Cara Terbaru Menggunakan Google Analytics

By | September 15, 2014

Bagaimana Sebenarnya Cara Menggunakan Google Analytic?

Tutorial Terbaru Cara Menggunakan Google Analytic

Cara Terbaru Menggunakan Google Analytics

Cara Terbaru Menggunakan Google Analytics

Hallo Sobat CMWP (Cara Membuat Website Pemula), Kali ini saya mau mencoba untuk membuat sebuah artikel yang sangat sederhana tentang bagaimana Cara Menggunakan Google Analytics? sekaligus bisa sedikit berbagi untuk bisa menjawab pertanyaan sobat blogger Mew Da Vinci yang di ajukan di komentar di artikel Cara Mendaftarkan Blog ke Google Analytics.  Bila sobat CMWP belum tahu bagaimana caranya, silahkan sobat CMWP di buka saja link artikel tersebut.

Google Analytic adalah salah satu tools yang bisa memberikan anda akses yang sangat baik untuk melihat aktifitas di blog anda. Masalahnya adalah banyak blogger yang tidak tahu bagaimana cara menggunakannya (termasuk saya sendiri…hehehe…), akan tetapi walaupun begitu kali ini saya akan mencoba sedikit berbagi penjelasan tentang manfaat dari Google Analytic itu sendiri.

Penjelasan yang sederhana ini akan saya bagikan yang terbagi ke dalam 2 poin utama, yaitu:

  1. Tentang Bagaimana Cara Menggunakan Google Analytic untuk Mengamati Karakter Pengunjung Pada Blog Anda?
  2. Tentang Bagaimana Cara Menggunakan Google Analytic untuk Mengamati  Performa Artikel Blog Anda?

#1.Tentang Bagaimana Cara Menggunakan Google Analytic Untuk Mengamati Karakter Pengunjung Pada Blog Anda?

Berikut adalah Langkah-langkahnya :

  • Silahkan sobat blogger Login ke Akun Google Analytic dengan menggunakan akun Gmail Anda.
  • Setelah terbuka, maka akan di bawa ke halaman “Beranda Google Analytic” tersebut. Kemudian silahkan sobat klik saja bagian “Pelaporan”  atau “Reporting”. Seperti yang terlihat pada gambar di bawah ini :
Laman Laporan Google Analytics

Laman Laporan Google Analytics

  •  Setelah terbuka lamannya, coba sobat alihkan perhatiannya pada sisi bilah kiri, kemudian silahkan sobat klik pada tulisan “Pemirsa” atau “Audience”, kemudian klik tulisan di bawahnya “Ikhtisar” atau “Overview”. Seperti yang terlihat pada gambar di bawah ini :
Visitor Overview Google Analytic

Visitor Overview Google Analytic

  • Maka pada laman ini Sobat CMWP bisa melihat sebuah grafik besar yang memperlihatkan laju pertambahan pengunjung blog anda dari hari ke hari. Dan pada laman ini ada penjelasan detil dari jumlah tersebut, di antaranya : Session, Users, Pageviews, Pages / Session, Avg. Session Duration, Bounce Rate, % New Sessions, dll. Seperti yang telihat pada gambar di bawah ini :
Laman Laporan Google Analytic

Laman Laporan Google Analytic

Sessions : Adalah Jumlah total Sesi dalam rentang tanggal. Sesi adalah periode waktu pengguna terlibat secara aktif dengan situs web Anda, aplikasi, dsb. Semua data penggunaan (Tampilan Layar, Peristiwa, E-niaga, dsb.) dikaitkan dengan sesi.

Users : Adalah Pengguna yang telah memiliki setidaknya satu sesi dalam rentang tanggal yang dipilih. Termasuk pengguna baru dan pengguna kembali.

Pageviews : Adalah jumlah total laman yang dilihat. Tampilan berulang satu laman akan dihitung.

Pages / Session : adalah jumlah laman rata-rata yang dilihat selama sebuah sesi. Tampilan berulang satu laman akan dihitung.

Avg. Session Duration : adalah lamanya waktu per kunjungan.

Bounce Rate : Persentase pengunjung yang hanya membaca satu halaman. Semakin kecil nilai ini semakin baik.

% New Sessions : Taksiran persentase kunjungan kali pertama.

  • Anda juga diberi diagram lingkaran untuk memperlihatkan berapa pengunjung baru dan berapa pengunjung yang kembali untuk kesekian kalinya. Pengunjung baru menandakan kesuksesan optimisasi offpage anda, sedangkan pengunjung kembali menandakan kesuksesan kualitas artikel anda. Normalnya adalah 80:20, jika kurang dari 20 persen artinya perlu peningkatan kualitas artikel.
Laman Laporan Returning Visitor, New Visitor Google Analytic

Laman Laporan Returning Visitor, New Visitor Google Analytic

Demikianlah Google Analytics menyajikan data Karakter Pengunjung Blog Anda.

#2.Tentang Bagaimana Cara Menggunakan Google Analytic untuk Mengamati  Performa Artikel Blog Anda?

  • Masih pada bilah sisi sebelah kiri, coba scroll ke bawah, dan pilih “Behaviour” atau “Perilaku”.
  • Kemudian sobat pilih menu “Site Content” atau “Konten Situs”, akan ada menu dropdown.
  • Kemudian pilih lagi “ALL Pages”, maka akan terlihat 10 Artikel beserta nilai bounce ratenya. Perhatikan artikel yang paling atas, dan pastikan bounce ratenya dibawah 80%. Sayang sekali jika artikel terlaris anda tidak mengarahkan pengunjung untuk membuka artikel-artikel yang lainnya.
Laman cara menggunakan Google Analytic

Laman cara menggunakan Google Analytic

Jika anda sudah mengetahui bagaimana cara menggunakan Google Analytic untuk melihat aktifitas pengunjung dan performa artikel. Anda bisa menggunakan pengetahuan itu untuk berbagai keperluan. Sebagai contoh, jika anda adalah seorang pebisnis online, anda bisa memanfaatkan ini untuk meningkatkan penjualan. Jangan sampai statistik ini anda tinggalkan! Karena fitur-fitur Google Analytic membantunya menentukan strategi bisnis anda.

oiya bagi sobat yang sudah mahir membuat website & memahami tentang seo,bisa mengikuti kontes seo dengan kata kunci STAEDTLER PENSIL TERBAIK UNTUK ANAK dan juga ada kontes seo dengan kata kunci Tips Memilih Jasa Logistics Terpercaya Di Indonesia yang terakhir ada kontes seo dengan kata kunci Cara Mengatasi Anak Susah Makan dengan Laperma Platinum

Demikian informasi yang sangat sederhana ini yang bisa saya share Cara Membuat Website Pemula mengenai tentang bagaimana Cara Terbaru Menggunakan Google Analytics. Terima Kasih telah mampir di sini dan membaca artikelnya, silahkan tinggalkan jejakmu wahai para Blogger di komentar Blognya.

Pencarian dari Google:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *