Tutorial Membuat Website

By | January 6, 2015

Tutorial cara membuat website sendiri

Langkah-langkah Membuat Website dengan Menyewa Hosting dan Domain Berbayar

Tutorial Membuat Website

Tutorial Membuat Website

Halloo… sobat CMWP… Gimana nih… apakah sudah bisa cara membuat blog gratis di blogger, atau cara membuat website wordpress gratis di wordpress ? kalau sudah, berarti sudah tahu juga dong cara menentukan blog yang akan di buat.

Nah… kali ini saya mau kembali mencoba untuk menulis sedikit artikel yang sederhana  mengenai tentang Tutorial Membuat Website.

Tutorial ini akan menunjukkan bagaimana cara membuat sebuah website. Panduan ini ditujukan bagi para pemula, dan akan menunjukkan langkah demi langkah keseluruhan proses membuat website sendiri dari dasar banget. Pada dasarnya, asal kamu udah bisa browsing dan mengetik, maka kamu udah punya modal untuk membuat website sendiri.

Tulisan ini merupakan bagian kecil dari berbagai tutorial tentang cara membuat website sendiri. Pernah bingung membedakan istilah website dan blog? Nah, pada dasarnya, semua yang kamu lihat di internet adalah website. Namun demikian, website tersebut memiliki fungsi yang berbeda-beda dan memiliki sebutan khusus tergantung pada fungsinya. Jenis website yang cukup ngetop adalah blog, social media dan toko online.  Jadi bisa dikatakan bahwa blog adalah salah satu jenis website yang memiliki fungsi sebagai diary atau buku harian bagi pemiliknya, makanya biasanya tampilan artikel blog biasanya diurutkan berdasarkan tanggal dimulai dari yang paling baru.

Website lain memiliki fungsi mirip sebuah toko, di mana kita bisa memajang foto produk, harga, deskripsi produk hingga cara pembelian. Website jenis ini kita sebut sebagai toko online. Jenis website lain yang terkenal adalah social media. Untuk jenis website ini saya tidak perlu menjelaskan panjang lebar, karena kamu pasti sudah sering menggunakannya yaitu facebook dan twitter.

Pada prinsipnya ada beberapa cara untuk membuat website, saya membaginya ke dalam 4 kategori yaitu:

  1. Instan, cara ini adalah cara tercepat, termurah (alias gratis) dan termudah dalam membuat website. Contoh paling mudah adalah menggunakan blogspot, worpress, tokobagus, dll. Cara ini memiliki kelemahan pada tingkat fleksibilitas pembuatan. Kita hanya bisa membuat website sesuai format yang sudah disediakan oleh penyedia layanannya.
  2. CMS atau Content Management System. Cara ini relatif cepat seperti metode instan, namun memiliki tingkat fleksibilitas yang lebih dibandingkan cara Instan. Kamu tinggal melakukan instalasi menggunakan software CMS yang sudah disediakan. Kita bisa melakukan perubahan lebih fleksibel dengan menginstal add on pada CMS tersebut. Namun demikian, kamu pada umumnya harus menyediakan nama domain dan hosting sendiri. Contoh CMS adalah Joomla untuk website yang umum, wordpress untuk blog (ya, wordpress memiliki 2 jenis yaitu instan dan CMS).
  3. Framework, cara ini memiliki tingkat fleksibilitas pembuatan yang lebih tinggi, namun kamu harus memiliki kemampuan web programming.
  4. Web Programming. Cara membuat website ini adalah yang paling fleksibel, namun lama dan kamu dituntut untuk memiliki kemampuan web programming. Kalau kamu udah bisa membuat website dengan cara ini, maka pada dasarnya kamu bisa membuat segala jenis website yang kamu inginkan, nyaris tanpa batas. Kalau kamu tertarik untuk mempelajari cara ini, kamu minimal harus menguasai HTML, PHP dan MySQL.

Untuk membuat website dengan metode CMS, Framework dan Web Programming, kamu memerlukan domain dan hosting. Apa tuh maksudnya domain dan hosting? Mari kita pelajari bersama.

Panduan penting langkah demi langkah membuat website sendiri

  • Dapatkan nama domain kamu sendiri

Hal pertama yang harus kamu lakukan saat membuat website sendiri adalah memperoleh nama domain kamu sendiri. Sebuah domain adalah nama yang ingin kamu berikan untuk website yang kamu buat. Sebagi contoh, nama domain website yang sedang kamu baca ini adalah “caramembuatwebsitepemula.com”. Untuk memperoleh nama domain, kamu harus membayar biaya sewa tahunan sebagai hak penggunaan nama tersebut. Yah, kamu tahu sendirikan, kalau nama website itu harus unik, dan hanya satu-satunya di internet. Kalau tidak orang pasti akan bingung mana web site punya kamu dan mana website yang milik orang lain. Jadi, di seluruh internet, kamu pasti hanya akan menemukan sebuah website yang alamatnya caramembuatwebsitepemula.com. Got that?

Sebelum kamu berpikir macam-macam, perlu saya ingetin bahwa memiliki nama domain bukan berarti kamu sudah memiliki sebuah website. Belum. Ingat, nama domain ini hanyalah sebuah nama. Seperti kamu mendaftarkan ijin usaha sebuah PT atau CV dalam dunia nyata. Memiliki ijin usaha ini bukan berarti kamu memiliki toko atau gudangnya kan?

  • Pilih Sebuah Web Hosting

Langkah berikutnya dalam proses membuat website sendiri ini adalah memilih web hosting. Sebuah web hosting pada dasarnya adalah sebuah perusahaan yang memiliki beberapa komputer yang selalu terhubung ke internet. Jika kamu menempatkan halaman-halaman web kamu di komputer mereka, maka seluruh dunia bisa menghubungi komputer itu dan melihat halaman website kamu. Kamu perlu mendaftarkan diri dulu ke web hosting agar website yang kamu buat memiliki “rumah”. Jika memiliki nama domain bisa diibaratkan dengan memiliki ijin usaha, maka memiliki akun web hosting kira-kira mirip dengan menyewa kantor atau toko untuk bisnis kamu.

Menyewa? Ya, untuk web hosting yang berbayar. Tentu saja kamu bisa memilih web hosting berbayar ataupun yang Web Hosting gratisan. Kamu juga bisa baca tutorial singkat tentang cara membuat website di hosting berbayar (self hosted).
Baiklah kita kembali ke topik “tutorial cara membuat website”. Anda sudah bisa membuat situs web sendiri? Waktunya untuk mempublikasikan karya anda. Salah satu cara untuk mempublikasikan web buatan anda sendiri adalah dengan menyewa web hosting.

Untuk mempublikasikan sebuah situs web buatan anda sendiri anda harus meletakkan situs web tersebut di sebuah server yang selalu terhubung ke Internet kan? Memang sih anda bisa saja menggunakan PC anda sendiri dan langsung dihubungkan ke Internet, tapi umumnya cara itu lebih mahal dan memiliki bandwidth terbatas.

Cara yang umum dilakukan adalah dengan menyewa web hosting. Web hosting artinya anda menyewa space (tempat di hard disk untuk meletakkan file-file anda yang indah) dan bandwidth (batasan seberapa banyak data boleh ditransfer oleh pengunjung situs anda). Paket web hosting umumnya memiliki kriteria utama batasan space dan bandwidth. Masih ada kriteria tambahan lain seperti batasan jumlah account FTP, Email dan lain sebagainya.

SO, Anda akan memerlukan space, bandwidth dan domain name untuk membuat situs buatan anda dapat diakses oleh penggemar anda.

Saat ini, hampir semua penyedia hosting sudah menyediakan layanan tambahan secara default seperti email, ftp dan statistic. jadi anda memiliki banyak pilihan untuk menentukan provide web yang akan anda jadikan partner.

OK… Sekarang saya akan membahas langkah – langkah membuat website apa saja yang harus kita lakukan agar website kita “online”. Dengan catatan bahwa website yang akan kita buat ini menggunakan domain dan hosting berbayar.

Dalam membuat website pertama adalah menyiapkan dan mendaftarkan nama domain. Anda disarankan untuk mempunyai sebuah Alamat Website (domain/URL) yang mudah diingat, agar pengguna Internet dapat dengan mudah menemukan Website Anda. Contoh : http://dedesobirin.com/

Nah, Nama Domain tersebutlah yang akan mengantarkan pengguna internet ke Website Anda!

Setelah Anda mendapatkan alamat Website/Nama Domain Anda, kini Anda akan membutuhkan sebuah layanan yang dinamakan Web Hosting. Saya sarankan untuk membeli domain dan webhosting dalam 1 perusahaan pelayanan webhosting. Kenapa? Karena kita tidak perlu repot – repot untuk mengatur dns (domain name server) di domain panel. Biasanya perusahaan pelayanan webhostinglah yang mengaturnya. Karena Perusahaan Web Hosting menyediakan perlengkapan Hardware, Software, Bandwidth, Data Center dan Layanan Teknis yang Anda butuhkan tanpa harus Anda yang melakukannya sendiri.

Berikut ini adalah langkah–langkah yang bisa Anda lakukan untuk membeli hosting dan domain.

1. Silahkan Masuk di sini

kemudian pilih saja sesuai kebutuhan sobat mau yang mana yang di pilih, setelah selesai memilih, kemudian klik “Order Now”.

Cara Order Domain dan Hosting di Ardetamedia

Cara Order Domain dan Hosting di Ardetamedia

2. Maka akan terbuka halaman baru, Kemudian coba perhatikan gambar di bawah ini :

Tutorial Cara Order Domain dan Hosting

Tutorial Cara Order Domain dan Hosting

  • Beri tanda “tic”  pada tulisan : “Saya Ingin Registrasi Domain di Domosquare.com WEB HOSTING”.
  • Masukkan “Nama Domain” yang hendak Anda beli pada kolom Nama domain.
  • Kemudian klik pada tulisan “Klik Untuk Melanjutkan>>”.

3. Setelah itu akan terlihat total biaya yang harus anda transfer ke perusahaan web hosting doosquare.com ini.

4. Selanjutnya, Anda transfer biaya pembelian domain sebesar yang tertera pada invoice tagihan ke rekening yang tertera di layanan web hosting tersebut.

5. Setelah melakukan pembayaran langkah selanjutnya adalah konfirmasikan pembayaran anda, dengan cara login ke member area, kemudian informasikan pembayaran anda disana.

atau bisa juga langsung chating dengan cara “CHAT” dengan Customer serviceyang ada di layanan web hosting tersebut.

6. Tunggu beberapa saat, anda akan menerima email berupa pemberitahuan bahwa account domain dan hosting anda sudah aktif. Di dalam email tersebut juga dicantumkan username dan password untuk masuk ke cpanel web hosting yang nantinya bisa anda gunakan untuk mengupload file – file web anda. Email sobat akan terlihat seperti gambar di bawah ini :

Email Pemberitahuan Dari Web Hosting Ardetamedia

Email Pemberitahuan Dari Web Hosting Ardetamedia

Nah… kalau sudah di terima email seperti di atas, maka kita sudah siap untuk cara membuat website pemula sendiri yang siap di Online kan serta akan mudah di temukan di mbah Google. Jadi bagi teman yang baru memulai membuat website di internet, silahkan memilih satu dari Cara Membuat Website Sendiri. Agar lebih jelasnya silahkan di simak video tutorial di bawah ini mengenai Cara Membuat Website Sendiri:

Nah, bagi sobat yang sudah bisa membuat website bisa mengikuti kontes seo dengan kata kunci Staedtler Pensil Terbaik Untuk Anak dan juga kontes seo dengan kata kunci Cara Mengatasi Anak Susah Makan dengan Laperma Platinum yang terakhir ada kontes seo dengan kata kunci Tips Memilih Jasa Logistics Terpercaya di Indonesia.

Baiklah hanya itu saja dulu yang bisa admin share, mudah-mudahan bisa bermanfaat bagi sobat blogger semuanya. Terima kasih sudah berkunjung dan membaca postingannya. Jangan lupa baca juga artikel lainnya tentang Green Pramuka City Hunian Strategis dan Nyaman di Pusat Kota juga ada postingan lainnya mengenai Krakatau Steel Peduli Masyarakat. Demikianlah tentang Tutorial Membuat Website.

Pencarian dari Google:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *