Aturan Google Terbaru Situs Mobile Friendly

Siap-Siap Aturan Google Terbaru Di Bulan April 2015 Adalah Situs Yang Mobile Friendly

Aturan Google Terbaru Situs Mobile Friendly

Aturan Google Terbaru Situs Mobile Friendly

Bagaimana Menghadapi Aturan Google Terbaru : Situs Mobile Friendly Search Result?

Tanggal 21 April 2015 mendatang, Google akan mengeluarkan Aturan terbaru tentang sistem Pemeringkat Search Engine mereka yang dinamakan “Mobile Friendly Search Results”.

Sebagian orang mungkin sudah tahu di luar sana, namun Saya yakin banyak para pemula atau Pelaku IM (Internet Marketing) yang belum tahu perkembangan ini…! Benar Gak?? :)

Menu Laporan SEO Mobile Friendly sebenarnya sudah muncul di Alat GWT (Google Webmaster Tools) dalam 1 tahun terakhir sejak tahun 2014.

Saya suka memperhatikan menu tersebut, Jika diperhatikan, banyak pesan perbaikan yang mesti kita lakukan agar situs kita tergolong mobile friendly menurut Google.

Namun karena Saya pikir masih taraf uji coba dan belum diberlakukan resmi, maka pesan tersrbut sering Saya abaikan. Ternyata, keputusan resmi Google tersebut datang juga sejak diumumkan di Blog Google tgl 26 Pebruari 2015 lalu.

Keputusan tersebut akan berlaku untuk situs-situs di seluruh dunia mulai tanggal 21 April 2015 :

“Starting April 21, we will be expanding our use of mobile-friendliness as a ranking signal. This change will affect mobile searches in all languages worldwide and will have a significant impact in our search results. Consequently, users will find it easier to get relevant, high quality search results that are optimized for their devices”.

(Google Webmaster Central)

Hal ini sudah diindikasikan pada ucapan Matt Cutts, petinggi Google pada acara SMX 2014 (Search Marketing Expo 2014) seperti yang terlihat pada gambar di atas. Matt Cutts, salah seorang Pejabat Google yg ikut menentukan Aturan SEO & Cara Kerja Robot Google mengindex situs kita di Internet. Semakin relevan situs kita dengan aturan SEO Google, maka semakin mudah situs kita TAMPIL DI HALAMAN PERTAMA OM GOOGLE ..!

“Mobile is important, and coming faster than most people in this room realize..!”

Sekitar 30% Pengunjung Organik Datang dari Hasil Pencarian Mobile Devices (Mobile Search).

Tentu Tim SEO Google punya alasan yang kuat untuk memberlakukan aturan SEO Mobile Friendly dengan melihat data pengguna Perangkat Mobile yang semakin banyak di seluruh dunia.

Mereka akan merubah aturan SEO melalui mobile algorithm-nya sehingga situs-situs yg tampil di halaman pertama Google selain memenuhi syarat SEO yg lama, juga ditambah dengan syarat SEO Mobile Friendly..!

Data yang diperoleh dari hasil penelitian SMX (ditulis CopyBlogger), menunjukkan bahwa secara umum Pengunjung Organik situs-situs di dunia didatangi Visitor dari Search Engine dengan perbandingan 30% berasal dari perangkat mobile.

Pengunjung Organik situs-situs di dunia 30% berasal dari perangkat mobile

Pengunjung Organik situs-situs di dunia 30% berasal dari perangkat mobile

DATA GRAFIK di atas harus menyadarkan kita..! Tampak TREND PENGUNJUNG ORGANIK DARI DESKTOP menurun dari 90% ke 70%. Sementara TREND PENGUNJUNG ORGANIK DARI MOBILE meningkat dari 10% hingga 30%. Dengan semakin banyaknya pengguna PERANGKAT MOBILE untuk Komunikasi, sangat mungkin tahun depan ANGKA PENGUNJUNG ORGANIK MOBILE akan meningkat DRASTISS..! (Sumber : Search Marketing Expo – SMX).

(Note : Organic Traffic adalah istilah yg merujuk pada Pengunjung yg berasal dari Search Engine)

 ANGKA PENGUNJUNG ORGANIK MOBILE akan meningkat DRASTISS

ANGKA PENGUNJUNG ORGANIK MOBILE akan meningkat DRASTISS

Meski ini hasil penelitian di luar negeri, namun sangat relevan dengan DATA PENELITIAN untuk Negara Indonesia. Ternyata sekitar 54% pengunjung website di Indonesia berasal dari PERANGKAT MOBILE.

Seperti yang di laporkan oleh id.techinasia dan wearesocial.sg

KUNJUNGAN WEBSITE didominasi berasal dari MOBILE PHONES = 50%, dari TABLET = 4%, dan dari LAPTOP & DESKTOP = 45%.

KUNJUNGAN WEBSITE didominasi berasal dari MOBILE PHONES = 50%,

Tampak Share Kunjungan ke Website di Indonesia didominasi oleh Perangkat Mobile sekitar 54% (Mobile Phones = 50%, Tablet = 4%). Hal ini harus menjadi PERHATIAN kita sebagai Pelaku Internet Marketer agar bisa mendapatkan Pengunjung lebih banyak lagi dari SEO Mobile Frienldy

Kemudian Apa yang Bisa di Lakukan untuk Mempersiapkan & Memperbaiki Performa Situs agar Mobile Friendly?

Dengan melihat data-data di atas, apakah Sobat mau berdiam diri saja membiarkan perkembangan yang ada atau segera bergerak belajar agar bisa menyesuaikan diri?

Tentu pilihan kedua adalah yang lebih MARKETABLE, yaitu Sobat harus MENYESUAIKAN DIRI dengan perkembangan yang ada dan ikut BERGERAK melakukan pembenahan-pembenahan di SITUS-nya masing-masing. Jika Sobat DIAM saja, maka siap-siap situsnya tenggelam di halaman belakang Google…!

Berikut 2 Hal yang Perlu Sobat Lakukan agar Situsnya Mobile Friendly berdasarkan Saran Google Webmaster Central :

Pengujian situs Mobile-Friendly

Pengujian situs Mobile-Friendly

  • Jika Situs Sobat termasuk Mobile Friendly, maka akan keluar halaman penjelasan sebagai berikut :
Mengagumkan! Laman ini mobile-friendly

Mengagumkan! Laman ini mobile-friendly

Kemudian Bagaimana jika Situs Sobat termasuk kategori tidak Mobile Friendly berdasarkan hasil uji alat Google di atas?

Tentu Sobat harus membuatnya Mobile Friendly dulu dengan melakukan salah satu cara berikut :
  1.  Mengganti Template Situs dg Template yg Kategori Mobile Frienldy.
    Namun resikonya SEO situs Sobat akan menurun selama 2 minggu sampai dengan sebulan. Karena Sobat mengganti template, maka robot google akan mengindeks ulang dan beberapa halaman situs Sobat akan mundur ke belakang  jika diketikkan dengan beberapa kata kunci tertentu..!
  2. Jika Situs Sobat menggunakan WordPress, maka pilihannya coba cari Plugin Mobile Friendly yang cara kerjanya tidak perlu mengganti Template (Theme) Situs Sobat..!
    Coba cari Plugin Gratis-nya. Jika tidak ada, tentu bisa cari Plugin Premium alias berbayar.
  3. Gunakan Alat Google Webmasters Tools (GWT) untuk melihat Laporan Mobile Friendly Issues pada link berikut : Mobile Usability Report Google Webmaster Tools. Silahkan login menggunakan akun gmaill anda=>> klik nama website anda=>> Nanti akan muncul otomatis  Laporan Kebergunaan Seluler (Mobile Usability) untuk Situs yang Sobat pilih.Nanti akan muncul otomatis  Laporan Kebergunaan Seluler (Mobile Usability) utk Situs yg Sobat pilih :
Laporan Google Webmaster Tools Blog caramembuatwebsitepemula.com terdeteksi 0 kesalahan kebergunaan seluler

Laporan Google Webmaster Tools

Nah… terlihat Laporan Google Webmaster Tools Blog cara membuat website pemula ini terdeteksi O (Nol) kesalahan kebergunaan seluler. Jika sudah seo friendky silahkan untuk mengikuti kontes seo dengan kata kunci Staedtler Pensil Terbaik Untuk Anak dan juga kontes seo dengan kata kunci Cara Mengatasi Anak Susah Makan dengan Laperma Platinum yang terakhir ada kontes seo dengan kata kunci Tips Memilih Jasa Logistics Terpercaya di Indonesia yang terakhir ada kontes seo dengan kata kunci Glorimelamine.com Produsen Peralatan Makan Industri Horeka Terbaik di Indonesia

Baiklah hanya itu saja dulu yang bisa saya share, semoga bermanfaat bagi anda, silahkan untuk meninggalkan jejakmu di kolom komentarnya.

Ingat ! mulai tanggal 21 April 2015 aturan SEO Google Mobile Friendly akan diberlakukan Om Google. Terima Kasih. Demikianlah mengenai tentang Aturan Google Terbaru Situs Mobile Friendly.

Pencarian dari Google:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *