Cara Menulis Artikel Berkualitas Standar SEO

Bagaimana Cara Menulis Artikel Berkualitas Berstandar SEO?

8 Langkah Cara Menulis Artikel Berkualitas Standar SEO

Cara Menulis Artikel Berkualitas Standar SEO

Cara Menulis Artikel Berkualitas Standar SEO

Membuat Artikel Berkualitas adalah suatu keharusan dalam dunia blogging, bagaimana blog akan hidup kalau kita tidak rajin menulis artikel di blog punya kita. Selain itu juga, kalau kita terus update menulis sebuah artikel di blog, maka secara perlahan namun pasti, ini akan otomatis berpengaruh terhadap peningkatan SEO blognya, dan tak lupa juga akan memberi nilai plus agar blog cepat terindek google.

Dalam menulis sebuah artikel ada baiknya jangan hanya asal menulis saja, karena ada beberapa faktor yang harus di perhatikan dalam tata Cara Menulis Artikel Berkualitas Standar SEO. Di antara faktor-faktor yang harus di perhatikan diantaranya ada 8 langkah, yaitu :

1. Memilih Judul Artikel

Dalam menulis artikel tahap pertama yang harus di tentukan tentunya adalah “Memilih Judul Artikel”. Dalam memilih judul artikel ini pun ada aturannya, sebaiknya sebuah judul ini harus mengandung sebuah kata kunci dalam artikel tersebut. Dan Minimal kata yang harus di gunakan antara berjumlah 5 sampai 7 kata. Kenapa harus 5 sampai 7 kata ? karena kalau semakin panjang ini akan mengakibatkan berkurangnya kerapatan kata kunci di dalamnya. Tentunya ini akan sangat tidak baik di dalam penerapan SEO, sekaligus akan mengakibatkan judul artikel yang akan tampil di Pencarian Googlenya akan terpotong.

Coba Perhatikan gambar di bawah ini :

Cara Menulis Artikel Berkualitas Standar SEO

Cara Menulis Artikel Berkualitas Standar SEO

  • Yang di beri tanda panah HIJAU adalah judul yang sudah memenuhi standar SEO.
  • Dan yang di beri tanda panah dan Lingkaran berwarna MERAH adalah judul yang tidak memenuhi standar SEO, artinya judulnya kepanjangan lebih dari 7 kata, sehingga terpotong oleh tanda “…” (titik-titik).

2. Memilih URL Artikel

Seperti yang sudah di jelaskan di point no.1. Jika judul artikel yang di pilih kepanjangan alias lebih dari 7 kata, maka ini akan mengakibatkan URL yang akan di pakai tidak akan termuat semuanya, alias terpotong, dan ini tidak baik untuk peningkatan SEO. Jadi Usahakan dari judul artikelnya sudah dirancang dengan baik.

Nah bila sudah terlanjur membuat judul artikel kepanjangan, Lalu bagaimana cara mengubahnya?

Bagi anda pengguna blogger.com bisa mengubahnya dengan cara berikut :

  • saat anda berada di dalam penulisan sebuah artikel, coba perhatikan di sebelah bagian kanan, di sana terdapat menu “Tautan Permanen”. Klik menu tersebut, kemudian akan terbuka laman seperti yang nampak pada gambar di bawah ini :
Cara Setting URL Artikel Blog Agar LebihSEO Friendly

Cara Setting URL Artikel Blog Agar LebihSEO Friendly

  • Klik “Tautan Permanen” lalu klik lagi “Tautan Permanen Khusus”, kemudian anda cukup mengetikan bagian terakhir URL. Contoh misalnya jika URL yang saya inginkan adalah : http://caramembuatwebsitepemuladd.blogspot.com/2014/10/cara-menulis-artikel-berkualitas-standar-seo.html. maka yang saya ketikkan adalah cara-menulis-artikel-berkualitas-standar-seo (jangan lupa harus memakai tanda hubung dan tulisannya huruf kecil semuanya). Dengan begini maka URL nya akan menjadi lebih SEO Friendly.

3. Menggunakan Label di Setiap Artikel

Dalam Menulis Artikel Yang Baik Berkualitas Standar SEO sebaiknya label-label di gunakan pada setiap artikel-artikel blog yang akan di buat. Pilih label yang paling tepat menurut anda untuk di jadikan sebagai Deskripsi artikel blognya. Untuk memasukan label ini mudah sekali, masih di dalam area penulisan artikel, di sebelah kana atas di bawah “Setelan entri” ada menu “Label”, silahkan di masukan saja isi label yang anda inginkan.

Jangan lupa kalau menggunakan label lebih dari satu, maka gunakan tanda koma. Dan pasang gadget label pada sidebar untuk membantu aliran pagerank ke halaman-halaman artikel blog anda.

4. Pastikan Memasang Meta Deskripsi

Meta description berfungsi sebagai pemuat meta informasi yang mendeskripsikan isi halaman blog. Meta deskripsi ini juga menjadi bagian dari snippet deskripsi di hasil pencarian Google. Oleh karena itu, menggunakan dan mengoptimalkannya secara tepat akan menambah kekuatan SEO blog di search engine, atau setidaknya menjadi alat bagi blog untuk menarik pengunjung dari search engine.

Jadi jangan lupa untuk memasang meta deskripsi dengan kata kunci yang ada pada artikel blog anda. Dan panjang dari meta deskripsi ini jangan terlalu panjang-panjang, minimal 150 karakter itu sudah memadai.

5. Membuat Artikel Yang Teroptimasi

Dalam setiap membuat sebuah artikel di blog ada beberapa aturan yang harus di terapkan di antaranya :

  1. Kata Kunci yang mau di buat harus di tebalkan atau di Bold, bisa juga di Italic.
  2. Setiap kata kunci setidaknya harus di ulangi 3x di dalam sebuah artikelnya.
  3. Gunakan bahasa yang baku agar kualitas sebuah artikel lebih di sukai robot Google.
  4. Buat lagi kata kunci dengan menggunakan tag H2 atau tag H3 di dalam sebuah artikel blog anda.
  5. Biasakan membuat artikel minimal 500-700 kata.

6. Memasang Gambar di Dalam Artikel

Ketika kita memasang gambar di sebuah artikel blog, usahakan gambar ini selalu memakai Alt Tag, karena apa? karena Robot Google atau Googlebot belumbisa mengenali gambar yang di pasang di artikel blog.

Kemudian usahakan gambar ini jangan terlalu besar ukurannya, karena ini bisa mempengaruhi waktu loading halaman blognya. Ada baiknya gambar ini di pasang atau di upload saat sedang menulis artikelnya, jangan dihosting di image hosting yang lain. Karena kebanyakan hosting lain tidak bisa mengimbangi kecepatan loading gambar pada jam-jam sibuk.

7. Memasang Link di Dalam Artikel

Bila anda berkunjung pada sebuah blog, maka banyak sekali para blogger yang memasang link-link di dalam artikel blognya. Nah ada beberapa aturan untuk memasang link di sebuah artikel, di antaranya :

  1. Usahakan di dalam sebuah artikel untuk memasang link menuju artikel-artikel yang lain yang ada di blog anda minimal 2 link. Dan usahakan judulnya yang berkaitan dengan artikel yang sedang di buat. Karena apa? karena interlink seperti ini akan sangat penting untuk meningkatkan kemampuan Googlebot mengindek blog anda.
  2. Pastikan Link yang akan di buat di buka pada tab baru.
  3. Bedakan link yang keluar dan link yang menuju halaman blog anda sendiri. Untuk link yang keluar usahakan menggunakan rel=”nofollow”, dan untuk link yang sendiri tidak usah memakainya.

8.Pastikan Artikel Anda Mampu Memberikan Informasi Yang Bermanfaat Bagi Pembaca Blog

Apa sebenarnya tujuan anda membuat artikel blog? tentu saja harus memberikan informasi yang bermanfaat buat yang lainnya. Dan semoga artikel-artikel yang di buat bisa membuat orang lain tertarik untuk membacanya atau bahkan mungkin datang berkali-kali ke blog anda, dan ini akan sangat baik untuk reputasi blog anda.

Jika sudah bisa menulis artikel yang baik berstandar seo, maka ini bisa di coba untuk mengikuti kontes seo STAEDTLER PENSIL TERBAIK UNTUK ANAK dan juga ada kontes seo dengan kata kunci Tips Memilih Jasa Logistics Terpercaya Di Indonesia yang terakhir ada kontes seo dengan kata kunci Cara Mengatasi Anak Susah Makan dengan Laperma Platinum

Demikian artikel yang sangat sederhana ini tentang Cara Menulis Artikel Berkualitas Standar SEO. Terima kasih mampir di sini dan mau membaca artikel ini, silahkan tinggalkan jejakmu wahai para Blogger di komentar Blognya.

Pencarian dari Google:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *