Cara Optimasi SEO Onpage Menurut Google

Bagaimana Cara Optimasi SEO Onpage Yang Benar Menurut Google?

Berikut Langkah-langkah Cara Optimasi SEO Onpage Yang Benar Di Mata Robot Google

Cara Optimasi SEO Onpage Menurut Google

Cara Optimasi SEO Onpage Menurut Google

Para ahli SEO di luar negeri menyebutkan bahwa SEO is mystery, tidak ada orang yg bisa mengklaim bahwa dia paling benar. Hanya orang yg paling sering prakteklah yang bisa tahu mana yang mendekati kebenaran. Istilahnya, jam terbang praktek lebih penting dari pada jam terbang membaca atau belajar.

Google lebih mementingkan aspek konten onpage dibandingkan mencari backlink, maka kita perdalam pembahasan SEO Onpage-nya.

Lalu Apa itu SEO Onpage ? SEO Onpage adalah upaya menata suatu halaman web agar mesin pencari seperti Google bisa mengenali kata kunci apa yang sedang kita tekankan di dalam halaman tersebut.

Ada beberapa tahapan yang harus di jalankan dalam menerapkan Optimasi SEO Onpage Yang Benar Di Mata Robot Google. diantaranya :

1. Title Tag

Apa itu Title Tag ?

Title Tag merupakan judul dalam suatu dokumen. Bisa juga dijadikan judul Blog atau Website.

Title tag memainkan peranan yang sangat penting karena title tag sendiri merupakan faktor dasar search engine untuk mengukur relevansi dari keyword yang dicari pengguna. Jadi yang perlu di perhatikan adalah :

  • Title Tag harus menggunakan kata kunci.
  • Simpan kata kunci di awal judul.
  • Sebaiknya panjang Title Tag kurang dari 66 karakter.
  • Gunakan judul agak deskriptif dan emosional sehingga memancing yang melihatnya untuk mengklik.

2. Meta Deskripsi

Apa itu Meta Description?

Meta description adalah tulisan yang digunakan untuk menjelaskan tentang apa isi sebuah blog atau website. tulisan ini akan muncul di snippet serp sebagai penjelasan atau deskripsi sebuah blog. Yang perlu di perhatikan adalah :

  • Simpan kata kunci utama di awal meta description.
  • Buatlah kata kunci tambahan agar lebih bervariasi sehingga akan lebih banyak kata kunci yang di dapat pada web atau blognya.
  • Sebaiknya hindari mengulangi suatu kata lebih dari 2x.
  • Sebaiknya panjang meta description hingga 150 karakter saja.
  • Gunakan juga meta description dibuat provokatip supaya memancing yang melihatnya untuk mengklik.

3. Sistem Heading

Header adalah faktor SEO on page yang sangat penting. Usahakan tiap postingan hanya memiliki satu H1 yang unik, lalu dibagi beberapa H2 sebagai sub header (jika perlu), yang terdiri lagi dari beberapa H3, dan seterusnya, untuk membuat hierarki yang semantik.

  1. Tag H1 >> menandakan sangat penting.
  2. Tag H2 >> menandakan penting.
  3. Tag H3 >> menandakan cukup penting.

4. Penggunaan Bold

Usahakan agar target keyword yang penting di postingan diberi penekanan seperti strong, bold, atau italic. Search engine akan mengira bahwa kata yang ditekan ini adalah sesuatu yang penting di postingan. tapi jangan berlebihan melakukannya. selain tidak nyaman melihatnya, search engine (maksud saya para engineer-nya) juga tidak bodoh.

Walaupun saat ini peranan bold semakin lemah saja, tapi tetap masih memberikan poin, jadi sebaiknya anda mencetak tebal kata kunci yang ditargetkan di dalam artikel blog.

5. Penggunaan ALT Tag pada Gambar

Jika di postingan sobat terdapat sebuah gambar, alangkah baiknya  berilah file gambar tersebut dengan nama yang deskriptif atau kaya akan keyword, Kenapa? Karena saat ini googlebot dan robot lainnya belum dapat mengenali gambar yang di pasang pada web atau blog. Jadi pengklasifikasian gambar yang dilakukan hanya dengan meninjau ALT tag yang digunakan.

6. Sistem Interlink

Terkadang dalam sebuah postingan akan ada sesuatu yang dibahas lebih dalam di postingan yang lain. Maka jika ada kesempatan ini, usahakan untuk memakai teks anchor yang ditarget, seperti Cara Menulis Artikel Berkualitas Berstandar SEO lebih baik daripada hanya menggunakan tulisan  klik disini.

Jika website anda itu membahas terlalu banyak masalah yang beragam, maka bisa dipastikan halaman yang satu dan yang lainnya akan saling tidak relevan. Sebagai contoh: Jika anda membahas masalah Otomotif , tapi di sidebar ada banyak link menuju artikel masalah Kesehatan, atau pendidikan, dan lain sebagainya, maka relevansi halaman tersebut terhadap Otomotif akan berkurang.

7. Posisi Keyword di Kode HTML Halaman

Menurut sebagian master SEO, posisi keyword di kode html akan mempengaruhi ranking, misalnya kode html halaman blog sobat isinya dari atas banyak sampah kode script, lalu menu, lalu gambar-gambar, lalu video-video, lalu isi lainnya, baru keyword di bagian ujung bawah. hal seperti ini akan sangat merugikan blog sobat. karena robot mesin pencari hanyalah membaca teks, dan itu dimulai dari kiri atas ke kanan kemudian kebawah. kiri ke ke kanan lagi ke bawah lagi dan seterusnya.

8. Outbound Link “Hati-Hati Dengan Link Keluar)

Hindarilah external link yang berlebihan di halaman blog sobat. Halaman blog yang mempunyai terlalu banyak link keluar akan terlihat seperti spamming link.

walaupun itu nofollow tetap akan mengalirkan poin keluar dari halaman anda. Jadi pastikan untuk tidak menaruh link keluar jika tidak benar-benar perlu.

9. Nama Domain

Jika keyword yang sobat incar sudah berada di nama domain. Maka blog sobat sudah memiliki satu poin SEO yang sangat kuat, misalnya keyword yang diincar adalah “motor murah”, maka robot mesin pencari akan lebih dominan melirik ke domain motormurah.com. di banding dari pada domain mobilmurah.com.

10.Kecepatan Loading

Google mempunyai visi tentang internet yang cepat, dan kecepatan loading website adalah salah satu Faktor SEO on page untuk menentukan ranking sebuah blog dan website.

Jika ada 2 situs yang Faktor SEO nya seimbang, tentunya sebagai pembaca kita akan lebih memilih blog yang lebih cepat loadingnya dan loading blog yang lambat juga akan mempengaruhi bounce rate blog sobat.

Nah… jika sudah tahu bagaimana cara mengoptimasi blog dengan Optimasi SEO Onpage, maka silahkan untuk mengikuti konte seo STAEDTLER PENSIL TERBAIK UNTUK ANAK dan juga ada kontes seo dengan kata kunci Tips Memilih Jasa Logistics Terpercaya Di Indonesia yang terakhir ada kontes seo dengan kata kunci Cara Mengatasi Anak Susah Makan dengan Laperma Platinum

Selamat melakukan Optimasi SEO Onpage Yang Benar Menurut Google. Demikian informasi yang sangat sederhana ini yang bisa saya share. Terima Kasih sudah berkunjung dan membaca artikelnya, silahkan tinggalkan jejakmu di komentarnya.

Pencarian dari Google:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *