Tahapan Umum Membangun Bisnis Online

Bagaimana Tahapan Untuk Membangun Bisnis Online?

5 Tahapan Umum Membangun Bisnis Online

Tahapan Umum Membangun Bisnis Online

Tahapan Umum Membangun Bisnis Online

Secara Umum, Ada 5 Tahapan Yang Mesti Dilakukan Jika Kita Ingin Sukses Berbisnis Online. 5 Tahapan Ini Berlaku Jika Kita Ingin Menjalankan Bisnis Produk Sendiri Secara Online, Maupun Menjual Produk Orang Lain Juga Secara Online (Affiliate Program).

5 Tahapannya Adalah :

  1. Menetapkan Ide Bisnis
  2. Melakukan Riset Pasar
  3. Menyiapkan Bahan-Bahan Berbisnis
  4. Membuat Website
  5. Melakukan Promosi

Jika Website Saudara Sudah Banyak Pengunjung, Maka Income Berupa Rupiah Atau Dollar Akan Lebih Mudah Mengalir Ke Rekening Saudara.

Namun pada perkembangan selanjutnya, ada 7 Tahapan yang lebih rinci berdasarkan keberhasilan Praktek. 7 Tahapan tersebut telah banyak berhasil  terbukti dan berhasil

Baiklah Kalau Begiitu Untuk Lebih Mudah  Mencernanya, Kita Bahas Saja Satu-Satu Ya…

1. Menetapkan Ide Untuk Berbisnis.

Tidaklah Susah Untuk Menetapkan Ide Bisnis Apa Yang Bisa Kita Jalankan Di Internet. Setahu Saya, Orang Indonesia Itu Selalu Kebanyakan Ide. Lihat Saja Kalau Ada Acara Diskusi Di Kantor, Kampus, Seminar, Pelatihan, Atau Pada Perkumpulan-Perkumpulan Profesi.

Yang Paling Sulit Adalah Bagaimana Menjalankan Ide Tersebut Agar Menjadi Sebuah Bisnis Riil, Bukan Hanya Sekedar “Rencana”. Karena Yang Kita Bahas Adalah Masalah Bisnis, Tentu Ide Tersebut Haruslah Yang Bisa Menghasilkan Income Alias Duit

Kemampuan kita untuk menjalankan ide tersebut menjadi sebuah bisnis terkadang masih jadi kendala terbesar bagi orang Indonesia.

Anda bisa dapat ide bisnis dari pergaulan sehari-hari, melihat berita di media massa, atau mengikuti forum-forum diskusi, seminar, dsb.

Anda juga bisa dapat ide dari apa yg dibutuhkan orang saat ini. Ide juga bisa muncul dari hobi anda, keahlian anda, latar belakang pendidikan anda, atau minat anda terhadap suatu permasalahan.

Ide anda itu nanti akan memunculkan yang namanya produk. Baik produk barang ril, maupun produk jasa informasi. Baik produk anda sendiri, maupun produk orang lain.

Satu hal yang istimewa di bisnis online, jika anda tidak punya ide sama sekali, sementara anda ingin berbisnis, maka internet bisa menunjukkan anda jalan keluarnya. Banyak website di Indonesia dan dunia yang bisa anda jadikan rujukan untuk mencari ide berbisnis.

Enaknya untuk mendapatkan ide tersebut kita bisa peroleh secara gratis. Misal lewat website google, amazon, forum milist bisnis di indonesia, Jejaring pertemanan seperti Facebook, dan masih buanyak lagi…!

2. Melakukan Riset Pasar tentang Prospek Bisnis kita.

Riset di bisnis online berguna untuk mengetahui seberapa besar pangsa pasar produk anda. Atau produk affiliate anda.

Asyiknya, jika kita melakukan riset lewat google atau website analisa khusus, maka kita bisa tahu berapa ribu orang calon pencari produk kita dalam sebulan.

Karena setiap orang yang pergi ke internet banyak mengetikkan sesuau di google.com misalnya, maka secara otomatis robot google merekam topik apa yg banyak dicari orang dalam sebulan.

Jika kita sudah tahu seberapa banyak para pencari topik atau produk kita, maka kita akan yakin produk yg akan dijual bakal banyak peminatnya.

Kita juga akan tahu seberapa besar anggaran promosi yg akan kita keluarkan. Karena promosi yang kita keluarkan bakal menghasilkan keuntungan yang berlipat-lipat jika barang tersebut laris dibeli orang.

3. Menyiapkan bahan-bahan penunjang untuk menjalankan bisnis kita.

Bahan-bahan penunjang bisnis online sama pengertiannya dengan bahan-bahan untuk mengisi toko kita nanti.

Kalo di toko offline (misal toko pakaian), bahan yang kita perlukan barangkali berupa rak penyimpanan baju, hanger untuk gantungan baju, patung untuk model pakaian, etalase kaca, cat dinding yg menarik, sinar lampu yang terang, dan terakhir adalah pakaian itu sendiri sebagai inti dari jualan kita.

Kalo di toko online, bahan utama yang kita perlukan sebagai isi toko adalah  tulisan atau artikel yang menjelaskan tentang toko (website ) kita. Bahan lain yg diperlukan yaitu gambar-gambar yg menunjang ide toko kita, video yang menggambarkan produk kita (tidak wajib), dan terakhir adalah produk apa yang ingin di jual sebagai inti sumber penghasilan kita.

Kalo kita ingin menjual produk sendiri, baik produk barang atau jasa, ya produk sendiri tersebutlah yang kita tampilkan di website.

Kalo kita gak punya produk sendiri, ya kita menjual produk orang lain. Menjual produk orang lain dalam dunia online dikenal sebagai sebutan affiliate atau reseller. Ya semacam jadi agen atau broker gitulah kalo di dunia offline.

Sebagai affiliate, biasanya kita dapat komisi bagi hasil antara 50%-75% untuk setiap penjualan yang terjadi lewat link kita. Lumayan gede ya??

Kalo kita gak mau jadi affiliate yang kerjanya menjual (Pay Per Sale), kita bisa pilih affiliate lain yaitu Affiliate PPC atau Affiliate PTC.

PPC (Pay Per Click) dan PTC (Paid To Click) adalah sama-sama perusahaan Per-iklan-an. Mereka menjadi perantara pemasangan iklan dari perusahaan pengiklan. Kita akan dapat komisi bagi hasil jika diterima menjadi affiliate mereka.

Apa kerja kita pada PPC dan PTC?

Pada PPC, kita cukup membuat sebuah Website/Blog menyangkut topik apa saja sesuai dengan ide kita tadi. Lalu kita sediakan tempat di website agar iklan PPC bisa tampil di website kita. Kemudian kita ‘undang’ pengunjung menjadi pembaca setia di website. Ketika ada pengunjung yg tertarik untuk meng-klik iklan PPC yang ada di website kita, maka kita dapat komisi per klik yg dilakukan oleh pengunjung. Kita sendiri tdk boleh nge-klik, nanti bisa di D.O kalo ketahuan.

Pada PTC, kita akan dibayar jika melakukan sendiri klik iklan pada perusahaan PTC. Ya. kita klik iklan pada website Perusahaan PTC, maka kita akan dapat komisi. Untuk dapat komisi yg lebih besar, kita harus mengajak orang lain juga nge-klik setiap hari seperti kita. Untuk setiap klik orang lain di bawah ‘ajakan’ kita, maka kita dibayar 50% komisi.

Perusahaan PTC akan tahu orang yg kita ajak karena kita dikasih link khusus yang berbeda satu sama lain.

4. Membuat Website sebagai Identitas Perusahaan kita.

Kalo semua bahan-bahan penunjang sudah kita siapkan, maka tugas kita yg lain adalah membuat website (toko). Sebenarnya untuk Pemula, Buat blog juga boleh.

Ingat, website adalah identitas perusahaan kita. Segala transaksi bermula dari website kita. Kalo anda sudah punya website, anda boleh merasa seperti sudah punya perusahaan. Tak perlu NPWP, tak perlu ijin usaha seperti TDP, SIUP, dan sebagainya.

Yang anda perlukan pada sebuah website adalah nama domain dan sewa hosting.

Terkadang orang awam masih bingung membedakan apa beda website, domain, dan hosting?

Baiklah saya jelaskan perbedaan dan hubungannya. Sebenarnya website, domain, dan hosting adalah satu kesatuan perangkat yang dibutuhkan agar toko kita bisa online.

WEBSITE adalah rancangan toko kita yang telah kita isi dengan berbagai bahan penunjang seperti yang disebutkan di atas.

DOMAIN adalah nama website atau toko kita supaya bisa dibuka atau diketik orang di internet.

HOSTING adalah perusahaan tempat kita menyewa ruang atau space toko di dunia online. Misalnya begini. Di dunia offline (misal bisnis di Mall), jika anda sudah siapkan rancangan toko, isi toko, dan nama toko, maka anda membutuhkan izin pihak pengelola Mall untuk berdagang di Mall tsb.

Izin tersebut berupa izin penyewaan toko selama setahun atau anda beli toko di Mall tersebut. Nah, setelah dapat izin yang ditandai dengan serah terima kunci, maka barulah anda bisa berdagang.

Kalo di bisnis online, website anda akan bisa ‘mengudara’ setelah mendapat persetujuan pihak perusahaan hosting sebagai penyedia space toko online. Cukup dengan menyewanya per tahun, maka website anda akan bisa dilihat dari tempat manapun di dunia ini sepanjang masih ada sambungan internet.

Baiklah, kembali ke website, domain, dan hosting. Ketiga hal terebut anda butuhkan agar toko anda bisa online dan dibaca orang se-Indonesia, bahkan bisa di baca orang se-dunia.

Dahsyatnya, jika website anda sudah online, anda berpeluang dapat pembeli atau pengunjung dari dalam dan luar negeri. Website anda berpeluang dilihat oleh jutaan pasang mata di dunia ini. Syaratnya, website anda harus online dulu, dan anda melakukan 5 tahap yang saya jelaskan ini dengan benar.

5. Melakukan Promosi untuk Mengundang pengunjung.

Promosi adalah hal yang paling penting untuk mengundang orang datang ke website anda. Baik dia sebagai calon pembeli, atau pun sebagai pengunjung yg lihat-lihat saja.

Kalo di dunia offline, pengunjung yang datang ke toko kita tidak berdampak serius terhadap penjualan jika mereka tidak beli. Namun di dunia online, pengunjung yang beli atau tidak beli akan berdampak bagus terhadap website anda. Baik dampak penjualan langsung dari produk anda, maupun dampak tidak langsung dari pemasukan iklan, rating website anda, atau penjualan di kemudian hari. Nanti akan anda ketahui jika sudah jadi member Rahasia Website Pemula.

Agar orang se-Indonesia tahu anda punya website, maka anda harus mengundang mereka datang berkunjung.

Mengundang pengunjung datang ke website kita bisa dilakukan dengan 2 cara ; promosi gratis dan promosi berbayar :

A. Promosi gratis dikenal dengan istilah SEO (Search Engine Optimation).

SEO adalah memanfaatkan fasilitas pencarian google supaya website kita tampil di halaman utama pencarian google. Atau setidaknya website kita bisa diindeks ama ‘robot google’. Ya, google mempunyai semacam algoritma yang bisa melacak (spider) seluruh halaman website yg ada di dunia ini.

Supaya website kita tampil atau lebih banyak di indeks google, maka kita bisa lakukan cara pengoptimalan website di dalam dan di luar.

Pengoptimalan website di dalam berarti anda membuat website anda familiar dibaca oleh pengunjung maupun dibaca robot google. Supaya ramai dibaca pengunjung, maka website anda harus memiliki ide menarik di mata banyak orang (tahap 1). Untuk itulah anda perlu melakukan riset kecil berapa banyak orang yg mencari topik ide anda dalam sebulan (tahap 2).

Supaya diindeks oleh robot google dan tampil di halaman utama pencarian google, maka anda harus memasang kata kunci, deskripsi website, dan judul pada setiap halaman website anda.

Pengoptimalan website di luar berarti kita menanamkan link url website kita misal www.caramembuatwebsitepemula.com. ke berbagai website direktori dan website bookmarking atau jejaring sosial yang ada di dunia.

Website direktori (seperti google, yahoo)  dan website bookmarking atau jejaring sosial (seperti  mister-wong, facebook, dll), biasanya mempunyai peringkat yang sangat tinggi dalam hal jumlah pengunjung.

Makanya kita hanya mendompleng ‘nama besar’ mereka dan menanamkan link website kita di sana. Harapannya tentu supaya makin banyak orang yang tahu nama website kita. Jika sudah banyak orang tahu, maka pengunjung otomatis akan bertambah ke website kita.

Pengoptimalan website di luar juga efektif dilakukan jika kita punya blog di blogger.com atau wordpress.com . Blog tersebut kita link kan ke alamat url website kita. Biasanya blog sangat cepat dan mudah diindeks oleh robot google. Makanya jika website kita nge-link ke blog, otomatis nama website kita juga ikut dikenal.

Apalagi jika kita berkunjung dan berkomunikasi ke berbagai blog orang lain. Ketika kita memberi komentar di blog orang lain, maka tinggalkanlah link website kita di sana. Lambat laun link website kita akan tertanam di mana-mana. Secara pelan tapi pasti, nama website anda akan dikenal banyak orang dan pengunjung anda juga akan semakin meningkat.

B. Promosi Berbayar.

Jika anda punya sedikit dana promosi, maka promosi berbayar akan lebih cepat mendatangkan pengunjung. Promosi berbayar artinya kita pasang iklan di berbagai website iklan atau perusahaan perikanan.

Promosi berbayar ada 2 macam : Promosi secara Offline dan Promosi secara Online.

Agar website kita bisa cepat menghasilkan, maka promosi berbayar merupakan langkah cepat untuk mendatangkan ramai pengunjung. Jika pengunjung website anda ramai, maka peluang penghasilan anda akan meningkat. Baik dari Produk sendiri, program PPS, Program PPC, program PPL, atau program lainnya.

Biaya Minimal yang Diperlukan untuk Berbisnis Online

Yang namanya bisnis pasti perlu modal. Begitu juga dengan bisnis online. Namun anda yang bermodal cekak gak perlu khawatir. Modal yang dibutuhkan untuk bisnis online sangat-sangat jauh lebih kecil dibanding modal bisnis offline.

Modal utama yang diperlukan adalah website, domain, dan hosting. Website bisa anda buat sendiri jika anda punya keahlian tentang itu. Jika tidak punya keahlian, anda perlu panduan bagaimana cara membuat website bagi pemula.

A. Membeli buku panduan website paling harganya gak jauh dari Rp. 100.000,- an. Dan kebanyakan panduan website tersebut bisa anda jual ulang (affiliate/reseller) sehingga anda berpeluang dapat komisi 50%.

B. Nama domain perlu disewa karena setiap website tidak boleh sama namanya di dunia ini. Sewa nama domain paling harganya juga berkisar Rp. 100.000,- an per tahun.

C. Sewa Hosting harganya bervariasi. Tergantung kapasitas file website anda dan seberapa banyak pengunjung anda kelak. Gambarannya, Kalo pengunjung toko offline kita banyak dan barang yg dijual semakin banyak, maka anda butuh ruang yg lebih luas agar bisa melayani pelanggan lebih maksimal.

Begitu juga website anda. Jika file anda banyak dan pengunjung ramai, maka anda butuh sewa space hosting yg memadai untuk melayani pengunjung. Untuk pemula, anda bisa coba sewa hosting yang harganya berkisar Rp. 200.000,- an per tahun.

Namun jika dana anda cukup, lebih baik beli space hosting yang besar sekaligus untuk mengantisipasi pengunjung yang  ramai. Harganya sekitar Rp. 400.000,- per tahun.

Jika target pasar anda orang Indonesia, maka  sewalah hosting yg pusat servernya di Indonesia. Jika target pasar anda Internasional, maka sewalah hosting yg pusat servernya di Amerika.

Kalo ditotal, Biaya awal minimal yg anda butuhkan agar bisa berbisnis online adalah sekitar Rp. 300.000,-.  +  Panduan Website. Murah sekali bukan?

Karena modal tersebut anda butuhkan hanya setahun sekali…!

Coba anda hitung, Jika setahun anda butuh modal hanya Rp. 300.000,- (setelah dikurangi panduan website), maka per bulan anda hanya perlu mengumpulkan modal Rp. 25.000,-

Jika nanti website anda sudah jadi, maka anda tinggal pilih mau promosi gratis atau berbayar. Jadi modal yang anda investasikan per bulan sangat-sangatlah kecil termasuk dengan adanya promosi sekalipun.

Sedangkan peluang penghasilan anda dari bisnis online sangatlah tidak terbatas….! Ya, Berapa bayangan penghasilan yang anda harapkan dari bisnis online?? 1 juta, 5 juta, 10 juta, atau lebih??? Tinggal anda rencanakan saja dari sekarang.

Tidakkah anda tahu ada banyak orang Indonesia yang kaya dan sukses usahanya karena kekuatan bisnis online?

Gimana, apakah pikiran anda sudah mulai terbuka sekarang??? Ayyoo…  Saatnya Beraksi Mulai Bisnis Online

Bagi yang sudah memahami ilmu seo bisa mengikuti kontes seo Staedtler Pensil Terbaik Untuk Anak dan juga ada kontes seo dengan kata kunci Tips Memilih Jasa Logistics Terpercaya Di Indonesia yang terakhir ada kontes seo dengan kata kunci Cara Mengatasi Anak Susah Makan dengan Laperma Platinum

Demikianlah artikel yang sangat sederhana ini mengenai Tahapan Umum Membangun Bisnis Online. Terima Kasih sudah membaca artike ini dan semoga bermanfaat bagi anda. Silahkan tinggalkan jejakmu di komentar blognya.

Pencarian dari Google:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *