Jawaban FAQ Aturan Mobile Friendly dari Google

Semakin Ramai Orang Membicarakan Aturan SEO Mobile Friendly

Setelah peluncuran Aturan Google Terbaru Situs Mobile Friendly dari Google pada tanggal 21 April 2015 lalu, semakin ramai saja orang membicarakan efeknya terhadap SEO situs mereka di halaman pencarian Google. Dalam suatu forum diskusi internet marketing, Saya membaca diskusi member forum tersebut yang menanyakan dampak peluncuran aturan SEO Mobile friendly terhadap situs mereka. Ada yg menjawab situsnya belum terpengaruh sama sekali terhadap aturan algoritma “mobilegeddon” tersebut, ada juga yang menyatakan situsnya turun peringkat di google sehingga pengunjung per hari menurun.

Sepertinya masih banyak di antara kita yg belum tahu apa saja pengaruh yang bakal terjadi terhadap situs masing-masing dengan peluncuran SEO mobile friendly dari mobilegeddon tersebut. Saya juga mencari-cari tahu, karena memang biasanya setiap ada perubahan algoritma pencarian google selalu ada poin inti yang berpengaruh terhadap situs kita. Hasil pencarian Saya menemukan jawaban resmi dari Tim Google perihal hal-hal yang sering ditanyakan orang (FAQ = Frequently Asked Questions) terkait dampak dari SEO mobile friendly tersebut.

Berikut Poin Penting FAQ Mobile Friendly dari Tim Google :

1. Update Algoritma mobilegeddon hanya berpengaruh pada ranking pencarian di peralatan mobile (mobile device), tidak berefek pada pencarian dari tablets atau komputer desktops.

“No, this update has no effect on searches from tablets or desktops. It affects searches from mobile devices across all languages and locations”

2. Update ini berefek pada ranking pencarian seluruh bahasa di dunia secara global

3. Update ini berlaku per halaman (individual pages), bukan langsung pada keseluruhan halaman website (entire websites)

4. Meskipun aturan mobile friendly itu penting, Google masih memberlakukan banyak sinyal lain untuk menentukan hasil pencarian, terutama search query yang masih menjadi sinyal yang sangat kuat (Google menerapkan sekitar 300 indikator/sinyal untuk menentukan hasil pencarian, selain mobile friendly dan search queries). Jadi, jika suatu halaman yang kontennya berkualitas namun tidak mobile friendly, rankingnya masih bisa tinggi di google asalkan memiliki konten yang bagus untuk query-nya.

Coba perhatikan pernyataan penting berikut dari Tim Google :

“While the mobile-friendly change is important, we still use a variety of signals to rank search results. The intent of the search query is still a very strong signal – So even if a page with high quality content is not mobile-friendly, it could still rank high if it has great content for the query”

 

Apakah itu Search Query?
Jika Sobat sering memperhatikan laporan di Alat GWT-nya (Google Webmasters Tools), tentu akan terbiasa membaca laporan search queries pada menu Traffic Penelusuran. Secara sederhana, search queries adalah kata kunci pencarian yang diketikkan orang di google dan memancing situs kita muncul di halaman pencarian google. Kemunculan situs kita disebut impresi (penayangan), namun posisi peringkat di google belum tentu di halaman satu. Kadang situs kita muncul di halaman 2, halaman 3, bahkan bisa di halaman 10 ke atas, dan seterusnya. Salah satu yang menentukan situs kita bisa di halaman satu google adalah konten yang berkualitas untuk suatu kata kunci (query). Itulah kira-kira penjelasan pernyataan Tim Google di atas…!

Lihat Gambar Laporan Search Queries Blog Cara Membuat Website Pemula berikut :

Jawaban FAQ Aturan Mobile Friendly dari Google

Jawaban FAQ Aturan Mobile Friendly dari Google

5. Meskipun Update mobile friendly ini diberlakukan tanggal 21 April 2015, efeknya tidak akan langsung terasa pada tanggal 22 April 2015. Efek yang akan dirasakan adalah setelah sekitar 1 minggu dari tanggal 21 April tersebut.

“You won’t be able to definitively determine whether your site’s rankings are impacted by the mobile-friendly update by April 22nd. While we begin rolling out the mobile-friendly update on April 21st, it’ll be a week or so before it makes its way to all pages in the index”

Untuk Penjelasan Lengkap 13 Jawaban FAQ dari Tim Google Perihal Aturan Mobile Friendly dan Efeknya, bisa Sobat cek di halaman resminya googlewebmastercentral.blogspot.com

Semoga saja tidak berdampak buat website saya, dan berharap berbagai postingan kontes seo terbaru maret 2016 tetap berada di page one.. aamiin…  insya Allooh… :)

Nah, bagi sobat yang sudah bisa membuat website bisa mengikuti kontes seo dengan kata kunci:

Semoga penjelasan di atas bisa menjadi pedoman bagi Sobat yang kebingungan apa sebenarnya dampak aturan SEO mobile friendly terhadap situsnya masing-masing….!

Nah itu dia yang bisa saya share hari ini, semoga bermanpaat bagi anda silahkan tinggalkan jejakmu di kolom komentarnya. Demikianlah mengenai tentang Jawaban FAQ Aturan Mobile Friendly dari Google.

Pencarian dari Google:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *