Cara Membuat Website Pemula

Cara Membuat Website Yang Benar Untuk Pemula

Belajar Cara Membuat Website bagi Pemula Itu Mudah dan Gampang

Cara Membuat Website Pemula

Cara Membuat Website Pemula

Cara Membuat Website Untuk Pemula - Sebenarnya bisa agak sedikit merepotkan, tergantung cara saudara melakukannya. Pada dasarnya, asal sobat sudah bisa browsing dan mengetik, maka sobat sudah punya modal untuk membuat website sendiri.

Membuat website itu gampang kok. Hanya saja kadang kita belum tahu apa yang harus dilakukan agar halaman web kita bisa nongol di Internet.

Nah, pada dasarnya, semua yang sobat lihat di internet adalah website. Namun demikian, website tersebut memiliki fungsi yang berbeda-beda dan memiliki sebutan khusus tergantung pada fungsinya. Jenis website yang cukup ngetop adalah blog, social media dan toko online.  Jadi bisa dikatakan bahwa blog adalah salah satu jenis website yang memiliki fungsi sebagai diary atau buku harian bagi pemiliknya, makanya biasanya tampilan artikel blog biasanya diurutkan berdasarkan tanggal dimulai dari yang paling baru.

Pernah bingung membedakan istilah website dan blog? baca selengkapnya tentang pengertian blog dan website.

Untuk membuat sebuah website sebenarnya bisa menggunakan domain TLD apa saja. Kalau saudara ingin membuat sebuah website, maka saudara tentunya harus paham sedikit cara melakukan pemrograman. Bahasa yang minimal saudara ketahui adalah HTML, disini yang mau di bahasnya dengan domain .com. Karena domain ini selain sangat populer di kalangan para blogger, juga sangat mudah di ingat serta memberikan beberapa keuntungan dalam penggunaannya.

Cara membuat website gratis ternyata tidak sesulit yang kita bayangkan lho. Walaupun website berbayar memiliki banyak keunggulan seperti support system, availabilitas dan kredibilitas yang jauh lebih baik, namun buat teman-teman yang masih harus berhemat, rasanya solusi website gratis masih bisa dipertimbangkan.

Mengapa anda harus mulai belajar membuat website? ini dia alasannya :

  • Website mampu meningkatkan penjualan produk anda.
  • Website bekerja otomatis 24 jam tanpa henti.
  • Website sangat mudah dan murah.
  • Website akan meningkatkan jaringan bisnis anda dan menjangkau pasar yang lebih luas.
  • Website mampu meningkatkan brand image bisnis anda.
  • Website memberikan anda kebebasan untuk melakukan bisnis anda dimana saja, kapan saja anda mau.
  • Website merupakan media promosi yang efektif  tapi murah.

Ada langkah-langkah “Cara untuk membuat website bagi Pemula”, diantaranya adalah :

  1. Untuk Level PemulaMembuatnya dari blog gratis, dan mengganti dengan domain berbayar .com.
  2. Untuk Level Menengah : Membuatnya dengan menggunakan software CSM (Content Management System) seperti WordPress.
  3. Untuk Level Sulit : Sobat Menguasai Beberapa Bahasa Pemograman dan membuat sendiri theme dan databasenya dari nol lalu hosting pada sebuah server dengan nama domain tertentu.

Jadi bagi sobat yang baru memulai membuat website sendiri di internet, silahkan tinggal memilih dari ke 3 metode di di atas, tapi untuk lebih jelasnya berikut penjelasannya di bawah ini :

#1. METODE KE SATU : Cara Membuatnya Dari Blog Gratis

  • Cara ini adalah cara tercepat, termurah (alias gratis) dan termudah dalam membuat website. Contoh paling mudah adalah menggunakan blogspot.com, worpress.com. Untuk membuat website dari blog gratis, maka pertama-tama saudara harus membuat akun blog. Silahkan di baca dan di praktekan langsung  Cara Membuat Blog Gratis. Mohon harap lakukan tahapan-tahapan yang ada di artikel tersebut dengan seksama.
  • Setelah blog saudara jadi silahkan cari template blog yang saudara rasa cukup representatif untuk mewakili karakter atau bisnis saudara. Untuk mencari template yang sesuai dengan selera anda. Saudara bisa download template gratis di http://btemplates.com.
  • Jika saudara sudah mendownload template blog yang saudara sukai, silahkan pasang template tersebut di blog anda saat ini.
  • Setelah anda menyelesaikan tahap demi tahap di atas, maka anda sudah selesai membuat website sederhana ini, yang perlu anda lakukan sekarang tinggal mengisi artikel-artikel ke dalam website sederhana ini, silahkan baca juga Cara Memposting Artikel di Blogspot.

