Pelatihan Barista dan Usaha Warung Kopi

Pelatihan Barista dan Usaha Warung Kopi – seperti yang sudah kita ketahui bersama bahwa di seluruh dunia penggemar kopi ini sangat banyak sekali. Termasuk di Indonesia itu sendiri, penggemar minuman kopi ini sangat banyak sekali penikmatnya. Bahkan di kota-kota besar dengan mudah bisa kita lihat begitu banyak sekali tempat atau kedai kopi yang memberikan layanannnya, mereka menjajakan kopi atau menghidangkan kopi andalannya masing-masing.

Pelatihan Barista dan Usaha Warung Kopi

Untuk manfaat kopi itu sendiri sudah tidak diragukan lagi, dari beragai macam manfaat kopi itu antara lain dapat menambah energi dan juga bisa mengusir rasa kantuk. Bahkan yang lebih keren lagi, jika kopi ini sangat bermanfaat sekali bagi para dokter atau para petugas dunia medis yang sedang berada di garis terdepan dalam menangani wabah covid19 yang masih terasa sampai sekarang ini. Dimana kopi yang disajikan oleh para barista bencoolencoffee ini memberikan program Kopi Jujur, Kopi Asli Tanpa Campuran Essen yang diberikan khusus ke rumah-rumah sakit yang sedang gencar-gencarnya menangani wabah virus corona, dan kopi ini khusus disajikan untuk para dokter dan tenaga medis lainnya. Terima kasih banyak para barista bencoolencoffee semuanya, karena sudah memberikan program aksi 1 juta cup kopi jujur gratisnya, kalian memang is the best lah… muantab!!!

Berbicara mengenai Barista, pernah ngga sih kamu-kamu itu terpikir untuk mendalami ilmunya?

Yuk, mari kita simak saja bersama-sama mengenai Barista ini.

Apa Itu Barista?

Barista adalah seorang yang memiliki tugas didalam membuat sebuah minuman kopi disebuah kedai kopi. Namun, begitu, barista ini tidak hanya memiliki tugas sebagai pembuat kopi saja, melainkan barista ini adalah seorang seniman. Ya, seni dalam menyajikan sebuah minuman kopi yang nikmat, enak, dan rasa yang sangat luar biasa dari kopi yang disajikannya tersebut.

Memang tidaklah mudah menjadi seorang barista itu, karena menurut saya sendiri seorang barista itu merupakan seseorang yang sudah terlatih dan profesional didalam menyajikan minuman kopi berbasis espresso serta memiliki ilmu tingkat tinggi didalam meracik kopi-kopi yang akan dicampurnya dengan berbagai campuran hingga menjadi sebuah minuman kopi cappucino atau kopi latte yang nikmat luar biasa.

Sementara itu kata barista ini berasal dari bahasa italia yang memiliki arti bartender. Dimana seorang bartender ini bertugas menyajikan segala macam minuman dan bukan hanya minuman kopi saja. Didalam perjalanannya itu sendiri, barista ini mengalami perkembangan yang sangat signifikan hingga tren kopi ini masuk ke eropa dan juga amerika. Kemudian di negara italia itu sendiri, bagi seorang laki-laki disebut baristi dan untuk perempuannya disebut bariste.

Lalu, bagaimana perkembangan barista pada jaman sekarang ini?

Tentu saja perkembangannya sangat pesat dan populer sekali hingga dibanyak negara, dimana para peracik kopi bernama barista ini bisa naik kepopulerannya dengan ditandai bahwa mereka bisa memperoleh pendapatan yang sangat fantastis sekali disetiap jam kerjanya. Salah satunya seperti di negara australia yang memiliki kultur minum kopi, seorang barista ini bisa menghasilkan kurang lebih $35 per jam nya. Untuk informasi lebih jelas mengenai penghasilan para barista ini, kamu-kamu bisa mencarinya di google.

Terus bagaimana dengan keadaan barista di Indonesia itu sendiri?

Jawabannya tentu saja, profesi seorang barista di negara Indonesia yang kita cintai ini semakin menjanjikan saja.

Profesi Barista Makin Naik Kelas Berkat Adanya Events Coffee Indonesia 2020

Seperti yang sudah coba saya jelaskan diatas bahwa dari hari kehari pergerakan di dunia perkopian semakin meningkat saja. Itu artinya, akan semakin dibutuhkan sekali para ahli barista didalam mengimbangi pertumbuhan kedai kopi yang sudah menjamur di kota-kota besar khususnya yang ada di Indonesia.

Dari yang saya ketahui sendiri, seorang barista ini merupakan sebuah pekerjaan yang memiliki keahlian atau sebuah profesi yang sangat menjanjikan sekali. Anda juga bisa melihatnya sendiri sejak tahun 2009 hingga sekarang, disetiap tahunnya suka diadakan kompetisi nasional bagi para barista ini. Dengan demikian pamor para barista ini bisa meningkat dan tidak bisa dianggap remeh lagi, hingga pada akhirnya sekarang sudah ada perserikatan barista.

Dengan demikian pula, semakin semaraknya dunia perkopian maka akan melahirkan juga berbagai macam kompetisi barista di kelas internasional atau kelas dunia. Perlu kalian ketahui juga bahwa, awal mula diadakannya kejuaraan resmi tentang barista ini adalah di Norwegia. Kemudian setelah itu, berdirilah WBC atau singkatan dari World Barista Championship sebagai ajang bergengsi kejuaraan para barista ini yang secara rutin digelar diberbagai negara yang ada di dunia ini. Termasuk di Indonesia itu sendiri sering diadakan kompetisi barista ini.

Nama untuk kompetisi barista di Indonesia itu sendiri bernama lCE atau singkatan dari Indonesia Coffee Event. Sementara itu nama penyelenggaranya bernama SCAI atau singkatan dari Specialty Coffee Association of Indonesia. Acara yang diadakannya tersebut memiliki acara yang edukatif serta interaktif dengan acara utama Indonesia Brewers Cup Championship dan Indonesia Barista Championship. Nah, jika sudah mengikuti kompetisinya, maka nanti yang menang akan dikirim untuk mengikuti lomba di WBC.

Wah, keren kan barista ini bisa berlomba di ajang internasional! tentunya dong sangat keren sekali. Karena sejatinya seorang barista ini adalah seorang yang memiliki dedikasi tinggi dan selalu akan bersikap profesional didalam profesi mengolah dan menyajikan kopi yang nikmat dan enak rasanya, baik dalam bentuk kopi espresso lengkap dengan variasi beserta takaran campuran kopi yang dibutuhkan hingga tersaji kopi yang di inginkan oleh para penikmatnya.

Apabila para barista ini sudah memiliki sertifikat dan prestasinya, maka profesi baristanya tersebut akan memiliki nilai tinggi dan semakin prospektif. Apalagi dijaman sekarang jamannya milenial dan kekinian, profesi barista ini semakin nge tren saja.

Lalu bagaimana dengan kita yang berminat untuk menjadi seorang barista, apakah ada tempat untuk mengikuti semacam pelatihan-pelatihan gitu?

Tentu saja ada sebuah tempat Pelatihan Barista yang bisa kalian ikuti, dimanakah tempat pelatihan tersebut? ya bener banget, jawabannya tentu saja hanya ada di the BENCOOLEN Cofee.

Pelatihan Barista Bencoolen Cofee

Pelatihan Barista Bencoolen Cofee

Tempat Pelatihan Barista di the BENCOOLEN coffee

Bagi anda yang belum mengetahui keberadaan BENCOOLEN cofee, maka anda sudah tepat datang kemari untuk mengetahuinya.

Apa itu BENCOOLEN cofee?

BENCOOLEN cofee adalah sebuah branding kopi bengkulu yang sukses meraih penghargaan di ajang Kopi Internasional AVPA (Agency for the Valorization of the Agricultural Products) – Prancis. Dimana branding BENCOOLEN cofee ini berhasil diangkat ke kancah internasional berkat kerjasama semua pihak, terutama sekali oleh seorang gubernur bengkulu Bpk. H. Rohidin Mersyah, M.M.A. (Gubernur Bengkulu periode 2018-2021).

Selama tiga tahun terakhir ini, kurang lebih ada sekitar 135 brand kopi premium bengkulu sudah tumbuh berkembang. Berkat pak Rohidin inilah brand Bencoolen Coffee berhasil menyentuh pasar eropa. Kini dengan seiring berjalannya waktu, para warga perancis sudah mulai melirik keberadaan kopi indonesia yang sudah memiliki kualitas yang terbaik.

Nah, selain itu juga, kini Bencoolen Coffee mengadakan “Pelatihan Barista dan Usaha Warung Kopi” untuk anda semuanya.

Pelatihan Barista Apa Saja Yang Ada di BENCOOLEN cofee?

BENCOOLEN cofee memberikan 3 pilihan program untuk kita semuanya, diantaranya:

  1. MENJADI BARISTA PEMULA.
  2. USAHA KEDAI KOPI SUSU KEKINIAN DENGAN MODAL MINIM.
  3. OUTLET WARUNG KOPI.

Dari masing-masing ke-3 program yang berbeda tersebut memiliki perbedaan pula dalam menjalani program-programnya.

#1. MENJADI BARISTA PEMULA

  • Memahami jenis kopi.
  • Memahami karakteristik kopi.
  • Teknik dasar pembuatan Kopi.
  • Mengupas Profesi BARISTA.
  • Pemahaman Tugas BARISTA.

#2. USAHA KEDAI KOPI SUSU KEKINIAN DENGAN MODAL MINIM.

  • Pemahaman berwirausaha.
  • Implementasi Kewirausahaan Kopi.
  • skema wirausaha kedai kopi susu kekinian.
  • Tips pemilihan Lokasi Berjualan.
  • Penerapan Wirausaha Kopi Mandiri.

#3. OUTLET WARUNG KOPI

  • Persiapan membuka outlet.
  • Peralatan yang dipersiapan.
  • Perhitungan modal kerja.
  • Racikan Kopi Rasa Cafe dengan harga warkop.
  • Penerapan outlet warung kopi.

Dengan bimbingan yang sudah tersedia tersebut, maka anda akan lebih cepat berhasil dalam mencapai ilmu baristanya. Terlebih-lebih lagi jika ingin berhasil memiliki usaha barista yang anda inginkan.

Jadi, mulai dari sekarang… bagi anda semuanya yang ingin terjun kedalam bisnis barista ini, segera saja mendaftarkan diri ke the BENCOOLEN cofee ini.

Manfaat

Ada banyak manfaat yang akan anda peroleh disaat mengikuti pelatihan-pelatihan yang sudah diadakan oleh the BENCOOLEN cofee tersebut, salah satunya tentu saja Anda akan mendapakan Usaha Warung Kopi yang anda idam-idamkan.

Yang jelas sekali, usaha warung kopi ini bisa mendatangkan penghasilan bagi anda sendiri atau bagi orang-orang yang mau berusaha menjadi seorang barista.

Manfaat Pelatihan Barista dan Usaha Warung Kopi

Ada begitu banyak Manfaat Pelatihan Barista dan Usaha Warung Kopi yang akan anda peroleh, antara lain:

  • Pengetahuan Kopi

Disini Anda akan memperoleh sebuah pelatihan didalam mengetahui berbagai macam karakteristik dan juga pengetahuan jenis KOPI JUJUR. Anda akan mengetahui jenis kopi, Menerapkan teknik pembuatan minuman yang berbahan dasar kopi serta akan mendapatkan penjelasan tugas profesi seorang barista.

  • Memahami kebutuhan menjadi seorang Barista

Setelah anda memahami pengetahuan kopi, maka langkah selanjutnya anda juga akan diberikan sebuah pelatihan tentang pemahaman dan juga penggunaan pada peralatan kopi yang akan anda gunakan sebagai seorang Barista.

  • Seorang Barista Handal

Ditahap ini Anda akan diberikan beragam macam tips dan juga trik didalam meracikan minuman kopi standar barista. Kemudian, Anda akan memperoleh juga tentang pemahaman serta apresiasi yang nantinya akan memiliki wawasan yang lebih baik lagi tentang rasa dan aroma kopi yang akan diuat dan disajikan kepada penikmat kopinya.

  • Wirausaha Warung Kopi

Nah, inilah yang perlu kita miliki, yaitu sebuah Usaha Kedai Kopi Susu Kekinian dengan Modal Minim. Dimana nantinya Anda akan dapat membuka sebuah usaha kopi didaerah tempat tinggal anda sendiri dengan biaya yang sangat terjangkau, akan tetapi memberikan penyajian dan cita rasa kopi jujur yang terbaik.

Gimana, keren kan buat memiliki usaha sendiri dan nantinya menjadi seorang barista yang handal?

Mari mulai saat ini segera saja mendaftarkan diri ke “the BENCOOLEN cofee” untuk mendapatkan beragam macam pelatihan dan manfaat serta memiliki usaha barista ini.

Lalu, gimana cara bergabung bersama “the BENCOOLEN cofee” ini?

Caranya tentu saja sangat mudah sekali, ikuti saja petunjuk dibawah ini:

Cara Mengikuti Pelatihan Barista dan Usaha Warung Kopi
  1. Silahkan anda pergi ke situs resminya di http://prakerja.bencoolencoffee.com/
  2. Lalu, pilih menu “PAKET PELATIHAN BARISTA”.
  3. Klik “Daftar”.
  4. Isilah “Form Registrasi Pelatihan Barista”.
  5. Klik “Submit Form”.
  6. Buka Email Anda.
  7. Lihat Keterangan Emailnya.
  8. Konfirmasi Pendaftaran Anda.
  9. Selesai.

Nah, semudah itulah sobat caramembuatwebsitepemula.com untuk daftar mengikuti pelatihannya, selanjutnya nanti anda akan dibimbing sampai berhasil memiliki sebuah usaha warung kopinya. Oiya jangan lupa buat mampir juga ke postingan terbaru mengenai: SEVA Pusat Mobil Murah Berkualitas Terbaik Terlengkap dan Terpercaya.

Jadi, jangan pernah sia-siakan program pelatihan usaha ini, segera saja manfaatkan dan gunakan keberadaan Pelatihan Barista dan Usaha Warung Kopi ini. Selamat Bergabung!