Info Bimtek Pusdiklat Pemendagri Untuk Anda Semuanya

By | January 30, 2019

Info Bimtek Pusdiklat Pemendagri Untuk Anda Semuanya – Bismillahirrahmanirrahim, Assalamu’alaikum sobat caramembuatwebsitepemula.com semuanya, hari ini admin mau berbagi informasi seputar “Info Bimtek” yang datangnya dari “Pusdiklat Pemendagri”. Apakah sobater’s sudah mengetahui akan informasi pusdiklatpemendagri ini? admin percaya deh sama sobater’s semuanya pasti sudah pada mengetahuinya kan? wah bagus dong kalau begitu. Tapi, bagaimana ini dengan sahabat-sahabat yang belum mengetahuinya? ini nih, maksud dan tujuan dibuatnya postingan kali ini supaya bagi kawan-kawan yang belum mengetahui keberadaan pusdiklatpemendagri ini, menjadi mengetahui lebih dalam serta memahami fungsi dan manfaatnya buat kita semuanya. Terutama sekali nih but para sahabat yang menjadi seorang aparatur negara. Gimana nih, apakah sobater’s semuanya kepengen lebih mengetahuinya? jika iya jawabannya, maka sobat-sobat datang ke tempat yang tepat sekali. So… baca terus sampai ke bawah ya ulasan pusdiklatpemendagri ini, yo… cekidot…

Info Bimtek Pusdiklat Pemendagri

Info Bimtek Pusdiklat Pemendagri

Sebelum kita membahas lebih jauh lagi, ada baiknya kita mengetahui terlebih dahulu akan pengertian Bimtek ini. Apakah sobat-sobat semuanya sudah mengetahui yang dimaksud dengan Bimtek ini? atau contoh-contohnya? jika belum mengetahuinya, mari kita bahas bersama-sama disini. Mudah-mudahan bagi sobater’s semuanya yang membaca tulisan ini bisa memberikan sedikit pencerahannya, insya Allah… aamiin…

Apa Itu BIMTEK?

Bimtek kepanjangan dari Bimbingan Teknis dimana tujuan utamanya adalah untuk memberikan peningkatan kualitas SDM dan juga meningkatkan ilmu serta keahlian seseorang, terutama sekali untuk para aparatur negara di suatu dinas kepemerintahan setempat. Sehingga nantinya akan menghasilkan atau melahirkan orang-orang aparatur negara yang lebih baik lagi dari yang baik. Jadi, inti dari Bimtek ini adalah untuk meningkatkan kompetensi para peserta dan kualitas SDM nya.

Sebuah bimbingan, tentu saja ada pesertanya. Nah, peserta yang mengikuti Bimtek inilah yang akan diberi beragam macam pelatihan dan materi untuk dipelajari sesuai dengan bidang Bimtek yang di ikutinya. Lalu dimanakan Bimtek biasanya diadakan? dan berapa lama diadakannya? untuk menjawab ini tentu mudah sekali, sebuah Bimtek itu selalu diadakan disebuah gedung, baik yang didalam ataupun yang diluar gedung. Semua itu sih tergantung dari kebutuhan serta situasi yang mendukung. Tapi ada juga loh Bimtek ini yang diadakan semacam Diklat.

Sementara untuk waktunya ini, tentu saja ada yang satu hari, tiga hari, satu minggu, bahkan ada juga yang satu bulan. Kesemuanya itu tergantung dari banyaknya materi yang akan di sampaikan oleh sebuah jasa penyelenggara Bimtek yang di ikutinya. Nah, lalu yang jadi masalah sekarang adalah: dimana tempat Bimtek terbaik ini? ini nih yang perlu sobat-sobat semuanya ketahui, bahwa satu-satunya tempat Bimtek Terbaik di Indonesia yang harus Anda gunakan hanya di Info Bimtek Pusdiklat Pemendagri Untuk Anda Semuanya pusdiklatpemendagri.com.

Apa Itu Info Bimtek pusdiklatpemendagri ?

Apa Itu Info Bimtek Pusdiklat Pemendagri

Apa Itu Info Bimtek Pusdiklat Pemendagri

Bimtek Pusdiklat Pemendagri adalah sebuah Pusat Pendidikan dan Pelatihan Pemerintahan Dalam Negeri. Dimana pusdiklatpemendagri ini memiliki sebuah tujuan supaya bisa membantu program pemerintah khususnya untuk meningkatkan produktifitas SDM nya. Selain itu juga pusdiklatpemendagri,  selalu mensosialisasikan dan juga mensinkronisasikan antara sebuah kebijakan pemerintahan dengan dunia industri.

Jadi, diantara dunia industri dengan sebuah kebijakan pemerintah ini ada keterikatan yang kuat bersama-sama didalam sebuah bentuk BIMTEK. Dengan adanya BIMTEK inilah pelaku industri juga bisa memberikan kontribusi dan juga masukan kepada pemerintah. Dengan demikian, jelaslah sudah diantara keduanya saling memberikan keuntungan yang sama. Muantab kan kalau sudah begini? yups… keren bingit dah BIMTEK ini.

Ayo..! mulai dari sekarang buat pegawai khususnya, untuk memanfaatkan BIMTEK supaya peningkatan kompetensi yang dilakukan melalui program pendidikan dan pelatihan ini bisa meningkat lagi baik itu produktivitas, efektivitas dan efesiensi organisasi.

Cari Info Bimtek? di Pusdiklat Pemendagri Aja!

Seperti yang sudah kita ketahui bersama bahwa Pelatihan  adalah  proses  terencana  untuk
mengubah sikap/prilaku, pengetahuan dan keterampilan melalui pengalaman belajar untuk
mencapai kinerja yang efectif dalam sebuah kegiatan atau sejumlah kegiatan. Salah satu bentuk peningkatan kompetensi pegawai dilakukan melalui program pendidikan dan pelatihan.

Undang-undang Nomor 5 tahun 2014 tentang Aparatur Sipil Negara mengatur tentang pengembangan kompetensi pegarai melalui pendidikan dan pelatihan. Pada pasal 70 disebutkan bahwa setiap pegawai Aparatur Sipil Negara (ASN) memiliki hak dan kesempatan untuk mengembangkan kompetensi.

Pengembangan kompetensi tersebut melalui pendidikan dan pelatihan, pada masa orientasi atau calon pegawai negeri sipil proses pendidikan dan pelatihan terintegrasi untuk  membangun integritas moral danmkejujuran, semangat danmmotivasi nasionalisme danmkebangsaan, karakter keperibadian yang unggul dan bertanggung jawab dan memperkuat profesionalisme serta kompetensi bidang.

Apabila Anda saat ini sedang mencari sebuah informasi pelatihan Bimtek dan ingin mengikutinya, maka admin sangat menyarankan supaya di Info Bimtek Pusdiklat Pemendagri Aja!

Kenapa harus disana cari informasinya? karena disana sudah disajikan informasi yang lengkap mengenai masalah Bimtek ini. Yang jelas Anda akan mendapatkan beragam macam Materi Bimtek dan Diklat meliputi:

  1. Pelatihan DPRD
  2. Pelatihan Desa/Lurah/Camat
  3. Pelatihan Keuangan
  4. Pelatihan Kepegawaian
  5. Pelatihan Barang dan Aset
  6. Pelatihan Pemerintahan Daerah
  7. Pelatihan Barang/Jasa Pemerintah
  8. Pelatihan Kearsipan
  9. Pelatihan Kesehatan & Rumah Sakit
  10. Pelatihan Perpajakan
  11. Pelatihan Penanaman Modal
  12. Pelatihan UKM / UMKM

#1. Pelatihan DPRD

Siapa yang belum mengenal DPRD? ya singkatan dari Dewan Perwakilan Rakyat Daerah ini merupakan sebuah lembaga atau institusi perwakilan untuk rakyat di daerah yang berkedudukan sebagai suatu unsur penyelenggaraan didalam pemerintahan daerah, yang bersampingan dengan Pemerintah Daerah.  Beberapa fungsi legislasi, anggaran, dan pengawasan telah dimiliki oleh DPRD. Sehubungan dengan fungsinya itu, maka wewenang baik secara institusional ataupun individual, hak dan kewajiban, serta tugasnya, sudah dipunyai oleh DPRD. Dan masih banyak lagi wewenng yang dimiliki oleh DPRD. Yang jelas dari Pelatihan DPRD ini Anda akan mendapatkan beragam macam materi dibawah ini:

Materi-Materi Pelatihan DPRD
  • Bimtek Pedoman Nomenklatur Sekretariat DPRD
  • Diklat / Bimtek Kebijakan umum anggaran dan Prioritas Plafon Anggaran
  • Diklat / Bimtek Optimalisasi Fungsi dan Wewenang DPRD dalam Proses Penyusunan dan Penetapan APBD
  • Diklat / Bimtek Optimalisasi Peran DPRD Dalam Penganggaran dan Pengawasan Serta Pembuatan Peraturan Daerah Kabupaten/Kota
  • Diklat / Bimtek Optimalisasi peran DPRD dalam perencanaan dan evaluasi kinerja pembangunan daerah
  • Diklat / Bimtek Optimalisasi reses & pokok pikiran DPRD hasil Jasmara
  • Diklat / Bimtek Optimalisasi Tugas dan Tanggung Jawab Alat Kelengkapan DPRD
  • Diklat / Bimtek Orientasi Pengelolaan Dana Hibah Dan Dana Bantuan Sosial Bagi Anggota DPRD Provinsi, Kota/Kabupaten
  • Diklat / Bimtek Orientasi Pengelolaan Dana Reses Bagi Anggota DPRD Provinsi, Kota/Kabupaten
  • Diklat / Bimtek Pedoman Pelaksanaan Fungsi DPRD
  • Diklat / Bimtek Pelayanan Prima Sekretariat DPRD Terhadap Pimpinan dan Anggota DPRD
  • Diklat / Bimtek Penguatan Hard dan Soft Skills bagi Anggota DPRD Purnabakti
  • Diklat / Bimtek Peningkatan kapasitas, peran dan fungsi anggota DPRD
  • Diklat / Bimtek Peran Bamus, Balegda, dan Badan Kehormatan dalam Meningkatkan Kinerja DPRD
  • Diklat / Bimtek Tata Cara Penyusunan dan Pengelolaan serta Proses Akuntansi Keuangan DPRD dan Sekretariat DPRD

#2. Pelatihan Desa/Lurah/Camat

Berdasarkan Peraturan Pemerintah No. 72 Tahun 2005 tentang Desa. Yang berwenang untuk mengatur dan mengurus kepentingan masyarakat setempat serta kesatuan masyarakat hukum yang memiliki batas-batas wilayah ini dinamakan DESA. Juga dijelaskan bahwa berdasarkan asal-usul dan adat istiadat setempat yang diakui dan dihormati dalam sistem Pemerintahan Negara Kesatuan Republik Indonesia ada dalam peraturan pemerintah tersebut.

Sementara itu Kecamatan merupakan bagian dari perangkat daerah kabupaten/kota. Jadi DESA ini bukanlah bawahan dari kecamatan, dan desa bukan merupakan bagian dari perangkat daerah. Karena desa berbeda dengan kelurahan, dimana Desa memiliki kebebasan mengatur wilayahnya lebih luas. Pelatihan / Bimtek / Diklat sangat penting diintensifkan untuk memastikan aparatur desa paham betul soal pengelolaan desanya. Untuk materi Pelatihan Desa/Lurah/Camat selengkapnya bisa dilihat dibawah:

Materi-Materi Pelatihan Desa/Lurah/Camat
  • Bimtek / Diklat Pembentukan Kader dan Tokoh Masyarakat dalam Pengembangan Desa siaga
  • Bimtek / Diklat Peningkatan Dan Pengembangan Usaha Ekonomi Produktif Masyarakat Desa
  • Implementasi Perubahan Sistem Pengelolaan Keuangan Desa (Siskeudes) Berdasarkan Permendagri Nomor 20 Tahun 2018 serta Strategi Pengelolaan dan Pertanggungjawaban Dana Desa terkait Pemeriksaan BPK
  • Bimtek / Diklat Peningkatan Kinerja Serta Tugas Camat/Lurah/Kepala Desa & Sekretaris Desa
  • Bimtek Permendagri Nomor 20 Tahun 2018 tentang Perubahan Pengelolaan Keuangan Desa
  • Diklat / Bimtek Penatausahaan Dan Pertanggungjawaban Keuangan Desa
  • Diklat / Bimtek Kepemimpinan Kepala Desa
  • Diklat / Bimtek Manajemen Aset Desa
  • Diklat / Bimtek Manajemen Keuangan Desa Sesuai UU No. 06 Tahun 2014
  • Diklat / Bimtek Pembuatan RPJMdesa dan RKPDesa
  • Diklat / Bimtek Pendampingan dan Pemberdayaan Masyarakat Desa
  • Diklat / Bimtek Pengadaan Barang/Jasa di Desa Dengan Swakelola
  • Diklat / Bimtek Pengelolaan Badan Usaha Milik Desa (BUMDesa)
  • Diklat / Bimtek Pengelolaan Keuangan Desa Berbasis SISKEUDES
  • Diklat / Bimtek Pengelolaan Keuangan Desa, dari Perencanaan sampai Pelaporan
  • Diklat / Bimtek Perencanaan Pembangunan Desa (menyusun RPJMDes dan APBDes)
  • Diklat / Bimtek Pengelolaan dan Pengembangan BUMDES (Badan Usaha Milik Desa)
  • Diklat / Bimtek Strategi Fasilitator Pemberdayaan Masyarakat Desa

#3. Pelatihan Keuangan 

Suatu pelatihan atau kegiatan pengembangan pengetahuan dan kemampuan yang materinya semua berkaitan dengan keuangan dinamakan Diklat Keuangan. Jadi, suatu kegiatan untuk setiap individu ataupun institusi tertentu baik itu lembaga swasta ataupun lembaga pemerintahan, bisa mengambil manfaat yang banyak dengan berorientasi pada kinerja. Apabila semakin tingginya kompetensi yang di butuhkan, maka tentu saja yang namanya Bimtek ataupun pelatihan pengembangan SDM di bidang keuangan ini akan menjadi sebuah kebutuhan, baik secara lembaga pemerintahan, individu, maupun instansi. Yang jelas disaat Anda mengikuti pelatihan keuangan ini, maka materi-materi yang akan dipelajari meliputi:

Materi-Materi Pelatihan Keuangan
  • Bimtek Strategi Pembukuan dan Pertanggungjawaban Bendahara Pengeluaran
  • Bimtek Diklat Teknik Penyusunan Rencana Strategis Organisasi Perangkat Daerah (RENSTRA OPD) Berdasarkan Peraturan Menteri Dalam Negeri Nomor 86 Tahun 2017
  • Bimtek Teknik Analisa Penyusunan Perencanaan Dan Penganggaran RKPD, KUA, PPAS, Renja, RKA dan RAPBD Berbasis Kinerja
  • Bimtek Penerapan Transaksi Non Tunai Bagi Pemerintah Daerah
  • Bimtek Permendagri Nomor 20 Tahun 2018 tentang Perubahan Pengelolaan Keuangan Desa
  • Diklat / Bimtek Penatausahaan Dan Pertanggungjawaban Keuangan Desa
  • Bimtek Sistem Penatausahaan Pertanggungjawaban Keuangan Daerah Berdasarkan Standar Akuntansi Pemerintah
  • Diklat / Bimtek Penerapan Program Aplikasi Simda Keuangan berbasis Akrual dilingkungan Pemerintah Daerah dan satuan kerja perangkat Daerah (SKPD)
  • Diklat / Bimtek Penatausahaan Dan Pertanggungjawaban Keuangan Desa
  • Diklat / Bimtek Pedoman Tekhnis Pemberian Dana Hibah Dan Bantuan Sosial
  • Diklat / Bimtek Pedoman Penyusunan Dan Pengendalian Renja SKPD dan RKPD
  • Diklat / Bimtek Mekanisme Pengelolaan Hibah (PMK Nomor 191/PMK.05/2011)
  • Diklat / Bimtek Manajemen Pengelolaan Keuangan Pajak Dan Retribusi Daerah serta Kedudukan Pajak Bea Perolehan Hak Atas Tanah Dan Bangunan (BPHTB)
  • Diklat / Bimtek Evaluasi Laporan Akuntabilitas Kinerja Instansi Pemerintah (LAKIP)
  • Diklat / Bimtek Peningkatan Kapasitas Kinerja Aparatur Pemerintah Dalam Penatausahaan, Pertanggungjawaban Keuangan Daerah serta Strategis Menghadapi Audit dalam Penyusunan dan Pertanggungjawaban Pengelolaan Keuangan
  • Diklat / Bimtek Akuntansi Pelaporan Dan Pertanggungjawaban Pelaksanaan APBD
  • Diklat / Bimtek Administrasi Keuangan Dan Perencanaan Bagi Pengguna Anggaran (PA),PPTK, PPK Dan Bendahara
  • Diklat / Bimtek Pelaksanaan Reviu Atas Laporan Keuangan Pemerintah Daerah Berbasis Akrual
  • Diklat / Bimtek Tata Cara Menghitung Biaya Iuran, Klaim Dan Pemberian Jaminan Kecelakaan Kerja dan Jaminan Kematian Bagi Pegawai Aparatur Sipil Negara Berdasarkan PP No.70 Tahun 2015 sebagaimana telah diubah dengan PP No 66 Tahun 2017
  • Diklat / Bimtek Standarisasi Pemeriksaan Keuangan Negara (SPKN)
  • Diklat / Bimtek tentang Dana Alokasi Umum Daerah Provinsi/Kabupaten/Kota dan Mekanisme Pengalokasian Pengalokasian Anggaran Transfer ke Daerah
  • Diklat / Bimtek Sistem Penyusunan Anggaran Berbasis Kinerja
  • Diklat / Bimtek Sistem Penatausahaan Pertanggungjawaban Keuangan Daerah & Strategi Mengahadapi Audit dalam Penyusunan Pertanggungjawaban Pengelolaan Keuangan berdasarkan Standar Akutansi Pemerintah
  • Diklat / Bimtek Verifikasi Dan Rekonsiliasi Laporan Pertanggungjawaban Bendahara
  • Diklat / Bimtek Tata Cara Perencanaan, Pelaksanaan, Dan Pertanggungjawaban Perjalanan Dinas
  • Diklat / Bimtek Tata Cara Penyusunan RKA dan DPA Instansi Pemerintah
  • Diklat / Bimtek Tata Cara Penatausahaan dan Penyusunan Laporan Pertanggungjawaban Bendahara serta Penyampaiannya
  • Bimtekkeuangan.info – Penyelenggara Bimtek dan Diklat Terbaik
  • Diklat / Bimtek Tata Cara Pegadaan Pinjaman Luar Negeri & Penerimaan Hibah (PP No.10 THN 2011)
  • Diklat / Bimtek Pengelolaan dan Pertanggungjawaban Keuangan Desa yang dilengkapi dengan pengadaan Barang dan Jasa di Desa dan audit Pemeriksaan BPK terhadap Pengelolaan Keuangan Desa
  • Diklat / Bimtek Perencanaan, Pengelolaan Dan Pertanggungjawaban Bendahara Instansi Pemerintah Daerah
  • Diklat / Bimtek Penyusunan Neraca Awal Dan Akhir Pemerintah Daerah
  • Diklat / Bimtek Penyusunan Laporan Keuangan Instansi Pemerintah
  • Diklat / Bimtek Strategi Penyusunan dan Penyajian Laporan Keuangan Daerah Berbasis Akrual
  • Diklat / Bimtek Pengelolaan Keuangan Daerah Dan Proses Akuntansi Bagi Pejabat Penatausahaan Keuangan (PPK) Dan Bendaharawan SKPD
  • Diklat / Bimtek Pengelolaan Keuangan Badan Layanan Umum (BLU)
  • Diklat / Bimtek Sosialisasi dan Implementasi Permendagri Nomor 38 Tahun 2018 Tentang Pedoman Penyusunan APBD Tahun 2019

#4. Pelatihan Kepegawaian

Segala bentuk pelatihan dan juga pembahasan seputaran kepegawaian dinamakan Bimtek Kepegawaian. Pembinaan pegawai, hak, kewajiban, dan kedudukan pada umumnya berkaitan erat dengan kepegawaian. Sementara aktivitas yang ber kaitan dengan masalah penggunaan tenaga kerja atau pegawai untuk mencapai suatu tujuan atau secara umum diartikan seluruh kegiatan Administrasi kepegawaian. Jadi, sangat penting sekali adanya Pelatihan Kepegawaian atau Bimtek Kepegawaian untuk meningkatkan mutu tenaga kerja pegawai itu sendiri serta dengan harapan bisa membantu pengembangan instansi pemerintahan juga perusahaan. Untuk materi-materi dalam Pelatihan Kepegawaian ini bisa Anda lihat dibawah:

Materi-Materi Pelatihan Kepegawaian
  • Bimtek / Diklat Sistem Penilaian Kinerja, SKP, SOP dan Pengembangan Kompetensi ASN
  • Bimtek / Diklat Audit Kinerja Tenaga Pemeriksa Dan Aparatur Pengawasan
  • Bimtek / Diklat Strategi Sikap Menghadapi Masa Pra dan Pasca Pensiun dengan Meningkatan Wawasan Keterampilan Bagi ASN (Aparatur Sipil Negara)
  • Pelatihan / Bimtek / Diklat Penilaian Prestasi Kerja PNS Dan Penyusunan Sasaran Kerja Pegawai (SKP)
  • Pelatihan / Bimtek Standar Pelayanan Penggajian dan Tunjangan Kinerja Bagi Pegawai Negeri Sipil (PNS)
  • Bimtek / Diklat Impementasi Manajemen Pegawai Negeri Sipil (PNS) Berdasarkan PP No. 11 Tahun 2017 dan Aparatur Sipil Negara (ASN) Sesuai Dengan UU RI No. 5 Tahun 2014
  • Bimtek / Diklat Penyusunan Analisis Beban Kerja (ABK)
  • Bimtek / Diklat Standar Kompetensi Jabatan Pegawai Negeri Sipil (PNS)
  • Bimtek / Diklat Sistem Mutasi Kepegawaian
  • Pelatihan / Bimtek Analisis Jabatan (ANJAB) Bagi Pegawai Negeri Sipil

#5. Pelatihan Barang dan Aset

Yang dimaksud barang disini adalah Barang Milik Negara atau disingkat BMN dan juga Barang Milik Daerah yang disingkat BMD. Semua segala bentuk yang berkenaan dengan barang baik itu diperoleh dan dibeli menggunakan APBN (Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara) atau berasal dari perolehan lainnya yang sah, merupakan maksud dari barang yang kita bicarakan ini. Sementara itu yang dimaksud Aset disini juga tentu dong Aset Daerah yang merupakan kekayaan daerah dengan meliputi Aset tidak bergerak dan Aset bergerak. Jadi, suatu kegiatan untuk meningkatkan pemahaman aparatur pemerintah yang berkaitan dengan Aset Daerah atau Barang Milik Daerah ini sangatlah dibutuhkan sekali adanya Bimtek/Pelatihan Barang dan Aset. Adapaun materi-materi yang akan Anda dapatkan disaat mengikuti pelatihannya adalah:

Materi-Materi Pelatihan Barang dan Aset
  • Pengelolaan Aset / Barang Milik Daerah Sesuai Permendagri Nomor 19 Tahun 2016
  • Penatausahaan Barang Milik Daerah
  • Pemanfaatan dan Pengelolaan Barang Milik Daerah
  • Manajemen Aset Daerah dan Inventarisasi Aset
  • Bimtek dan Diklat tentang Tata Cara Pengelolaan Aset / Barang Milik Daerah / Negara (BMD/N) sesuai Permendagri No. 19 Tahun 2016
  • Sistem Informasi Manajemen Barang Dan Aset Daerah (SIMBADA)
  • Sistem dan Tata Cara Penghapusan Aset
  • Tata Cara dan Teknik Penilaian Aset Daerah
  • Penghapusan dan Pemindahtanganan Barang Milik Daerah
  • Pemeriksaan Aset Tetap
  • Sistem Pengelolaan Barang Milik Daerah / Negara
  • Pelatihan dan Bimtek Petunjuk Teknis Tata Cara Penggunaan, Pemanfaatan, Penghapusan, Pemindahtanganan, Penilaian, Dan Penatausahaan Barang Milik Negara/Daerah

#6. Pelatihan Pemerintahan Daerah

Sebagaimana yang dimaksud di dalam UUD 1945, suatu penyelenggaraan urusan pemerintahan untuk DPRD (Dewan Perwakilan Rakyat Daerah) dan juga Pemda (Pemerintah Daerah) menurut asas otonomi serta tugas pembantuan dengan menggunakan prinsip otonomi yang seluas-luasnya pada system dan juga prinsip NKRI (Negara Kesatuan Republik Indonesia) adalah pengertian dari Pemerintah Daerah. Seperti yang sudah kita ketahui bersama jika Pemerintah Daerah di wilayah NKRI terdiri dari Pemerintah Daerah Kota, Kabupaten dan Provinsi yang terdiri atas kepala daerah dan DPRD dibantu oleh Aparatur Daerah. Maka dari itulah, suatu kegiatan pendidikan dan pelatihan yang berhubungan dengan Pemda dan DPRD sangatlah penting sekali. Dimana saat Anda mengikuti Pelatihan Pemerintah Daerah ini akan mempelajari beragam materi seperti:

Materi-Materi Pelatihan Pemerintahan Daerah
  • Bimtek Rencana Tata Ruang Wilayah Nasional sesuai Peraturan Pemerintah Nomor 13 Tahun 2017
  • Sosialisasi Pemilu Serentak 2019 Berdasarkan Undang-Undang Nomor 7 Tahun 2017 Dengan Tema “MENUJU PEMILU 2019 YANG DEMOKRATIS DAN BERMARTABAT”
  • Pelatihan/Bimtek Penyusunan Laporan Penyelenggaraan Pemerintahan Daerah (LPPD)
  • Pelatihan/Diklat/Bimtek Peningkatan Tupoksi Staf Ahli Dalam Mendukung Kinerja Pemerintahan Daerah
  • Pelatihan/Diklat/Bimtek Peningkatan Kinerja Serta Tugas Camat/Lurah/Kepala Desa & Sekretaris Desa
  • Diklat / Bimtek Penatausahaan Dan Pertanggungjawaban Keuangan Desa
  • Pelatihan/Diklat/Bimtek Pedoman Tata Cara Pengadaan Barang/Jasa di desa
  • Diklat / Bimtek Harmonisasi Antar Bidang Urusan Pemerintahan Kabupaten/Kota Dengan Pemerintah Daerah Provinsi
  • Diklat / Bimtek Gerakan Pembangunan Desa Semesta (Gerakan Desa) Berbasis Kawasan Untuk Pembangunan Manusia Dan Kebudayaan
  • Diklat / Bimtek Dana Desa Yang Bersumber dari APBN serta Pengelolaan Transfer ke Daerah dan Dana Desa
  • Diklat / Bimtek Arah Kebijakan Nasional Pembangunan Desa Dan Kawasan Perdesaan Dalam RPJMN 2015-2019
  • Diklat / Bimtek Rencana Strategis (Rentra) pada Pelaksanaan Alokasi Dana Desa (ADD)
  • Diklat / Bimtek Perencanaan Dan Evaluasi Kinerja Aparatur Pemerintahan Daerah
  • Diklat / Bimtek Percepatan Persiapan Pelaksanaan Undang-Undang (UU) Desa
  • Diklat / Bimtek Peningkatan Pemahaman Aparatur Pemerintahan Desa Dalam Implementasi Undang-undang No. 6 Tahun 2014 Tentang Desa
  • Pelatihan/Diklat/Bimtek Penyusunan Program Kegiatan Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD)
  • Diklat / Bimtek Sosialisasi dan Penjelasan Tata Cara Pemilihan Kepala Daerah

#7. Pelatihan Barang/Jasa Pemerintah

Suatu proses Pengadaan baik benda itu bergerak maupun benda itu tidak bergerak, berwujud ataupun tidak berwujud, baik benda itu dapat diperdagangkan, dipergunakan, dipakai maupun dimanfaatkan oleh pengguna barang dapat diartikan sebagai PBJ (Pengadaan Barang/Jasa ). PBJ ini meliputi : Pengadaan barang, Pengadaan pekerjaan konstruksi, Pengadaan jasa konsultansi dan Pengadaan jasa lainnya. PBJ ini sangat penting karena sebagai peningkatan pelayanan kepada masyarakat membangun daerah, dan juga mengembangkan perekonomian, baik yang di pusat, provinsi, kota dan kabupaten. Untuk itu buat Anda yang mengikuti Bimtek Pelatihan Barang/Jasa Pemerintah ini akan mempelajari materi sebagai berikut:

Materi-Materi Pelatihan Barang/Jasa Pemerintah
  • Strategi Manajemen Pengelolaan Pengadaan Barang/Jasa Sektor Kesehatan Oleh BLU / BLUD Berdasarkan Pepres No. 16 Tahun 2018
  • Mekanisme Pengadaan Barang dan Jasa Pemerintah Tanpa Tender
  • Jasa Konstruksi Bagi Tenaga Pemeriksa Dan Aparatur Pengawasan
  • Teknik Penyusunan SOP ULP KLDI
  • Tata Kerja Tim Dan Tata Cara Penilaian Angka Kredit Jabatan Fungsional Pengelolaan Pengadaan Barang/Jasa
  • Pedoman Tata Cara Pengadaan Barang/Jasa Di Desa
  • Teknik dan Metode Penyusunan HPS/OE Atas Pengadaan Barang/Jasa untuk BUMN dan Lembaga Pemerintah
  • Teknik Penyusunan Kontrak Dalam Pengadaan Barang/Jasa Pemerintah
  • Diklat Audit Pengadaan Barang/Jasa Pemerintah
  • Bimtek Sosialisasi Perpres No.16 Tahun 2018 Tentang Pengadaan Barang/Jasa Pemerintah
  • Tryout Dan Ujian Sertifikasi Ahli Pengadaan Barang/Jasa Pemerintah

#8. Pelatihan Kearsipan

Sumber informasi yang memiliki sebuah nilai kegunaan secara teratur dan terencana atau proses pengelolaan suatu catatan rekaman kegiatan adalah maksud dari Kearsipan ini. Selain itu juga, Kearsipan ini bisa diartikan sebagai penyimpanan bahan-bahan atau warkat secara sistematis dan suatu proses pengaturannya. Sehingga bahan-bahan tersebut nantinya mudah dicari dengan cepat. Suatu bentuk kegiatan pendidikan dan pelatihan yang bergerak di bidang arsip dan tata naskah ini sangatlah penting juga demi kelancaran jalannya organisasi. Jadi disaat Anda nanti mengikuti Bimtek Pelatihan Kearsipan ini, maka materi yang akan Anda dapatkan antara lain:

Materi-Materi Pelatihan Kearsipan
  • Manajemen Kehumasan di Instansi Pemerintah
  • E-Document untuk menunjang kinerja Institusi Pemerintahan
  • Bimtek/Diklat Manajemen Keprotokolan dan Master Of Ceremony (MC) sebagai wujud Peningkatan Wawasan, Keterampilan dan Pengetahuan Bagi Humas, Protokol dan Master Of Ceremony ( MC ) di Daerah
  • Pelatihan/Bimtek Manajemen Pengelolaan Arsip Daerah, Tata Naskah Dinas Dan Sistem Akuntabilitas Kerja Instansi Pemerintah (SAKIP)
  • Bimtek/Pelatihan Korespondensi dan Tata Naskah Dinas
  • Kearsipan Elektronik (E-Filling) Bagi Institusi Pemerintahan
  • Manajemen Kearsipan Dan Pengelolaan Pusat Arsip (Record Center)

#9. Pelatihan Kesehatan & Rumah Sakit

Suatu kegiatan pelatihan untuk peningkatan sumber daya manusia di bidang kesehatan adalah yang dimaksud dengan Diklat Kesehatan. Untuk terus meningkatkan kompetensi supaya dapat menjadi tenaga profesional sesuai dengan bidang masing-masing ini merupakan hal yang sangat dituntut sekali. Dimana untuk peningkatan kompetensi Tenaga Kesehatan tersebut bisa didapatkan melalui pendidikan dan pelatihan yang terus-menerus, berkaitan dengan keahlian yang dimilikinya. Jadi, Bimtek Pelatihan Kesehatan & Rumah Sakit ini sangatlah penting untuk di ikuti sehingga nantinya Anda akan mendapatkan beragam materinya seperti:

Materi-Materi Pelatihan Kesehatan & Rumah Sakit
  • Bimtek / Diklat Penerapan Puskesmas Menjadi badan Layanan Umum Daerah (BLUD) Dan Mekanisme Proses Akreditasi Puskesmas dan Rumah Sakit
  • Bimtek / Diklat Komunikasi Perubahan dan Perilaku
  • Bimtek / Diklat Pengelolaan Program-program Kesehatan Kabupaten dan Kota
  • Bimtek / Diklat Pengolahan Limbah Cair dan Limbah Rumah Sakit
  • Bimtek / Diklat Peningkatan Kinerja Organisasi melalui Pembelajaran Organisasi
  • Bimtek / Diklat Penyehatan Air serta Kursus Higiene Sanitasi makanan dan Minuman
  • Bimtek / Diklat Promosi kesehatan Dinkes Kab/kota dan Rumah sakit
  • Bimtek / Diklat Desain dan Implementasi Jaminan Kesehatan Nasional (JKN) Menuju Kepesertaan Seluruh Penduduk (UHC) 2019
  • Bimtek / Diklat Fasilitator Pemberdayaan Masyarakat dibidang Kesehatan
  • Bimtek / Diklat Kesehatan Reproduksi Remaja
  • Bimtek / Diklat Tenaga Promosi Kesehatan Dinas Kesehatan Rumah Sakit
  • Bimtek / Diklat Rekruitmen tenaga Kesehatan Untuk Rumah Sakit dan Puskesmas
  • Bimtek / Diklat Sistem Informasi Kesehatan Kabupaten/Kotamadya
  • Bimtek / Pelatihan Manajemen Rumah Sakit
  • Bimtek / Diklat Keselamatan dan kesehatan kerja K3 Rumah Sakit

#10. Pelatihan Perpajakan

Yang tidak mendapat suatu balas jasa secara langsung, iuran rakyat kepada kas negara yang dipungut berdasarkan Peraturan / Undang – Undang dinamakan Perpajakan. Dimana perpajakan ini juga merupakan sebuah jasa collective untuk mencapai kesejahteraan umum dan untuk menutup biaya produksi barang. Perpajakan berasal dari kata Pajak yang dipungut penguasa berdasarkan standar / norma hukum. Diklat perpajakan adalah suatu kegiatan pendidikan dan pelatihan yang berkaitan dengan Perpajakan / Pajak. Oleh karena pentingnya Bimtek Pelatihan Perpajakan ini, maka segeralah ikuti diklatnya. Dan tentunya Anda akan mendapatkan beragam materinya seperti:

Materi-Materi Pelatihan Perpajakan
  • Diklat / Bimtek Manajemen Pengelolaan Keuangan Pajak Dan Retribusi Daerah serta Kedudukan Pajak Bea Perolehan Hak Atas Tanah Dan Bangunan (BPHTB )
  • Bimtek / Diklat Penyuluhan Pajak Daerah
  • Bimtek / Diklat Mekanisme Pendataan dan Penilaian Pajak Bumi Bangunan Perkotaan dan Perdesaan (PBB – P2)
  • Bimtek / Diklat Jurusita Pajak Daerah
  • Bimtek / Diklat Tata Cara Pengisian Dan Pelaporan Pengisian e-SPT Bagi Instansi Pemerintah
  • Bimtek / Diklat Pengelolaan Potensi Pajak & Retribusi Daerah Untuk Meningkatkan Pendapatan Asli Daerah (PAD)
  • Bimtek / Diklat Pengelolaan Pajak PBB dan BPHTB Berdasarkan Undang – Undang Pajak Daerah Dan Retribusi Daerah (PDRD) No. 28 Tahun 2009
  • Bimtek / Diklat Kewajiban Perpajakan bagi Instansi Pemerintah BUMN dan BUMD
  • Bimtek / Diklat Kewajiban Perpajakan bagi Instansi Pemerintah serta Pedoman Pengelolaan Perpajakan Bagi Bendahara Pemerintah

#11. Pelatihan Penanaman Modal

Dengan hadirnya Undang-undang Nomor 11 Tahun 1970 tentang PMA dan UU Nomor 12 Tahun 1979 tentang PMDN, dibentuklah lembaga yang menangani masalah penanaman modal di pemerintah pusat maupun pemerintah daerah. Kegiatan Penanaman Modal atau Investasi membentuk suatu tahapan awal dalam proses pembangunan yang strategis. Karena hal ini harus mengelola sumberdaya pembangunan untuk membangun aset-aset produksi dengan bertujuan menghasilkan barang dan jasa untuk keperluan ekspor dan domestik. Bagi Anda seorang pegawai di pemerintahan, maka sangat penting untuk mengikuti Bimtek Pelatihan Penanaman Modal ini, dimana saat Anda sudah masuk Bimteknya, inilah materi yang akan dipelajarinya:

Materi-Materi Pelatihan Penanaman Modal
  • Mekanisme dan Tata Cara Penyusunan dan Penerapan Standar Operasional Prosedur Izin Mendirikan Bangunan (SOP IMB)
  • Strategi Penyusunan dan Penetapan Kebijakan Pengembangan Penanaman Modal Daerah
  • Pedoman Perencanaan, Regulasi dan Implementasi Sistem Informasi Penanaman Modal Daerah dan Pelayanan Perizinan
  • Strategi Penyusunan Dan Penetapan Kebijakan Pengembangan Penanaman Modal Daerah Kabupaten/Kota Dalam Bentuk Rencana Strategis Daerah
  • Manajemen Penanaman Modal Daerah Dan Pelayanan Perizinan Terpadu Satu Pintu
  • Optimalisasi Sistem Pelayanan Informasi dan Perizinan Investasi Secara Elektronik (SPIPISE)
  • Optimalisasi Rencana Umum Penanaman Modal (RUPM)
  • Metode Penyusunan Laporan Kegiatan Penanaman Modal
  • Manajemen Penanaman Modal Daerah dan Pelayanan Perizinan Terpadu Satu Pintu Kabupaten/Kota dalam Bentuk Rencana Strategis Daerah

#12. Pelatihan UKM / UMKM

UMKM kepanjangan dari Usaha Mikro, Kecil dan Menengah. Untuk mendefinisikan kriteria atau Pengertian Usaha Mikro, Kecil dan Menengah memiliki syarat yang dipergunakannya. Dimana Pengertian-pengertian UMKM dimaksud adalah: Usaha Kecil, Usaha Menengah, Usaha Besar, dan Usaha Mikro. Dalam hal ini tentu saja dibutuhkan pula sebuah Bimtek Pelatihan UKM / UMKM untuk Anda semuanya khususnya para aparatur pemerintahan. Dan ketika Anda sudah bergabung bersama diklatnya, maka materi inilah yang akan Anda dapatkan:

Materi-Materi Pelatihan UKM / UMKM
  • Peningkatan Ekonomi Masyarakat Berbasis Keterampilan Kerajinan Tangan
  • Implementasi PP. No. 17 / 2013 tentang Pelaksanaan UU . No. 20 Tahun 2008 Tentang Usaha Mikro, Kecil dan Menengah
  • Implementasi UU No. 25 Tahun 1992 tentang Perkoperasian Indonesia
  • Manajemen Pengelolaan Koperasi
Lokasi Diklat Pelatihan Dari Pusdiklat Pemendagri

Untuk lokasi diklat yang diselenggarakan oleh pusdiklatpemendagri.com ini, ada beberapa daerah atau tempat di selenggarakannya Bimtek ini, dimana beberapa kota-kota besar di Indonesia sudah melaksanakan Bimteknya. Info selengkapnya silahkan lihat nama-nama tempat dilaksanakan Diklatnya, seperti:

Lokasi Diklat Pelatihan Pusdiklat Pemendagri

JAKARTA

  • Hotel Ibis Style
  • Hotel Oasis Amir
  • Fave Hotel LTC Glodok

BANDUNG

  • Hotel Cemerlang Bandung – Jl. HOS. Tjokroaminoto (Pasir Kaliki) No.45, Kota Bandung

BALI

  • HOTEL EDEN KUTA BALI – Jl. Kartika Plaza No.42, Kuta, Bali

BATAM

  • HOTEL PACIFIC PALACE BATAM – Jln. Duyung sei. Jodoh, Batu Ampar, Kota Batam

LOMBOK

  • HOTEL BINTANG SENGGIGI LOMBOK – Jl. Raya Senggigi, Desa Batu Layar, Mataram, Batu Layar, Lombok

MAKASSAR

  • HOTEL LOSARI BEACH MAKASSAR – JL. Penghibur No.10, Kota Makassar

MEDAN

  • HOTEL GRAND ANTARES MEDAN – Jl. Sisingamangaraja No.328, Kota Medan

MALANG

  • THE 1O1 MALANG OJ – Jl. Dr. Cipto No.11, Rampal Celaket, Klojen, Kota Malang

SURABAYA

  • HOTEL QUEST SURABAYA – Jl. Ronggolawe No.27 – 29, Wonorejo, Tegalsari, Kota SURABAYA.

YOGYAKARTA

  • HOTEL PESONNA MALIOBORO YOGYAKARTA – Jl. Gadean No.3, Ngupasan, Gondomanan, Kota Yogyakarta
Visi dan Misi Pusdiklat Pemendagri
Visi Pusdiklat Pemendagri

Dengan didukung sumber daya aparatur yang profesional dan keberdayaan masyarakat yang partisipatif serta mewujudkan peningkatan pengembangan Sumber Daya Manusia (SDM) berkelanjutan merupakan dari Visi Pusdiklat Pemendagri. Selain itu, cita-cita untuk menjadi yang terdepan dalam melanjutkan perjalanan organisasi sebagai motor penggerak perubahan dalam penyelenggaraan pendidikan dan pelatihan non formal ke arah yang lebih baik dan mencerminkan suatu keinginan, itu juga merupakan dari Visinya. Kemudian untuk menjadi motivator supaya menjadi semakin baik yang harus disinergikan dengan elemen penggerak lainnya dalam suatu kesisteman yang utuh dan sebagai cerminan komitmen organisasi sebagai elemen penggerak dan cita-cita untuk menjadi yang terdepan dalam melanjutkan perjalanan organisasi sebagai motor penggerak perubahan dalam penyelenggaraan pendidikan dan pelatihan non formal ke arah yang lebih baik, itu juga termasuk kedalam visinya.

Misi Pusdiklat Pemendagri
  • Melalui pelatihan yang dilakukan akan meningkatkan sumber daya manusia
  • Kemandirian masyarakat yang dapat mendorong lahirnya kreatif, inisiatif dan melalui konsultasi publik atas setiap kebijakan yang akan diterapkan dapat meningkatkan pemberdayaan masyarakat
  • Memberikan kontribusi terhadap terciptanya pemerintahan yang berwibawa dan bersih bersama institusi dan masyarakat
  • Melalui Bimbingan Teknis (Bimtek), pemahaman informasi, sosialisasi, pelatihan (Diklat), dapat mendorong peningkatan pendidikan dan kemampuan sumber daya

Bagi Anda yang saat ini sedang ingin mengikuti sebuah Bimtek dengan menggunakan pusdiklatpemendagri.com, agar lebih jelasnya lagi silahkan menghubungi kontaknya di:

Kontak Kami Pusdiklat Pemendagri

Sekretariat :
Jl. Cemara Ujung Blok 11 No 2 Lantai 1 Jakarta 14260
Telpon : Pusdiklat Pemendagri   021-2244.3223 – 0812 943 77777 – 0812 943 77777 – 0852-8744-5678
Fax : Pusdiklat Pemendagri 021-2244.3223
Email : admin@pusdiklatpemendagri.com
Website : www.pusdiklatpemendagri.com

Gimana nih man-teman semuanya, apakah tulisan ini memberikan sedikit pemahaman yang luas mengenai Pusdiklat Pemendagri? admin berharap sih gitu, karena tiada yang diharapkan pada sebuah tulisan yang admin buat ini agar ada manfaat dan gunanya.

Ayooo…! Mari kita rame-rame bergabung di pusdiklatpemendagri.com buat ikutan acara Bimtek / Pelatihan yang diadakan di berbagai tempat kota-kota besar di Idonesia.

Jangan lupa juga ya buat mampir di tulsan lainnya tentang:

Baiklah kalau begitu admin sudahi saja tulisannya sampai disini. Terima kasih banyak ya sudah mampir dan membaca tulisannya dari awal sampai akhir. Terakhir yang ingin admin sampaikan juga adalah bahwa tulisan ini sengaja admin buat dalam rangka mengikuti Daftar Kontes Seo 2019 degan kata kunci: Info Bimtek Pusdiklat Pemendagri Untuk Anda Semuanya.

Nilai Kualitas Konten