Cara Agar Blog Cepat Terindek Oleh Google

By | September 20, 2014

Bagaimana Sebenarnya Cara Agar Blog Cepat Terindek Oleh Google?

Tutorial Terbaru Cara Agar Blog Cepat Terindek Oleh Google

Cara Agar Blog Cepat Terindek Oleh Google

Cara Agar Blog Cepat Terindek Oleh Google

Hallo !!! Sobat CMWP (Cara Membuat Website Pemula), apa kabarnya nih? semoga pada baik-baik saja semuanya ya, aamiin… oiya kali ini saya akan mencoba membuat sedikit artikel yang sangat sederhana tentang Cara Agar Blog Cepat Terindek Oleh Google.

Blog terindeks Google artinya peluang “ditemukan” oleh user (pembaca) di seluruh dunia terbuka lebar. Banyaknya pengunjung (trafik) adalah indikator blog sukses.

Terindek Google atau Muncul di pencarian Google adalah kepuasan tersendiri, bagaimana tidak puas, karena yang menjadi pesaingnya rata-rata adalah blog para webmaster yang sudah bertahun-tahun berkecimpung di dunia blogging, dan harus melawan ratusan ribu bahkan ratusan juta web blog yang sudah tersebar di internet.

Sebenarnya, cepat-atau lambat otomatis blog kita akan terindeks di mesin pencari Google. Kenapa begitu? karena blogger adalah milik Google, otomatis umumnya blog baru pasti akan terindeks Google, hanya tidak akan begitu langsung bisa muncul di pencarian Google, biasanya blog baru akan terindek dalam 2-3 hari.

Terindeks oleh Google (search engine) adalah hal yang sangat penting bagi kemajuan dan perkembangan blog atau website anda, disinilah pengetahuan SEO itu berfungsi agar konten pada blog anda dikenali dan terindex oleh mesin pencari seperti Google, karena hampir 80% pengunjung akan datang dari mesin pencari, Ada beberapa teknik atau strategi yang harus anda terapkan agar Blog Cepat Terindek Oleh Google.

Berikut adalah langkah-langkah Cara Agar Blog Cepat Terindek Oleh Google :

  1. Daftarkan Blog Anda ke Webmaster Tools
  2. Daftarkan Blog Anda ke FeedBurner
  3. Daftarkan Blog Anda Ke Google Sitemap (Peta Situs)
  4. Daftarkan Blog Anda Ke Bing Webmaster
  5. Daftarkan Blog Anda Ke Google Analytic
  6. Ping Blog atau Website Anda Untuk Memanggil Robot Google
  7. Buat Internal Linking Di Dalam Halaman Blog Atau Website Anda
  8. Share Setiap Artikel Blog Anda Ke Social Media
  9. Berkomentar Pada Blog Orang Lain Yang Ramai Pengunjungnya
  10. Buat Link Building Pada Postingan Blog / Website Anda
  11. Update Menulis Artikel Blog atau Website Anda Secara Teratur

#1. Daftarkan Blog Anda ke Webmaster Tools

Salah satu search engine terbesar didunia saat ini adalah Google, agar blog kita bisa terindex atau terdaftar di halaman search engine Google kita harus mendaftarkan blog terlebih dahulu di Google Webmaster Tools.

Google Webmaster Tools adalah alat yang disediakan oleh Google untuk para Webmaster (pemilik website). Alat ini membantu agar website atau blog saudara bisa terpantau dengan maksimal oleh Google, dan di sisi lain memberi laporan yang mendetail tentang blog kepada anda.

Belum tahu bagaimana caranya? Silahkan di sini Cara Mendaftarkan Blog ke Webmaster Tools

#2. Daftarkan Blog Anda ke FeedBurner

Mungkin ada pertanyaan, mengapa harus daftar ke feedburner? Feedburner adalah salah satu situs milik Google yang mengurus masalah feed RSS (umpan web). Situs ini memberikan kemudahan bagi pengunjung untuk berlangganan blog anda ataupun membantu anda untuk melakukan ping artikel terbaru anda. Intinya feedburner.com membantu blog anda untuk lebih cepat terindeks.

Bagi anda yang ingin blognya lebih cepat terkenal, banyak para blogger yang menyarankan untuk bergabung dengan feedburner, layanannya ditanggung gratis.

Bila belum tahu caranya, silahkan di sini Cara Mendaftarkan Blog Ke FeedBurner.

#3. Daftarkan Blog Anda Ke Google Sitemap (Peta Situs)

Apakah anda punya blog atau website? Apakah blog anda dan seluruh postingan di blog anda ingin terindeks di Google Search? Jika iya, silahkan segera kirim sitemap atau peta situs ke Google Webmaster Tools.

Bagi yang mengenal blogging pastinya paham betul tentang fungsi dari sitemap, dimana sitemap merupakan dasar rujukan Search Engine untuk melakukan crawling sebuah blog. Dan ini di aplikasikan oleh mesin pencari Google Webmaster Tools.

Bila belum mendaftarkan blog ke peta situs silahkan di sini Cara Mendaftarkan Blog ke Google Sitemap (Peta Situs).

#4. Daftarkan Blog Anda Ke Bing Webmaster

Mempunyai blog atau website yang memiliki banyak pengunjung adalah dambaan bagi setiap para blogger, terlebih lagi bagi blogger yang ingin menjadikan blognya sebagai media untuk mendapatkan penghasilan tambahan. Agar blog kita mempunyai banyak pengunjung tentu saja kita harus mempromosikan blog kita, tapi ada hal yang harus sobat ketahui bahwa ada tehnik dasar SEO yang tak kalah pentingnya dengan mempromosikan blog ke berbagai web directory ataupun social bookmark. Apakah itu? Yup betul sekali, mendaftarkan atau mensubmit blog ke berbagai seach engine, dan salah satunya adalah mendaftarkan blog ke bing webmaster dan ini juga cara agar Blog Cepat Terindek Google.

Belum tahu caranya? Silahkan cara-caranya ada di sini Cara Mendaftarkan Blog ke Bing Webmaster.

#5. Daftarkan Blog Anda Ke Google Analytic

Apakah ini perlu dalam blogging ? Jika pertanyaannya perlu atau tidak, maka tergantung anda sebagai bloggernya. Jika Anda blogging just for fun, maka rasanya tidak perlu. Akan tetapi jika Anda blogging untuk kepentingan yang lebih serius dan butuh laporan yang detail tentang perkembangan blog Anda, maka menurut para webmaster langkah ini sangat perlu. Karena ini akan membantu kita untuk mengetahui tentang trafik blog, seberapa ramai blog anda, dan cara ini akan sangat membantu agar Blog Cepat Terindek Google.

Langkah-langkahnya di sini Cara Mendaftarkan Blog ke Google Analytics.

#6. Share Setiap Artikel Blog Anda Ke Social Media

Salah satu cara yang sangat cepat agar Blog Cepat Terindek Google adalah dengan membagikan atau meng-share-kannya setiap postingan yang baru saja di buat ke situs social bookmark yang banyak di jumpai sekarang ini, seperti Facebook, Twitter, Google+, Digg, Linkedin, dan lain-lain

Ataupun situs social bookmark Indonesia seperti Infogue, Lintas.me, Debuk, dan lain-lain. Yang pasti secara perlahan selain blog akan Cepat Terindek Google, blog anda juga akan mendapatkan traffic dari situs social media tersebut.

#7. Ping Blog atau Website Anda Untuk Memanggil Robot Google

Ping adalah sarana yang sangat berguna memperingatkan mesin pencari dan direktori untuk pembaruan dalam konten anda.

Ping pada mulanya merupakan metode untuk blogger untuk memperingatkan mesin pencari pada konten baru di blog mereka. Namun, telah berkembang di mana setiap orang dapat menggunakannya untuk memperbarui (update) untuk blog atau website.

Ada banyak situs layanan ping online yang tersedia. Silahkan search aja di google, namun ada beberapa yang terbaik yang bisa anda coba, dan ini juga sudah banyak di gunakan para blogger, di antaranya : pingoat.com, pingler.com, pingomatic.com. Jadi jangan lupa untuk  ping blog anda, dan ini akan sangat berguna sekali agar Blog Cepat Terindek Google.

#8. Buat Internal Linking Di Dalam Halaman Blog Atau Website Anda

Apa itu Internal Link? Internal Link adalah membangun link di dalam website anda. Linking halaman situs anda bukan hanya tentang membangun external backlink, akan tetapi ini juga akan berguna yang akan mengingatkan mesin pencari tentang kehadiran konten baru pada situs anda. Jadi silahkan buat Internal Link di dalam blog atau website anda karena ini akan sangat berpengaruh sekali agar Blog Cepat Terindek Google.

#9. Berkomentar Pada Blog Orang Lain Yang Ramai Pengunjungnya

Cobalah mengomentari posting terakhir pada blog-blog yang sudah terkenal dan mempunyai ranking tinggi, ini adalah cara yang sangat efektif untuk mendapatkan halaman baru di indeks cepat dan pastikan bahwa anda menggunakan halaman yang ingin diindeks sebagai URL website anda ketika berkomentar tidak hanya halaman muka (homepage) saja.

Blog dengan pembaca yang aktif dan banyak konten baru akan di crawled secara teratur oleh search engine, dengan berkomentar pada blog seperti itu maka anda akan mendapatkan imbas dari popularitasnya dan akan mendapatkan halaman sendiri di indeks dengan cepat. So jangan lupa ya untuk blog walking karena ini sangat berguna sekali agar Blog Cepat Terindek Google.

#10. Buat Link Building Pada Postingan Blog / Website Anda

Supaya Blog Cepat Terindek Google, anda harus membangun link ke halaman post anda, jangan hanya mencari link mengarah ke homepage saja, carilahLink Dofollow yang mengarah ke konten anda. Hal ini juga akan membuat blog anda menjadi populer dan terpercaya di mata search engine. Google sangat senang dengan blog atau website yang mempunyai link dofollow yang relevan yang mengarah ke halaman blog anda dan Google Page Rank pun bisa anda dapatkan.

#11. Update Menulis Artikel Blog atau Website Anda Secara Teratur

Sebagai alasan kenapa banyak blog mempunyai peringkat baik dan konten nya terindeks cepat tidak lain adalah karena si pemilik blog sering memperbarui situs mereka dengan konten baru yang segar. Pastikan anda memperbarui situs anda secara teratur, konten yang fresh adalah penting untuk mendapatkan halaman baru di indeks.

Jika konten yang ada pada blog anda sudah basi maka search engine tidak akan menjelajahi (crawl) blog anda secara teratur, Di sisi lain, jika anda menjaga blog anda segar dan diperbarui (meskipun memperbarui halaman indeks) maka spider mesin pencari akan terus datang kembali.

So… jangan lupa ya untuk terus berusaha menulis artikel di blognya secara teratur karena ini akan sangat berpengaruh sekali agar Blog Cepat Terindek Google.

Ngomong-ngomong saya jadi penasaran apakah Blog Cara Membuat Website Pemula ini sudah cepat terindek oleh Google? Lalu saya langsung aja ceking di mbah Google, dan hasil penampakannya seperti di bawah ini :

Blog caramembuatwebsitepemula.com Terindek Rangking 2 di Search Engine Google

Blog caramembuatwebsitepemula.com Terindek Rangking 2 di Search Engine Google

  • ALHAMDULILLAAH…. walau Website saya masih terbilang belum lama, tapi  sudah bisa menunjukkan Blog Cepat Terindek Google.

oiya bagi sobat yang sudah mahir membuat website & memahami tentang seo,bisa mengikuti kontes seo dengan kata kunci STAEDTLER PENSIL TERBAIK UNTUK ANAK dan juga kontes seo lainnya dengan kunci Tips Memilih Jasa Logistics Terpercaya Di Indonesia yang terakhir ada kontes seo dengan kata kunci Cara Mengatasi Anak Susah Makan dengan Laperma Platinumdan juga

Nah itu dia sedikit informasi yang bisa admin share. Jangan lupa baca juga tentang artikel lainnya terkait Cara Membuat Website Pemula juga postingan tentang bagaimana Cara Agar Blog Cepat Terindek Oleh Google. Terima Kasih telah mampir di sini dan membaca artikelnya, demikianlah mengenai Cara Agar Blog Cepat Terindek Oleh Google.

Pencarian dari Google:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *