Embung Nglanggeran, Telaga dengan Seribu Pesona

Jogja, oh jogja. Pesonamu tidak pernah berhenti membuat wisatawan terkagum-kagum. Mulai dari wisata budaya, kuliner sampai wisata alam. Kali ini kami akan mengajak Anda ke salah satu objek wisata terkenal di Gunung Kidul, Embung Nglanggeran.

Embung Nglanggeran, Telaga dengan Seribu Pesona

Embung Nglanggeran, Telaga dengan Seribu Pesona

Embung Nglanggeran berasal dari dua kata: Embung (cekungan) dan Nglanggeran (melanggar). Tempat ini adalah telaga buatan yang awalnya difungsikan untuk pengairan sawah sekitar. Namun akhirnya diresmikan sebagai wisata alam Jogja oleh Sri Sultan Hamengku Buwono X pada tahun 2013. Kartanesia tour telah merangkum tempat wisata ini dalam paket liburan ke jogja dengan harga terjangkau.

Dinamakan demikian karena menurut mitos, dahulu para warga di tempat ini pernah mengadakan syukuran dengan mengundang dalang. Namun entah mengapa orang-orang mencoba menghancurkan wayang milik dayang. Karena marah, sang dalang lalu merubah orang-orang ini menjadi wayang.

Uniknya, meskipun hanya berupa telaga buatan, namun pesona alam yang ditawarkan tempat ini sungguh luar biasa. Untuk mendapatkan mahkota pemandangannya, Anda bisa berkunjung sekitar jam 17.30 WIB saat matahari tenggelam. Karena di waktu ini, pemandangan tenggelamnya matahari akan membias di air telaga, membentuk refleksi yang keindahannya mungkin belum pernah Anda lihat sebelumnya.

Lokasi

Obyek wisata ini berada di Nglenggeran Wetan, Kelurahan Nglanggeran, Kabupaten Gunung Kidul, Jogja. Tempat ini dekat dengan Gunung Api Purba Nglanggeran. Saking dekatnya, Gunung Nglanggeran bisa ditempuh sekitar sepuluh menit dari Embung dengan motor.

Sejatinya Embung Nglanggeran bukan satu-satunya telaga buatan di sini. Masih ada Embung Batara Sriten atau yang biasa dikenal masyarakat dengan Embung Sriten di daerah gunung kidul.

Fasilitas Embung Nglanggeran

Wisata Embung Nglanggeran sudah dilengkapi dengan berbagai fasilitas umum untuk menunjang kenyamanan wisatawan. Berikut beberapa fasilitas yang tersedia disini.

  • Toilet
  • Area Parkir
  • Warung Makan
  • Spot Spot Foto
  • Gazebo
  • Penginapan

Mungkin Anda bertanya-tanya, mengapa sebuah telaga buatan bisa sangat terkenal. Jawabannya terletak di dalam perpaduan alam (yang memang sudah indah) dan kesungguhan warga serta pemerintah daerah yang mengelola tempat tersebut. Ini adalah semua yang bisa Anda dapatkan di Embung Nglanggeran:

1. Kemudahan akses. Bukan obyek wisata namanya, kalau tidak punya jalan masuk yang mudah. Telaga ini memiliki jalan masuk yang mudah dijangkau oleh wisatawan. Sepanjang jalan juga terdapat banyak warung makanan dan minuman sehingga Anda tidak perlu takut kelaparan.

2. Memasuki kawasan Embung, Anda akan disambut oleh puluhan anak tangga yang siap menguji ketahanan fisik. Tidak terlalu curam dan tetap bisa diakses dengan mudah. Cocok untuk Anda yang ingin sedikit olah raga sebelum bersantai di Embung.

3. Meskipun di tempat ini tidak boleh berenang, tapi Anda bisa foto SEPUASNYA. Warga membangun tempat ini dengan sangat baik yang memungkinkan Anda dapat mengambil sudut foto yang menawan.

4. Tenang. Embung Nglanggeran bukan obyek wisata yang besar, sehingga pengunjungnya tidak terlalu banyak. Ini berarti Anda yang menyukai wisata sunyi akan sangat menyukainya. Berdua dengan kekasih hati atau bersama keluarga tercinta dan mengobrol di pinggir air berlatar belakang hijaunya pemandangan pasti menjadi memori indah tak terlupakan.

5. Sunset yang menakjubkan. Karena pengunjung dilarang berenang, maka permukaan telaga akan selalu tenang. Bayangan matahari tenggelam yang jatuh ke permukaan air yang tenang ini akan membentuk refleksi yang luar biasa indah. Mirip gambar yang dibuat dengan Photoshop. Hanya saja yang ini nyata!

6. Akomodasi yang memadai. Untuk Anda yang tidak ingin hanya menghabiskan setengah hari di tempat ini, jangan khawatir. Layaknya paket lengkap liburan keluarga, Embung Nglanggeran menyediakan tempat parkir yang cukup, penginapan, toilet, warung makan, musholla, gazebo, dan banyak spot untuk foto.

7. Buka 24 jam. Karena Embung ini adalah tempat terbuka, maka Ia terbuka 24 jam setiap hari. Anda bisa ke tempat ini di malam hari untuk merasakan sensasi yang benar-benar berbeda dengan yang Anda rasakan di siang hari. Gemerlap lampu yang di tata apik berpadu dengan tiupan angin sepoi dan kerlipan bintang di langit. Luar biasa!

8. Sudah menikmati setiap jengkal Embung Nglanggeran? Anda bisa pergi ke gunung api purba yang hanya berjarak beberapa menit dari tempat ini. Tidak perlu takut untuk mendaki gunung ini. Karena selain terdapat tanda jalan supaya wisatawan tidak tersesat, pemandangan yang akan Anda dapatkan saat di puncak juga sangat menakjubkan.

Tertarik mengunjungi tempat ini? Anda bisa memasukkan Embung Nglanggeran dalam daftar wisata gunung kidul yang wajib Anda kunjungi.

Jam Buka dan Tiket Masuk

Obyek wisata ini bukan 24 jam setiap hari. Berikut adalah daftar biaya yang harus Anda keluarkan ketika memasuki Embung. Sekedar catatan, harga ini bisa berubah sewaktu-waktu.

  • Tiket masuk – Rp. 10.000
  • Parkir motor – Rp. 2.000
  • Parkir mobil – Rp. 5.000

Embung Nglanggeran adalah salah satu dari sekian banyak wisata Jogja yang bisa Anda nikmati sekarang juga. Sebuah telaga buatan yang dikelilingi hijaunya pemandangan gunung dan bukit menjadi daya tarik yang luar biasa. Jadi, kapan Anda akan mengunjungi tempat ini?

Nilai Kualitas Konten