Pengertian Domain dan Hosting

Pengertian Tentang Domain dan Hosting

Apa sebenarnya Domain dan Hosting itu?

Pengertian Domain dan Hosting

Pengertian Domain dan Hosting

Apa Itu Domain? Bagi Anda yang baru pertama kali membuat sebuah website mungkin Anda masih bingung perbedaan apa itu domain dan hosting. Sebenarnya apa itu domain? Apa itu domain sama dengan hosting? Artikel berikut ini akan membantu Anda menelusuri seluk beluk apa itu domain.

Definisi apa itu domain

Apa itu domain? Domain merupakan sebuah nama unik yang diberikan oleh domain name server agar dapat dikenali sebagai nama server komputer seperti halnya pada web server dan email server di internet. Dengan adanya domain, pengunjung dapat dengan mudah mengenali dan mengakses suatu website tanpa harus hafal IP address website tersebut.

Perbedaan apa itu domain dengan hosting

Domain berbeda dengan hosting. Jika apa itu domain merupakan alamat untuk menuju suatu website, maka hosting merupakan ruang penyimpanan untuk menampung file-file website tersebut. Analogi sederhananya seperti ini, domain adalah alamat rumah Anda sedangkan hosting merupakan rumah Anda sendiri.

Dengan demikian domain dan hosting sama-sama diperlukan untuk membangun sebuah website dan peranannya tak tergantikan.

Pengertian top level domain dalam apa itu domain Dalam dunia internet, seringkali kita mendengar kata top level domain. Top level domain yaitu deretan kata di belakang nama domain pada suatu alamat website.

Ada 2 jenis top level domain. Pertama, global top level domain (gTLD) yaitu domain yang diperuntukkan untuk semua negara dibelahan dunia. Contoh gTLD antara lain : .com (dotcommercial), .net (dotnetwork), .org(dotorganization), .edu(doteducation), .gov(dotgoverment), .mil(dotmilitary), .info (dotinfo) dan lain sebagainya.

Kedua, country code top level domain (ccTLD). Biasanya ccTLD diperuntukkan untuk masing-masing negara. Misal di Indonesia menggunakan tambahan kode ID seperti (.co.id), (.net.id), (.or.id), (.web.id), (.go.id) dan lain sebagainya.

Jika di Singapura maka akan ditambahkan kode SG, misal (.com.sg), (.net.sg) dan lain sebagainya. Bagaimana cara membeli apa itu domain? Apakah Anda ingin membeli domain sesuai dengan nama Anda? Jika Iya, maka belilah sekarang juga sebelum domain Anda dibeli orang.

Adapun cara membeli apa itu domain yaitu dengan memesan di penyedia hosting. Pada umumnya penyedia hosting juga melayani pembelian nama domain. Agar lebih hemat, sebaiknya Anda membeli domain dan hosting secara bersamaan pada penyedia jasa hosting yang sama karena harganya dapat lebih murah. Untuk proses registrasi nama domain memerlukan waktu sekitar 24 jam agar domain Anda dapat digunakan.

Bagaimana cara memilih nama apa itu domain?

Dalam dunia SEO, nama domain seringkali dikaitkan dengan kemungkinan banyaknya jumlah pengunjung yang mengakses website Anda. Hal ini disebabkan karena nama domain sendiri akan diolah oleh search engine sebagai salah satu kriteria dalam mengurutkan hasil pencarian. Berikut ini beberapa petunjuk cara memilih nama domain yang baik.

Cara Memilih Nama Domain

Di dunia internet banyak sekali bertebaran domain-domain yang digunakan oleh website. Mungkin bagi anda yang masih baru dalam dunia website, domain bukanlah sebuah hal yang penting. Ya yang penting bagi anda adalah isi dari domain tersebut atau isi dari website yang anda kunjungi.

Mungkin anda juga beranggapan bahwa selama isi website tersebut bagus, nama domain tidaklah menjadi masalah tapi tahukan anda bahwa sering kali website yang memiliki isi bagus selalu kalah dalam jumlah kunjungan dengan website biasa saja hanya karena permasalahan nama domain? Nah disini anda akan diterangkan apakah pengaruh nama domain dan bagaimana memilih nama domain yang bagus untuk website anda.

Pengertian Domain

Jika anda masih belum tahu tentang domain, maka secara sederhananya domain adalah seperti nama dari sebuah situs atau website. Misalkan anda mengunjungi sebuah website yang berisi review game dimana namanya adalah www.gamespot.com maka gamespot.com itulah nama dari situs yang anda kunjungi.

Nah memilih nama domain seperti itu bukanlah perkara mudah karena bisa saja cukup banyak para pemilik website yang menginginkan domain semacam itu sehingga seperti sebuah lelang harganya akan semakin naik dan bernilai jual sangat mahal. Jika anda masih bingung tidak apa-apa karena anda bisa membaca beberapa penjelasan dibawah nantinya.

Antara Domain dan SEO

Dalam dunia website ada sebuah istilah bernama SEO atau Search Engine Optimization dimana ini adalah teknik handal yang digunakan untuk membuat sebuah website atau situs dengan kualitas biasa menjadi sebuah situs yang luar biasa atau berkelas atas. Yang ditargetkan dalam SEO ini adalah bias tampil dalam hasil pencarian mesin pencari khususnya google yang terkenal sangat cepat perubahannya.

Mesin pencari google hampir selalu digunakan oleh para pengguna internet jadi tidak salah jika para webmaster berlomba-lomba untuk memperbaiki struktur SEO mereka demi bisa tampil dihalaman depan google.

Nah SEO ini bukan hanya tergantung dari kata-kata didalam website saja tetapi juga tergantung dari nama sebuah domain. Biasanya google selalu melihat nama domain dan isi website yang saling bersesuaian untuk bisa ditampilkan pada halaman google.

Karena itu usahakan anda bisa memilih nama domain yang sesuai dengan konten website anda nantinya agar semakin mudah untuk tampil di google dan tentunya bisa diakses banyak orang.

Cara memilih Nama Domain

Sebuah nama domain bukanlah sesuatu yang biasa-biasa saja seperti anda melihat sesuatu yang normal. Sebuah nama domain bisa berharga sangat mahal bahkan hingga jutaan dollar jika ternyata nama domain tersebut termasuk salah satu yang dicari oleh para pengguna internet.

Jika anda pernah mengunjungi situs lelang online eBay pasti anda akan menemukan domain yang dijual dengan harga yang gila, jangan heran karena biasanya domain tersebut sangat bersahabat dengan mesin pencarian khususnya google.

Oke berikut ini adalah cara yang bisa anda gunakan untuk memilih nama domain :

1. Susun SEO anda dengan baik dan konsisten terlebih dahulu Untuk mendapatkan website yang baik, bagus serta nyaman dibaca oleh pengunjung anda, maka hal pertama yang perlu anda lakukan sebelum memberikan nama domain adalah menyusun SEO anda.

Misalkan website anda tentang game pc maka usahakan di setiap artikel anda mengandung kata game pc atau sejenisnya sehingga nantinya bisa muncul di daftar pencarian google dengan kategori pencarian game pc

2. Ambil kata paling sering dan penting dalam website anda Setelah anda selesai menyusun SEO website anda maka hal berikutnya adalah memberikan nama domain untuk website baru anda.

Ingat ambil nama domain sesuai dengan tema website anda atau jika perlu ambil nama domain dari kata yang paling sering muncul di website anda

3. Gunakan domain dengan akhiran .com atau.net. Sudah tidak heran lagi kini domain .com dan .net adalah domain yang paling diprioritaskan oleh mesin pencari. Usahakan anda bisa menggunakan dua akhiran domain ini agar nantinya bisa tampil lebih baik dihalaman pencarian google. Selain itu domain ini juga memiliki kesan berkelas dan tidak murahan.

Apa itu Hosting ?

Ketika Anda akan membangun sebuah website di internet, maka ada dua hal yang dibutuhkan agar website Anda dapat diakses, yaitu hosting dan domain. Hosting berfungsi sebagai media penyimpan data di internet sedangkan domain untuk mempermudah penamaan alamat website. Pada artikel kali ini kita hanya akan membahas mengenai apa itu hosting beserta seluk beluknya.

Apa itu hosting : Pengertian hosting

Ingatkah Anda ketika baru pertama kali belajar membuat website? Mungkin Anda pernah menanyakan hal-hal berikut ini. Sebenarnya apa itu hosting?

Bagaimana cara memilih hosting yang baik? Secara sederhana hosting merupakan sebuah media penyimpanan untuk menampung file-file website di dalam komputer server internet. Dengan adanya hosting, website Anda dapat di akses orang dari mana saja. Pada umumnya hosting ditawarkan dengan cara menyewa selama periode tertentu.

Ada yang berbayar, namun ada juga yang gratisan. Ada yang berupa shared hosting, ada juga yang dedicated hosting. Semua memiliki kelebihan dan kekurangannya masing-masing.

Apa itu hosting : Jenis-jenis hosting

Setelah Anda mengetahui pengertian apa itu hosting, maka berikutnya kita bahas mengenai jenis-jenis hosting. Berdasarkan konten yang dapat disimpan di dalam hosting, hosting dapat dibedakan menjadi beberapa jenis antara lain : blog hosting, image hosting, video hosting, dan file hosting.

1. Blog hosting merupakan hosting yang ditujukan untuk membuat blog/website. Di dalam hosting tersebut telah tersedia secara lengkap aplikasi builder untuk membangun blog/website secara instan sehingga sangat memudahkan bagi pemula yang ingin membangun sebuah blog/website. Adapun contoh blog hosting antara lain : blogspot, wordpress, dan lain sebagainya.

2. Image hosting merupakan hosting yang ditujukan khusus untuk menyimpan gambar secara online yang memiliki kemampuan untuk ditampilkan secara slideshow online, photo sharing, album foto online dan kemampuan untuk menambahkan komentar pada foto. Contoh image hosting antara lain : flickr, google picasa, facebook, imageshack, photobucket.com, dan masih banyak lainnya.

3. Video hosting merupakan hosting yang ditujukan khusus untuk menyimpan video secara online dan memiliki kemampuan untuk memutar video secara online (streaming). Menariknya video yang ditampilkan juga dapat disisipkan sebuah komentar sehingga terkesan lebih hidup. Contoh video hosting antara lain : Youtube, metacafe, filestube, facebook dan masih banyak lainnya.

4. File hosting merupakan hosting yang khusus untuk menyimpan berbagai format file. Biasanya file yang disimpan tidak dapat ditampilkan secara online melainkan hanya dapat didownload. Beberapa contoh file hosting antara lain rapidshare, hotfile, ziddu, enterupload, idws, dan lain sebagainya. Jika Anda masih pemula dalam membangun website, maka hosting yang cocok Anda gunakan yaitu hosting umum.

Hosting umum merupakan hosting yang kontennya dapat Anda isi sesuai keinginan Anda. Biasanya penyedia hosting ini telah menyediakan aplikasi seperti Fantastico dan Softaculous pada menu cPanel yang berisi kumpulan program pembuat website, blog, forum, foto album, webstore secara instan sehingga dapat mempermudah pekerjaan Anda membuat website secara instan.

Apa itu hosting : Cara memilih hosting

Setelah Anda mempelajari apa itu hosting dan jenis-jenis hosting, maka langkah berikutnya yaitu Anda pelajari mengenai cara memilih hosting.

Ada beberapa hal yang perlu Anda pertimbangkan ketika memilih hosting antara lain :

1. Kapasitas Kapasitas penyimpanan dalam hosting merupakan hal pertama yang patut Anda pertimbangkan. Biasanya untuk personal hosting kapasitas penyimpanan yang dibutuhkan relatif kecil yaitu berkisar antara 10 MB sampai dengan 25 MB.

Sedangkan untuk sebuah website perusahaan/instansi, kapasitas penyimpanan yang dibutuhkan antara 25 MB sampai dengan 100 MB. Namun jika perusahaan/instansi tersebut menggunakan aplikasi database, maka kapasitas penyimpanan yang dibutuhkan menjadi lebih besar dari 100 MB.

2. Kecepatan dan bandwidth Kecepatan akses hosting dipengaruhi oleh spesifikasi komputer server dan lokasi server. Jika server hosting Anda berada di Indonesia, sebaiknya pilihlah hosting IIX server Indonesia karena memiliki kecepatan akses yang lumayan bagus.

Sedangkan bandwidth merupakan jumlah lalu lintas data dari pengakses website Anda. Biasanya penyedia hosting menawarkan bandwidth dalam kapasitas tertentu. Namun Anda jangan cepat tergiur dengan bandwidth unlimited karena pada banyak kasus, bandwidth unlimited cenderung memiliki kecepatan akses yang kurang bagus.

3. Fitur pendukung Beberapa fitur pendukung hosting meliputi : email, penambahan sub domain, aplikasi tambahan, security dan lain sebagainya. Fitur-fitur tersebut kadangkala kita butuhkan untuk mempermudah dalam mengelola website.

Dari penjelasan singkat mengenai “apa itu hosting” di atas, dapat ditarik kesimpulan bahwa hosting memegang peranan yang cukup besar dalam membangun sebuah website.

Oleh karena itu, seseorang harus berhati-hati dalam memilihnya. Setelah Anda mempelajari “apa itu hosting”, Anda juga perlu mempelajari sistem kerja hosting itu sendiri sehingga Anda tidak salah pilih dalam menentukan layanan hosting yang tepat.

Cara memilih sebuah Hosting

Hosting sangat di butuhkan bagi para pelaku internet terutama untuk pemain dari internet marketing, dari sekian banyaknya penyedia web hosting mungkin anda mengalami kesulitan dalam memilih sebuah hosting yang cocok dengan kebutuhan anda, atau kesulitan dalam menentukannya, di karenakan setiap penawaran yang di tawarkan semuanya begitu menggiurkan dari harga yang murah, kapasitas yang besar dan bandwith yang menjanjikan.

Bukan hanya itu saja para penyedia web hosting ini masing-masing menawarkan kemudahan-kemudahan dan fleksibilitas baik kemudahan untuk upgrade maupun downgrade yang mudah, selain paket-paket lainnya yang bisa membuat anda tergiur untuk mencobanya.

Ada beberapa kriteria tertentu dalam menentukan sebuah hosting. Setidaknya kriteria atau factor ini bisa menjadikan sebuah standard dalam melakukan pertimbangan dalam memilih sebuah layanan web hosting yang anda pergunakan.

Yang harus di perhatikan pertama kali ialah Fitur dan kapasitas yang di tawarkan. Fitur dan kapasitas yang di tawarkan oleh penyedia hosting sesuai dengan kebutuhan anda juga . dan semua itu terbukti bukan di saat penawaran saja. Karena banyak penyedia webhosting yang menawarkan fitur dan kapasitas yang tergolong besar tapi hal tersebut hanyalah sebagai taktik pemasaran saja atau memiliki harga yang berselisih hanya sedikit sehingga bisa membuat anda melakukan pilihan untuk mengupgrade.

Lalu periksalah harga yang ditawarkan, dalam hal ini berhati-hatilah di karenakan terkadang sebuah penyedia layanan web hosting menjanjikan kapasitas dan bandwith yang besar tapi dengan harga yang bisa di bilang tergolong murah.

Istilah “harga tidak pernah berbohong” mungkin juga berlaku di sini, harga berbanding lurus dengan fitur dan kapasitas yang ditawarkan dengan demikian berarti semakin harga itu mahal tapi akan diikuti dengan fitur dan kapasitas yang menyertai harga tersebut.

Lalu bagaimana dengan support, sebuah support juga haruslah di perhitungkan, hal tersebut yang membedakan antara sebuah penyedia web hosting gratis dengan penyedia web hosting berbayar.

Sebuah support sangatlah di butuhkan dalam 7×24 jam, baik dalam bentuk technical support maupun dari segi saran atau advice. Di tambah lagi dari segi maintenance server yang di pergunakan baik dari segi hardware maupun software yang selalu update untuk menjaga stabilitas dari server tersebut atau tool-tool yang di pergunakan.

Fitur yang dapat dipergunakan haruslah fitur – fitur yang sering di pergunakan secara umum. Jangan sampai aplikasi yang di sediakan tidak dapat di pergunakan untuk membaca aplikasi standar. Di tambah lagi ketersediaan antivirus atau anti spam yang bisa membuat klien dari web hosting tersebut merasa aman dan nyaman.

Fitur untuk mengakses mailbox melalui webmail, POP3, forwarding dan IMAP4 pun haruslah tersedia. Juga fitur-fitur lainnya yang tentunya update dengan aplikasi saat ini. Sarana untuk backup pun harus disediakan oleh sebuah penyedia layanan web hosting, anda tidak akan pernah tahu informasi atau email, dan data-data yang anda miliki hilang diakibatkan kerusakan mesin/hardisk crash, atau deleted by accident. Dsb.

Baca artikel sebelumnya terkait kontes seo STAEDTLER PENSIL TERBAIK UNUK ANAK dan juga ada kontes seo dengan kata kunci Tips Memilih Jasa Logistics Terpercaya Di Indonesia yang terakhir ada kontes seo dengan kata kunci Pertamina Solusi Bahan Bakar Berkualitas dan Ramah Lingkungan.

Stabilitas server dan jaringan atau konektivitas pun harus di pertanyakan atau di perhatikan. Dengan stabilitas dari segalanya baik dari segi hardware, software dan jaringan semuanya sangat di butuhkan.

Dari segi keamanapun haruslah diperhatikan karena terkadang terdapat user atau pengguna account lain yang coba membobol keamanan atau memasang sebuah software yang mencurigakan.

Oleh karena itulah sebuah keamanan sangatlah diperlukan untuk mencegah hal ini. Selain factor diatas, ada baiknya memilih sebuah penyedia web hosting yang jelas keberadaannya baik dari legalitas maupun keberadaannya.

Baiklah hanya itu saja yang bisa saya share hari ini, semoga bermanfaat bagi Anda. Terima Kasih sudah berkunjung dan silahkan untuk meninggalkan jejakmu di kolom komentarnya. Demikianlah mengenai tentang Pengertian Domain dan Hosting.

Pencarian dari Google:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *