PANDUAN SEO : Belajar SEO Bertahap Bagi Pemula

By | November 29, 2016

PANDUAN SEO : Belajar SEO Bertahap Bagi Pemula – Diharapkan saudara bisa mengikuti PANDUAN SEO Bagi Pemula dengan lebih mudah dari blog caramembuatwebsitepemula.com ini dengan mengikuti beberapa langkah-langkahnya secara bertahap sehingga Anda tidak terlalu pusing untuk melakukan seo pada blog yang sedang saudara kelola. Mudah-mudahan panduan yang akan admin buat ini bisa memudahkan dan menuntun teman-teman blogger pemula yang ingin tahu lebih jelas mengenai  SEO. Baiklah admin mulai saja untuk belajar seo itu kita harus tahu dulu mengenai SEO.

Belajar ke-1 : Apa Itu SEO? dan Bagaimana Cara Kerjanya Search Engine?

Seperti yang kita tahu bahwa sebelum kita memulai dalam belajar mengenai dunia seo, ada baiknya teman-teman blogger semuanya mengetahui dahulu tentang apa itu seo?

SEO adalah singkatan dari SEARCH ENGINE OPTIMIZATION. Jadi intinya SEO itu adalah segala upaya yang kita lakukan untuk  blog /website baik itu punya kita sendiri ataupun website punya orang lain agar menjadi rangking di halaman 1 dipencarian Google, kita tahu sendiri bahwa dihalaman 1 Google itu ada sekitar sepuluh blog/website yang
ditampilkan.

Nah… supaya web atau blog punya kita menjadi rangking di mesin pencarian google, maka lakukanlah yang namanya SEO, sudah paham belum nih? Baiklah yuks… mari kita lanjut…

Orang yang menghabiskan waktunya untuk belajar seo, sebagian besar dikarenakan oleh beberapa alasan ekonomi, yaitu untuk mencari income dari blog/websitenya. Sementara itu tujuan dari melakukan SEO adalah agar mendapatkan trafik dari search engine itu sendiri.

Lalu kenapa sih orang melakukannya? tentu saja pasti banyak alasan yang berbeda-beda setiap orangnya, namun pada umumnya banyak orang beralasan mencari traffik untuk blog/website karena mempunyai nilai komersil atau bisnis yang potensial.

Didalam Belajar SEO Bagi Pemula dalam Memahami dan Menerapkannya itu saudara semuanya harus melalui berbagai proses yang benar, yaitu dengan cara meluangkan waktu 1 sampai 2 bulan kedepan untuk melakukan setiap tahapan demi tahapan supaya belajar seo-nya berhasil.

Kenapa harus demikian? karena hampir rata-rata kebanyakan dari beberapa orang yang belajar seo hampir rata-rata kepengennya cepat-cepat jadi master seo indonesia tanpa melalui prosesnya dahulu.

Nah… jika saudara semuanya mempunyai cara pandangnya seperti itu, maka ada baiknya membuang jauh-jauh pikiran seperti itu. Karena cara pandang yang seperti itu admin rasa hanya akan membuat proses belajar seonya semakin terhambat.

Oleh sebab itu, mari kita lanjutkan pembahasannya mengenai PANDUAN SEO : Belajar SEO Bertahap Bagi Pemula supaya bisa lebih memahami bagaimana cara kerja dari search engine seperti Google.

Nah, ada beberapa langkah yang harus kita lakukan, dimana untuk langkah pertama ini kebanyakan orang cenderung berpikir
optimasi SEO yang dilakukannya tidak berhasil, para blogger kebanyakan suka berhenti di tengah jalan, padahal sebenarnya teman-teman belum memahaminya tentang bagimana cara kerja search engine tersebut.

Jadi ada 3 hal yang sangat-sangat penting sekali kita ketahui di dalam mempelajari optimasi SEO, lalu apa sajakah itu? semoga artikel Tiga Hal Penting Dalam Usaha Optimasi SEO tersebut bisa menjadi rekomendasi buat temen-temen semuanya.

Ada yang perlu diketahui tentang aturan batasan atau larangan-larangan dari mesin pencari seperti Google agar blog atau
website punya kita tidak terkena penalty di dalam usaha mengoptimasi seo-nya. Karena yang paling sering menjadi topik di dunia seo adalah kita harus berkenalan dengan yang namanya Tiga Algoritma Google yang harus dipahami beserta cara-cara kerjanya.

Belajar ke-2 :   Membuat Website/Blog Satu Niche atau Banyak Niche

Saat teman-teman belajar membuat blog/website supaya lebih seo ada beberapa hal yang harus diperhatikan, yaitu kita mau membuat website/blog yang 1 niche atau website yang banyak niche-nya? karena ini sangat berhubungan sekali dengan seo.

Kemudian apa ya maksud dari niche blog ini? Niche blog adalah sebuah istilah di dalam dunia blogging yang artinya satu blog yang membahas sebuah topik saja. Contohnya di dalam 1 niche ada yang namanya niche blog tentang dunia otomotif,  sementara
untuk otomotif itu sendiri masih banyak niche-nya yang lebih spesifik lagi, seperti Motor, Mobil, Motor Balap, Mobil Balap, dan lain-lain.

Jadi kita harus menentukan dahulu niche website/blog apa yang akan kita buat. Karena niche merupakan market atau mempunyai pasar tertentu yang dimana tingkat kesulitannya akan berbeda-beda satu sama lain, baik itu dari nichenya ataupun dari marketnya yang berbeda pula. Gimana? ngerti kan ? mudah-mudahan sudah mengerti ya… hehe… lanjut…

Belajar Ke-3 : Harus Melakukan Riset Kata Kunci

Untuk mengoptimalkan blog atau website di search engine seperti Google, maka di butuhkan yang namanya Riset Kata Kunci. Tentunya ini adalah salah satu bagian dalam strategi belajar seo-nya. Setelah saudara semuanya tadi belajar tentang apa itu seo, kemudian bagaimana cara kerjanya search engine, dan juga sudah belajar mengenai apa saja batasan algoritma Google, maka langkah selanjutnya adalah menganalisa kata kunci.

Riset Keyword merupakan salah satu strategi didalam mencari  kata kunci yang sering diketikkan orang di mesin pencari seperti Google. Sebagai contoh ada salah satu website yang ingin menjual mobil mau menguasai kata kunci : mobil keluarga murah, maka Riset Keyword inilah yang harus kita lakukan. Memang tidak semuanya kata kunci yang kita bidik itu mempunyai jumlah pencarian yang banyak, namun kita harus mentarget dulu kata kunci utama untuk di optimasi seo.

Ada 2 hal yang harus di ketahui oleh saudara dan ini cukup umum berlaku di dalam melakukan riset kata kunci seperti :

  1. Semakin Pendek kata kuncinya, maka semakin keras pula persaingan di mesin pencarinya.
  2. Nilai komersil kata kunci belum tentu bisa menandakan kerasnya persaingan di search engine

Riset Keyword adalah salah satu tehnik seo yang sangat cocok digunakan untuk mentarget keyword/kata kunci apa saja yang akan kita
gunakan pada sebuah postingan ataupun nama domain website punya kita. Jadi berusahalah mencari kata kunci komersil yang tidak banyak orang meliriknya atau persaingan kata kuncinya sedikit.

Untuk informasi lebih jelasnya bisa membaca pada artikel Cara Riset Kata Kunci Google eyword Planner. Mudah-mudahan dengan adanya penjelasan disana teman-teman lebih paham apa tujuan dari riset kata kunci.

Belajar ke-4 : Harus Melakukan Optimasi SEO On Page

Semua tahu bahwa salah satu cara terbaik untuk meningkatkan trafik blog adalah dengan cara harus melakukan beberapa optimasi seo. Maka dari itu rangkaian belajar seo yang ke-4 ini adalah harus melakukan Optimasi SEO OnPage. Setelah kita sedikit mengetahui tentang apa itu kata kunci yang anda inginkan, maka langkah selanjutnya adalah kita juga harus mengetahui bagaimana cara menggunakan kata kunci tersebut di dalam website Anda.

Jika saudara salah didalam meletakannya, maka bisa jadi saudara harus bekerja lebih keras lagi untuk memenangkan kata kunci
yang Anda target.

Kebanyakan pelaku seo menyadari bahwa dalam melakukan optimasi seo onpage itu cukup berpengaruh pada peringkat baik di search engine, dan kita juga meyakini bahwa tidaklah mudah untuk mendapatkan peringkat terbaik di search engine terutama Google, kecuali Anda memiliki tehnik yang terbaik untuk membangun seo onpage pada halaman situs Anda.

Semakin baik Optimasi Seo Onpage blog kamu, maka tentu saja akan memiliki peluang lebih baik untuk bisa tampil di halaman pertama Google. Dan ini sangat penting sekali dilakukan sebagai strategi supaya blog lebih populer, tentu saja semua ini harus dimiliki oleh seorang blogger terutama bagi kita blogger semuanya yang baru saja memulai belajar blog atau website.

Mungkin saja saudara memerlukan sedikit pengetahuan HTML untuk melakukannya. Apabila saudara semuanya mempunyai masalah dalam melakukan editing, kamu bisa masuk ke forum-forum blogger di facebook dan forum yang lainnya kemudian bertanya disana. Silahkan sobat semuanya bisa mengunjungi artikel lainnya terkait  Cara Optimasi Seo Onpage Menurut Google.

Belajar ke-5 : Mencari Backlink Yang Bagus Untuk Blog/Website

Backlink adalah tautan atau link/url di halaman website lain kemudian apabila di klik maka tentu saja akan membuka halaman dari blog/website yang di optimasi. Semakin banyak backlink yang diperoleh untuk blog/websitenya maka, akan semakin banyak pula sumber point yang akan di perlukan untuk mendapatkan rangking. Backlink akan terasa sangat baik sekali untuk pondasi dan memperkuat seo pada website saudara. Karena ini bisa membuat blog kamu lebih cepat tampil di search engine.

Tentu saja tehnik ini memang tidak mudah untuk didapatkan, akan tetapi mempunyai dampak yang sangat besar apabila kita berhasil
mendapatkan backlink yang berkualitas tinggi. Ini merupakan proses tersulit saat saudara belajar seo, karena memerlukan begitu banyak varian teknik serta sangat memakan waktu. Biar lebih jelas informasinya saudara sekalian bisa mengunjungi postingan berikut mengenai Cara Mendapatkan Backlink Gratis Berkualitas Tinggi.

Belajar ke-6 : Pergunakan Berbagai Macam Tool Gratis

Untuk memaksimalkan kinerja dan mengetahui lebih detail lagi tentang trafik dan analisa seo sebuah website saat ini sudah banyak tools atau perangkat lunak yang dapat dipergunakan. Hampir sebagian besar dari perangkat tersebut merupakan sistem script yang ditanamkan dalam sebuah website supaya pihak ke-3 dapat melakukan berbagai analisa aktivitas user pada sebuah website.

Tentunya saudara memerlukan tools untuk membantu dalam mendapatkan data-data penting saat melakukan optimasi seo-nya. Banyak tools gratis yang bisa kita manfaatkan, layaknya seperti sebuah pintu tol, blog atau website pun seperti demikian. Sangat dibutuhkan sebuah sistem untuk hasil analisa trafik data pengunjung supaya kita mendapatkan penjelasan lebih detail tentang informasi yang nantinya supaya bisa digunakan oleh administrator website untuk menganalisa kebutuhan situs dan seo. Untuk
lebih jelasnya kamu bisa mengunjungi postingan mengenai Sepuluh Tools Seo Dasar Untuk Optimasi Seo.

Baiklah, hanya ini saja dulu sobat sedikit informasi yang bisa admin bagikan. Mudah-mudahan ada guna dan manfaat bagi saudara semuanya. Jangan lupa juga untuk membaca juga postingan sebelumnya mengenai Pertamina Solusi Bahan Bakar Berkualitas dan Ramah Lingkungan. Terima kasih sudah berkunjung dan membaca postingannya. Demikianlah mengenai PANDUAN SEO : Belajar SEO Bertahap Bagi Pemula.