10 Faktor Peringkat Google Teratas 2020

10 Faktor Peringkat Google Teratas 2020 – Pengoptimalan Penelusuran adalah bidang yang sangat dinamis yang terus berkembang semakin pesat setiap harinya. Karena itu, tidak pernah sepenting ini mengikuti perubahan dalam algoritme peringkat Google Penelusuran. Pada tahun 2016, pembaruan algoritme seperti “Penguin 4.0” dan “Possom” menghadirkan pengalaman penelusuran yang lebih cerdas, lebih bersih, dan lebih semantik. Ditahun 2020 sekarang ini berjalan lancar.

10 Faktor Peringkat Google Teratas Untuk SEO 2020

10 Faktor Peringkat Google Teratas 2020

10 Faktor Peringkat Google Teratas 2020

Berikut merupakan 10 faktor peringkat Google Penelusuran teratas untuk dipertimbangkan:

1. Konten Masih Raja

Kualitas Konten

Konten dengan peringkat tinggi mengacu pada konten mendalam yang mencakup spektrum luas dari subjeknya masing-masing. Konten harus memberikan nilai nyata bagi pengguna dan harus memasukkan konten visual yang menarik untuk melengkapi konten tertulis.

Ingat, Kualitas mengalahkan kuantitas setiap saat. Fokus pada nilai, bukan jumlah kata

Panjang Isi

Tidak ada aturan praktis yang jelas mengenai jumlah kata yang optimal untuk sebuah artikel, karena bervariasi untuk tiap subjek. Namun, kami memperhatikan bahwa konten yang relatif lebih lama dan lebih komprehensif biasanya mencapai peringkat yang lebih tinggi. Sebuah studi oleh Niel Patel mengungkapkan korelasi antara panjang konten dan posisi pencarian Google teratas.

Tip Pro

Gunakan penelusuran semantik Google untuk mengoptimalkan penargetan kata kunci di artikel Anda. Kueri semantik dapat ditemukan dengan menjelajahi hasil “penelusuran terkait” di bagian bawah halaman hasil penelusuran Google.

Misalnya, pencarian untuk “SEVA Pusat Mobil Murah” mengungkapkan pencarian terkait berikut. Jika Anda menulis artikel informasi tentang SEVA, Anda dapat menggunakan kueri semantik ini untuk mendapatkan pemahaman yang lebih baik tentang kata kunci terkait.

2. Kesegaran

Algoritma Kesegaran Google adalah pengubah permainan yang nyata. Algoritme ini awalnya diluncurkan pada Juni 2010 dan memiliki pengaruh yang kuat selama beberapa tahun terakhir. Jika Anda penerbit besar dengan banyak konten lama yang tidak mendapat peringkat, memperbarui artikel lama bisa sangat bermanfaat. Google tampaknya menjadi beberapa yang bias terhadap konten baru karena memprioritaskannya dan memastikan bahwa setidaknya beberapa fitur SERP adalah hasil terkini. Misalnya, Mari cari “SEVA Pusat Mobil Murah Berkualitas Terbaik Terlengkap dan Terpercaya“:

Hasil # 1 adalah yang terbaru. 3 dari 6 hasil teratas memiliki tanggal artikel dicantumkan oleh Google. Algoritme kesegaran tampaknya diperbarui jauh lebih cepat daripada pembaruan Google algoritme inti lainnya. Misalnya, lihat dampak pembaruan dan artikel lama yang dibuat untuk salah satu situs dengan kata kunci tersebut. Anda dapat melihat bahwa hanya perlu beberapa hari untuk melihat dampaknya di SERP.

3. Tautan balik (Backlink)

Tautan balik tetap menjadi salah satu sinyal peringkat terkuat di algoritme penelusuran Google. Semakin banyak tautan yang Anda miliki dari beberapa domain otoritas tinggi, semakin baik peluang Anda untuk mendapatkan peringkat yang baik untuk kata kunci teratas. Pemasar online harus memperhatikan profil backlink mereka, terutama mengingat pembaruan terkini seperti “Penguin 4.0”, yang membersihkan dan memfilter situs dengan profil backlink berkualitas rendah.

4. Seluler Pertama

Pada 4 November 2016, Google mengumumkan pengindeksan yang memprioritaskan seluler. Artinya, kompatibilitas situs web dengan seluler sekarang secara langsung memengaruhi peringkat penelusurannya. Di masa lalu, desainer web membuat versi desktop terlebih dahulu, kemudian seluler. Saat ini, dengan penggunaan seluler yang melampaui desktop, situs web harus memprioritaskan versi seluler untuk memberikan pengalaman pengguna yang lebih baik.

Pendekatan yang memprioritaskan seluler Google telah mengubah hasil penelusuran, terutama dalam hal hasil lokal – pengguna sekarang menerima hasil yang menargetkan lokasi mereka saat ini dengan lebih baik. Namun, kalau kita perhatikan bahwa ada indikasi yang berkembang tentang Geolocation yang secara aktif memengaruhi kueri penelusuran lokal di desktop juga.

5. Kecepatan Halaman

Dengan pendekatan pengindeksan yang memprioritaskan seluler dari Google, kecepatan halaman menjadi lebih penting dari sebelumnya. Situs web dengan kecepatan halaman yang lambat akan lebih sulit mendapatkan peringkat di hasil teratas. Tujuan Google dengan pembaruan ini adalah memberikan hasil penelusuran kepada pengguna yang mencakup situs yang memberikan pengalaman pengguna terbaik.

6. Kode skema

SEO menjadi lokal secara besar-besaran, jadi jika Anda bertanya-tanya bagaimana cara mendapatkan peringkat yang lebih tinggi di google maka ini adalah faktor peringkat yang penting, terutama untuk SEO bisnis kecil. Kode markup skema membantu mesin telusur mendapatkan pemahaman yang lebih baik tentang teks tertentu seperti alamat, nomor telepon, resep, ulasan, dan lainnya.

Khususnya untuk bisnis lokal, menerapkan kode skema di seluruh situs bisa sangat bermanfaat. Misalnya, penting untuk memastikan Anda memberi tahu Google lokasi bisnis Anda dengan menerapkan kode skema yang benar. Pastikan markup data Anda mematuhi pedoman Google.

7. Kekuatan Merek dan Sinyal Sosial

Penelusuran bermerek memberikan sinyal yang kuat untuk algoritme penelusuran Google. Semakin banyak lalu lintas yang didapat situs web dari penelusuran bermerek, semakin banyak hal itu akan dikenali oleh algoritme. Selain itu, haarus kita perhatikan bahwa sinyal sosial dari Facebook, Reddit, Quora, Pinterest, dan situs sosial lainnya juga berkorelasi dengan peringkat pencarian. Ini tidak berarti bahwa kehadiran sosial online yang kuat saja dapat mengarahkan lalu lintas organik. Situs yang menggabungkan kekuatan merek dan sinyal sosial dengan upaya di semua saluran SEO lainnya dapat mencapai visibilitas pencarian yang lebih besar.

8. Kekuatan Domain

Dulu, domain pencocokan tepat adalah cara yang pasti untuk meningkatkan visibilitas penelusuran organik. Meskipun tidak semudah sebelumnya, domain masih memiliki pengaruh. Dengan algoritme Google yang lebih cerdas, kalau kita perhatikan masih melihat dua vertikal utama kekuatan domain:

  • Domain pencocokan tepat masih memiliki banyak bobot – Sebagai contoh, untuk penelusuran “mobil”, kami berharap menemukan merek terkait mobil populer di hasil penelusuran teratas (Ford, BMW, Top Gear, dll.). Sebaliknya, kita akan mendapatkan pencocokan tepat, “cars[dot]com”.
  • Senioritas domain – Umur domain adalah faktor peringkat utama lainnya. Domain baru memiliki peringkat waktu yang lebih sulit untuk kata kunci teratas, sementara domain dengan rekam jejak yang diperpanjang tampaknya memegang posisi teratas lebih lama.

9. HTTPS

Ini sebenarnya merupakan faktor peringkat resmi per Agustus 2014, ketika pertama kali diumumkan di Blog Resmi Pusat Webmaster Google. Kutipan resminya adalah “Keamanan adalah prioritas utama untuk Google. Kami berinvestasi banyak untuk memastikan bahwa layanan kami menggunakan keamanan terdepan di industri, seperti enkripsi HTTPS yang kuat secara default. Artinya, orang yang menggunakan Penelusuran, Gmail, dan Google Drive, otomatis memiliki sambungan aman ke Google. ” Pada 17 Oktober 2017, Google merilis pemberitahuan lain, memperingatkan webmaster tentang menggunakan protokol HTTP dengan situs tempat pengguna diminta untuk memasukkan data.

Meskipun kita belum melihat dampak yang signifikan pada SEO untuk situs yang telah bermigrasi ke enkripsi HTTPS yang aman, sangat disarankan agar Anda memindahkan situs Anda ke HTTPS untuk menghindari kecelakaan apa pun dari pembaruan Google di masa mendatang.

10. Pengalaman Pengguna

UX adalah yang terakhir di daftar 10 Faktor Peringkat Google Teratas 2020, tetapi itu tidak berarti itu mubazir dengan cara apa pun. Saat algoritme Google semakin maju, Anda harus lebih fokus untuk memberikan pengalaman pengguna yang luar biasa. Sulit untuk mengatakan dengan tepat bagaimana mengukur efek UX, karena bervariasi menurut industri dan demografis. Kita dapat melihat korelasi yang kuat antara UI / UX yang akurat dan penempatan yang baik di SERP. Ingat! situs Anda harus berfungsi terlebih dahulu. Sangat disarankan Anda membaca artikel Joe Natoli tentang Signal vs. Noise: Menghapus Visual Clutter di UI.

Akan ada dampak besar pada strategi pemasaran SEO di tahun 2020. Pembaruan Google terbaru membuka jalan bagi situs dengan konten berkualitas yang memberikan nilai nyata bagi pengguna. Google juga mnjadi jauh lebih baik dalam mengukur bagaimana pengguna berinteraksi dengan konten Anda. Memahami 10 parameter berharga ini dapat membuat atau menghancurkan strategi Pemasaran Online Anda.