (empat) alur, yaitu registrasi LTMPT, Pengisian dan Verifikasi PDSS, Pemeringkatan, dan Pendaftaran SNMPTN oleh siswa.

Jika Anda mau melakukan pendaftaran di PTN melalui jalur SNMPTN. Ada tahapan didalam mengikuti SNMPT ini, seperti:

  1. Registrasi Akun LTMPT
  2. Pengisian dan Verifikasi PDSS
  3. Pemeringkatan
  4. Pendaftaran SNMPTN oleh siswa
  5. Pengumuman

Ingat!

Siswa pendaftar harus membaca dan memahami seluruh ketentuan yang berlaku pada universitas UNTAN.

Pendaftaran Online Mahasiswa Baru UNTAN 2020/2021

Jadwal Pendaftaran SNMPTN UNTAN 2020/2021

  • Peluncuran Sistem PMB tanggal 15 November 2020
  • Registrasi Akun LTMPT 02 Desember s.d 07 Januari 2020
  • Pengisian PDSS tanggal 13 Januari sampai 06 Februari 2020 (baca tata cara pendaftaran PDSS)
  • Pemeringkatan Siswa oleh Pihak Sekolah tanggal 13 Januari s.d 06 Februari 2020
  • Pengumuman Siswa Eligible pendaftar SNMPTN tanggal 13 Januari s.d 06 Februari 2020
  • Pendaftaran SNMPTN tanggal 11 Februari s.d 25 Februari 2020 (baca tata cara pendaftaran SNMPTN TA 2020/2021)
  • Pengumuman SNMPTN tanggal 04 April 2020

Jadwal Pendaftaran SBMPTN

  • Pendaftaran tanggal 02 s.d 13 Juni 2020
  • Pengumuman tanggal 30 Juni 2020 (pukul 15.00 WIB)

Jadwal UTBK

  • Registrasi Akun LTMPT tanggal 07 Februari s.d 05 April 2020
  • Pendaftaran UTBK tanggal 30 Maret s.d 11 April 2020
  • Pelaksanaan UTBK tanggal 20 s.d 26 April 2020
  • Pengumuman UTBK tanggal 12 Mei 2020

Pendaftaran Program Bidikmisi UNTAN

  • Berasal dari keluarga kurang mampu
  • Pahami prosedur pendaftaran
  • Mendaftar di http://kip-kuliah.kemdikbud.go.id/
  • Bagi yang memenuhi persyaratan untuk mendaftar UTBK di laman https://portal.ltmpt.ac.id (gratis)
  • Bagi yang dinyatakan tidak lulus jalur SNMPTN dapat menggunakan NISN dan NPSN untuk mendaftar UTBK (gratis)
  • Bagi yang lulus seleksi SNMPTN tidak diperkenankan mendaftar jalur SBMPTN

Pendaftaran Jalur Mandiri UNTAN

  • Pendaftaran 20 Mei s.d 20 Juni 2019
  • Ujian seleksi 16 Juli 2019
  • Pengumuman 30 Juli 2019

Pendaftaran Program Pascasarjana UNTAN

Selain ada jenjang Diploma dan Sarjana, di Universitas Tanjungpura ini juga menerima mahasiswa baru untuk jenjang Pascasarjana. Dimana untuk pendaftaran program pascasarjana ini bisa dilakukan secara online juga, informasi pendaftaran lebih jelasnya pada jalur pascasarjana UNTAN ini silahkan Anda login di website resminya www.untan.ac.id.

Bagi siswa pendaftar ini tidak dipungut biaya apa pun. Karena untuk biaya pada penyelenggaraan SNMPTN ini, sepenuhnya sudah ditanggung oleh Pemerintah. Jadi, segera saja Anda mendaftarkan diri untuk menjadi mahasiswa/siswi di universitas UNTAN ini.

Nah, sekarang jika ingin mengetahui mengenai profil dari universitas UNTAN ini, Anda bisa melihatya di video dibawah ini:

Mari yang mau menjadi mahasiswa di universitas UNTAN ini, segera saja daftarkan diri Anda ke:

Jl. Prof.Dr.H.Hadari Nawawi / Jendral Ahmad Yani, Pontianak – Kalimantan Barat (78124).
Telepon : (0561) 739630
Email : untan_59@untan.ac.id
Fax : (0561) 739637

Baiklah sobat caramembuatwebsitepemula.com semuanya, admin rasa cukup sampai disini saja dulu sedikit ulasan yang bisa admin bagikan, dan mohon jangan lupa juga untuk membaca postingan sebelumnya terkait:

DISCLAIMER: tulisan ini sengaja dibuat untuk diikut sertakan pada Lomba Blog Untan 2020, dimana lomba blog ini merupakan salah satu dari sekian banyaknya Daftar Lomba Blog Terbaru 2020 . Terima kasih sudah membaca ulasan yang sangat sederhana dari atas sampai bawah sini. Demikianlah mengenai UNTAN Membangun Ekosistem Digital Menuju Cyber University.

Nilai Kualitas Konten