Cara ini memiliki kelemahan pada tingkat fleksibilitas pembuatan. Kita hanya bisa membuat website sesuai format yang sudah disediakan oleh penyedia layanannya.

Setelah anda selesai membuat website dari blog gratis, maka saatnya mengganti domainnya menjadi .com

Mempunyai domain pribadi merupakan keinginan bagi sebagian besar orang. Terutama bagi yang berkecimpung di dunia web baik itu webmaster, blogger maupun bisnis online. Karena ada yang bilang, dengan memiliki domain pribadi, seseorang boleh dibilang mempunyai suatu personal branding atau suatu identitas tersendiri terhadap diri kita di mata orang lain. Entah rekan – rekan mau percaya apa tidak, itu saya kembalikan ke pribadi masing – masing. Sebenarnya untuk melakukan konfigurasinya tidak sesulit yang kita bayangkan, kesulitan mungkin ditemui karena kita belum tau caranya saja.

#2. METODE KE DUA : Cara Membuatnya Dengan Menggunakan Software CMS

Cara ini relatif cepat seperti metode cara membuat blog gratis, namun memiliki tingkat fleksibilitas yang lebih dibandingkan cara membuat blog gratis . Sobat tinggal melakukan instalasi menggunakan software CMS yang sudah disediakan. Kita bisa melakukan perubahan lebih fleksibel dengan menginstal add on pada CMS tersebut. Namun demikian, Sobat pada umumnya harus menyediakan nama domain dan hosting sendiri. Contoh CMS adalah Joomla untuk website yang umum, wordpress untuk blog (ya, wordpress memiliki 2 jenis yaitu instan dan CMS), Prestashop untuk toko online, dll. Berhubung pembahasan mengenai CMS wordpress dalam membuat website ini agak diperlukan pembahasan tersendiri, maka silahkan baca artikel selengkapnya  Cara Membuat Website Terbaru 2014 Menggunakan Software CMS (Install CMS WordPress Menggunakan aplikasi softaculous).

#3. METODE KE TIGA : Cara Membuatnya Dengan Menggunakan Web Programming

Web Programming – Cara membuat website ini adalah yang paling fleksibel, namun lama dan kamu dituntut untuk memiliki kemampuan web programming. Kalau kamu udah bisa membuat website dengan cara ini, maka pada dasarnya kamu bisa membuat segala jenis website yang kamu inginkan, nyaris tanpa batas.

Kalau saudara tertarik untuk mempelajari cara ini, maka setidaknya anda harus menguasai 3 hal :

  • Bahasa Pemrograman Tertentu seperti PHP
  • Penggunaan Software Editor File Web.
  • Pengelolaan database seperty MySQL
Belajar Bahasa Pemrograman Untuk Membuat Website

Berikut  5 website yang dapat membantu kita mempelajari  CSS, HTML, PHP, JavaScript, CSS3, HTML5, Ruby, dan bahasa pemrograman lainnya, diantaranya :

  1. W3schools.
  2. Codecademy.
  3. Code Avengers.
  4. CodeSchool.
  5. TeamtreeHouse.

Belajar Program Pembuatan Website Seperti Dreamweaver

Menguasai bahasa pemrograman saja tidak berarti anda bisa membuat websitenya tanpa bantuan, jadi anda perlu belajar cara membuat website dengan menggunakan software. Salah satu software yang cukup umum digunakan adalah Dreamweaver. Bisa coba baca tutorial e-book nya di sini tapi dalam bahasa inggris ya.. 

Bagaimana Kalau Malas Membuat Template Website Sendiri?

Kalau saudara malas membuat template sendiri, maka saudara sebaiknya mendownload template PHP yang sudah jadi. Salah satu penyedia template PHP gratis adalah sini. Anda bisa memilih beragam template pada situs ini, tapi harus daftar dan login dulu kalau mau download.

Kalau saudara sudah dapat templatenya, maka silahkan edit templatenya dengan menggunakan Adobe Dreamweaver, jika diperlukan. Bagian terpenting dari sebuah website PHP adalah anda harus paham bagaimana cara menggunakan halaman PHP yang khusus untuk ADMIN, atau bagaimana cara mengubah struktur database MySQL sesuai kebutuhan anda.

Membeli Domain dan Hosting untuk Website Anda

Bagi rekan-rekan yang baru saja mulai belajar Cara Membuat Website Pemula seringkali menemui kebingungan, apa saja langkah setelah membeli domain dan hosting. Padahal semua tagihan sudah dibayar, rancangan website sudah ada di kepala, dan mungkin saja kira-kira pertanyaan yang sering muncul di dalam benak adalah seperti ini :

Apa yang harus saya lakukan dengan domain saya?
Bagaimana cara masuk ke hosting saya?
Cara install WordPress di hosting bagaimana?
Lalu, cara supaya website saya segera LIVE gimana ya?
bla bla bla …
… bla bla bla …

Saya pun pernah mengalami hal seperti ini, bingung mau ngapain. Nah, jika Anda adalah pemula, dan sering menghadapi pertanyaan seperti di atas, mungkin tips berikut ini bisa membantu.

  1. Periksa Email
  2. Login ke Client Area Tempat Anda Beli Domain & Hosting
  3. Masuk ke cPanel Hosting
  4. Onlinekan website Anda

Jadi yang harus di ingat kalau saudara belum pernah memesan domain dan hosting, maka ada 3 hal  yang harus saudara pastikan tidak terlewatkan dari email penyedia hosting, yaitu:

  • HOST FTP
  • Username CPANEL, dan
  • Password CPANEL

Upload File Template Website PHP ke Hosting

Untuk melakukan ini saudara bisa menggunakan software gratis FileZilla. Kalau belum punya saudara bisa mengunduhnya dari website resminya disini.

Filezilla ini bisa anda gunakan untuk memindahkan file template website PHP tadi ke folder Public_HTML yang ada di hosting berdomain yang sudah anda beli. Yang perlu anda lakukan cuma connect, dan setelahnya anda cukup click and drag untuk memindahkan satu file.

Kalau filenya banyak berarti anda harus membuka dulu folder Public_HTML dengan mengkliknya, setelah itu saudara bisa menyorot semua file yang hendak saudara pindahkan. Yang perlu anda lakukan hanyalah klik kanan dan pilih menu UPLOAD untuk memindahkan semua file tadi ke folder Public_HTML.

Mungkin untuk lebih memudahkan saudara memahami ini coba lihat video dari user Youtube DEN BAGUS disini

Kalau file sudah saudara upload ke folder Public_HTML. Berarti semua orang sudah bisa mengakses file website yang sudah saudara kirimkan tadi di alamat domain .com yang sudah saudara bayar penggunaannya untuk jangka waktu tertentu.

Keuntungan Menggunakan Domain .COM

Domain sendiri adalah langkah pertama untuk menunjukkan keseriusan Anda eksis di internet. Domain gratis seperti xxx.wordpress.com lebih cocok untuk penggunaan personal atau belajar. Untuk menunjukkan keseriusan, apalagi terkait dengan uang dan professionalisme kerja, domain sendiri adalah sebuah keharusan. Berikut beberapa alasan menggunakan domain sendiri, di antaranya :

  1. Professionalisme
  2. Email Personal
  3. Bebas
  4. Mudah Diingat
  5. Tidak Menimbulkan Multi Tafsir

RANGKUMAN

Saudara bisa membuat website .com sendiri dengan membuat blog gratis yang diubah nama domainnya. Bisa juga dengan membuat file template sendiri dengan menggunakan software seperti Adobe Dreamweaver, lalu upload dengan menggunakan software FTP seperti FileZilla ke hosting berdomain .com yang sudah anda bayar penggunaannya dalam kurun waktu tertentu.

Bagi sobat yang sudah bisa membuat website bisa mengikuti kontes seo dengan kata kunci:

yang bisa saya tulis. Semoga artikel ini bermanfaat bagi anda. Silahkan tinggalkan jejakmu  di kolom komentar ya. Terima kasih sudah berkunjung dan membaca postingannya, demikian tentang artikel Cara Membuat Website Pemula.

Pencarian dari Google:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *