Cara Menentukan Blog Yang Akan Dibuat

By | December 30, 2014

Bagaimana Cara Menentukan Blog Yang Akan Dibuat?

Langkah-Langkah Cara Menentukan Blog Yang Akan Dibuat

Cara Menentukan Blog Yang Akan Dibuat

Cara Menentukan Blog Yang Akan Dibuat

Tahap awal dari sebuah proses SEO Google adalah menentukan blog yang akan di buat. Jika saudara adalah blogger yang benar-benar pemula, sangat di rekomendasikan untuk memulai dari artikel melakukan SEO secara bertahap agar mendapat gambaran secara utuh.

SEO juga penting untuk menentukan blog anda akan terkenal atau tidak, karena dari situ bisa dinilai kualitas tulisan dari sebuah blog. Karena dari  mencampur adukkan teori SEO dari sana dan dari sini justru menjadi bencana bagi blog kita. Niche Sebuah Blog memang sangat penting bagi sebuah blog karena bisa menentukan faktor penghasilan.

Berikut adalah Cara Menentukan Blog Yang Akan Dibuat :

1. Kualitas Artikel Original atau Copy Paste

Kualitas Artikel Original atau Copy Paste

Kualitas Artikel Original atau Copy Paste

Menentukan apakah blog kita itu akan memuat konten original atau copy paste, ini sangat penting bagi SEO kita nantinya. Karena kalau memilih blog konten orisinil akan memudahkan untuk Optimasi Seo.

Maka dari itu kita perlu untuk belajar bagaimana Cara Menulis Artikel Berkualitas Standar SEO, postingan yang enak di baca orang, dan tentunya belajar bagaimana Cara Agar Postingan Cepat Terindex Google.

Semua pasti sudah tau, bahwa postingan adalah jantung dari sebuah blog, postinganlah yang menjadi kunci dari sebuah blog, postinganlah yang akan di cari dan dilihat orang dari sebuah blog atau website.

Jadi, kalau sobat memilih blog konten original, maka selain akan memudahkan untuk Optimasi Seo, juga artikel-artikel sobat akan unik. Hanya saja kesulitan dari blog seperti ini ada pada aktifitas membuat konten, karena terkadang sobat blogger juga kehabisan ide.

Beda lagi jika sobat membuat blog dengan konten Copy Paste, Blog Copy Paste akan lebih praktis karena hanya akan melakukan copy paste dari artikel-artikel blog orang lain.

Akan tetapi yang harus diingat ! Optimasi SEO akan bisa sangat sulit. Jika optimisasi SEO yang dilakukan sama, maka biasanya sobat harus memposting artikel hingga 30 kali lebih banyak untuk mendapatkan hasil yang sama.

Dan satu hal lagi yang harus diingat ! kalau sobat mau membangun blog copy paste, pastikan anda cukup rajin melakukan copy paste. Tentu blogger yang anda copy karyanya tidak akan senang, jadi resiko anda sendiri jika sampai dilaporkan ke DMCA dan dibanned dari indeks Google. Itu adalah resiko tambahan dari sebuah blog copy paste.

2. Memilih Blog Topik Campuran  atau Blog Niche Tertentu

Sebelum membuat blog, tentunya sobat harus memberi tujuan blognya, misalnya tujuan blog sobat ingin meningkatkan investasi, atau blognya ditujukan untuk bisnis online, atau sobat membuat blog itu hanya untuk mengisi waktu luang saja (ISENG).

Memilih topik atau tema blog merupakan sebuah proses dalam membangun sebuah blog yang biasanya sering membuat bingung kebanyakan blogger pemula.

Kata topik atau niche sering digunakan karena menyangkut segmentasi pasar. Dengan demikian tujuan niche sendiri adalah untuk menentukan segmentasi pasar dari blog sobat nantinya. Kesalahan memilih niche bisa berarti pasar yang sempit.

Memilih Blog Topik Campuran atau Blog Niche Tertentu

Memilih Blog Topik Campuran atau Blog Niche Tertentu

Anggap saja ada seseorang melihat blog temannya yang mengangkat niche “Jualan Pulsa” sukses besar. Kemudian dia terpikir ingin membuat blog dengan niche “Cara Sukses Beternak Kambing”. Sangat sulit baginya berharap blognya bisa sesukses blog temannya tadi, karena sejak awal pasar sudah berbeda jauh. Di dunia nyata… jauh lebih banyak orang yang melakukan membeli pulsa setiap harinya daripada yang menggeluti usaha ternak kambing.

Akan tetapi ada yang perlu di ketahui, blog dengan niche yang sangat besar, juga mempunyai tingkat kompetisi yang sangat tinggi. Dengan demikian dibutuhkan optimisasi SEO yang sangat berat untuk mendongkrak blog kita.

Jadi terkadang jauh lebih baik memilih niche yang sesuai kemampuan SEO kita, daripada memilih niche super berat.

Bukankah lebih baik mendapat puluhan pengunjung saja daripada tidak dapat sama sekali? Banyak blogger yang ingin bersaing di topik berat, tapi kemampuan optimisasinya cuma bisa menembus sampai halaman 3 saja. Jadi yang semula niatnya mau mendapat ribuan pengunjung, malah berakibat pada traffic yang sangat sedikit.

Lalu bagaimana dengan blog Campuran? Blog campuran tentunya membutuhkan optimisasi SEO yang juga berat. Biasanya Google akan kesulitan menilai tema utama dari blog campuran, karena variasi kata kunci yang terlalu beragam. Oleh karena itu blog campuran membutuhkan lebih banyak artikel, dan masing-masing artikel harus di beri label sesuai temanya.

Nah, sampai di sini kesimpulannya, Blog apa yang akan sobat buat ?

  • Blog orisinil dengan niche mudah?
  • Blog orisinil dengan niche sulit?
  • Blog orisinil dengan niche gado-gado?
  • Blog duplikat dengan niche mudah?
  • Blog duplikat dengan niche sulit?
  • Blog duplikat dengan niche gado-gado?

Yang harus di perhatikan adalah bahwa BLOG NICHE CAMPURAN, dan  BLOG KONTEN COPY PASTE bisa menambah tingkat kesulitan pada tahap Cara Optimasi SEO OFFPAGE Yang Benar Menurut Google  nanti. Jadi sebagai sarannya mulailah dari tipe blog yang paling mudah sambil terus memperbanyak koleksi backlinknya dan mengasah kemampuan sobat berburu backlink. Semakin baik kemampuan sobat dalam menemukan backlink, maka anda bisa naik secara bertahap ke level selanjutnya.

3. Memilih Kata Kunci Atau Memilih Label

Blog yang menggunakan Niche Tertentu ataupu Blog yang menggunakan Niche Campuran sebaiknya sejak awal sudah mempunyai perencanaan. Jika blog sobat mempunyai niche Tertentu, maka tentukanlah sejak awal kata kunci utamanya apa, dan kata kunci pembantunya apa.

Kalau sobat belum mengetahui bagaimana cara mempelajari masalah kata kunci ini dengan lebih detail silahkan membaca artikel Cara Riset Kata Kunci Google Keyword Planner.

Lalu bagi sobat yang blognya menggunakan niche campuran, maka sejak awal tentukanlah dahulu sub-sub pembahasan yang akan di lakukan untuk menjadi label. Contohnya sobat bisa memakai sub-sub teknologi, politik, ekonomi, hukum, sosial budaya, berita selebriti, dll… sebagai Label blog sobat.

4. Memilih Nama URL Homepage

Nama domain adalah bagian dari identitas dari bisnis Anda. Alamat domain yang Anda pilih bisa jadi memberikan implikasi yang signifikan bagi indentitas bisnis Anda dan juga  berpengaruh pada performa kata kunci pada mesin pencari seperti Google dan Yahoo.

Ada beberapa aspek yang harus diperhatikan dalam pemilihan nama domain dan juga struktur URL website Anda. Bagaimana seharusnya domain dan URL digunakan, dan memastikan bahwa domain yang Anda pilih sesuai dengan tujuan situs yang Anda buat.

Banyak sekali blogger pemula yang melakukan kesalahan dengan menggunakan sembarangan nama domain untuk blognya. Padahal nama domain ini bisa sangat membantu dalam melakukan optimisasi kata kunci.

Sobat harus benar-benar memperhatikan kualitas konten jika ingin menggunakan nama domain yang mengandung kata kunci.

5. Memakai Domain Sendiri Atau Gratisan

Bagi penulis indie (self publisher), blog bisa menjadi alat yang efektif untuk memasarkan buku. Bahkan lebih dari itu, banyak penulis yang telah membuktikan efektifitas blog dalam memasarkan jasanya, sebagai ghost writer, penulis konten web, editor, atau kursus menulis.

Dengan memiliki blog, Anda tidak perlu susah mendatangi konsumen. Konten di blog Anda yang justru akan bekerja menarik pembaca mendatangi anda (inbound marketing).

TAPI..hasil ideal diatas tidak berlaku sama pada semua blog. Ada beberapa faktor yang mempengaruhinya, dan salah satu faktor yang paling signifikan adalah jenis platform blog yang anda pakai.

Apakah sekarang anda masih menggunakan layanan blog gratis ? Apakah blog Anda masih berakhiran blogspot.com atau wordpress.com ?

Jika iya, saya khawatir anda sedang menghambat pemasaran produk dan jasa anda sendiri.

Mungkin saudara bingung tentang keunggulan masing-masing pilihan ini. Kalau saudara ingin memakai domain gratis, tentu saja saudara tidak perlu keluar biaya apapun. Ini memang banyak menjadi pilihan blogger pemula, yang masih sibuk bereksperimen dengan dunia blogging.

Lalu apa kelebihan jika memakai domain berbayar? Kelebihannya ada dua:

  1. Sobat bebas menentukan nama domain yang sesuai dengan kata kunci blog anda (ini sangat besar pengaruhnya dalam poin SEO).
  2. Blog terkesan lebih profesional dan bukan sekedar amatiran yang bereksperimen dengan dunia maya.

Poin yang kedua ini sangat penting bagi yang ingin berbisnis online , Jangan menggunakan domain gratisan untuk bisnis online anda, karena itu benar-benar membuat ragu konsumen anda.

Dari semua penjelasan di atas, maka Rangkuman dari artikel akhirnya adalah sebagai berikut :

  1. Konten orisinil atau duplikat?
  2. Niche khusus atau yang gado-gado?
  3. Kompetisi berat atau ringan?
  4. Apakah kata-kata kunci atau sub topik yang ingin anda bangun?
  5. Apakah nama URL sudah SEO friendly?
  6. Apakah domain pilihan anda yang gratis atau berbayar?

Nah… jika sudah bisa menentukan sebuah blog yang akan di buat, terus sudah memahami seo, saatnya mengikuti kontes seo STAEDTLER PENSIL TERBAIK UNTUK ANAK dan juga ada kontes seo dengan kata kunci Tips Memilih Jasa Logistics Terpercaya Di Indonesia yang terakhir ada kontes seo dengan kata kunci Cara Mengatasi Anak Susah Makan dengan Laperma Platinum

HAPPY NEW YEAR 2015

Happy New Year 2015

Demikianlah artikel yang sangat sederhana ini mengenai Cara Menentukan Blog Yang Akan Dibuat. Semoga bermanfaat bagi sobat dan silahkan tinggalkan jejakmu di kolom komentarnya

Pencarian dari Google:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *