Apa Itu SEO?

By | February 9, 2015

Apa Itu SEO (Search Engine Optimization)?

Pengertian SEO dan Belajar SEO Untuk Pemula

Apa Itu SEO (Search Engine Optimization)?

Apa Itu SEO (Search Engine Optimization)?

Banyak sudah para blogger yang membahas tentang apa itu seo? namun saya sendiripun ingin sedikit berbagi tentang Pengertian SEO dan juga Belajar SEO Google sepanjang yang saya ketahui.

SEO atau kepanjangan dari Search Engine Optimization adalah suatu cara atau teknik untuk membuat situs atau blog kita berada pada halaman atau posisi satu di mesin pencarian (search engine) atau setidaknya berada pada page one seperti di Google, Bing, dan Yahoo.

SEO untuk orang indonesia di kenal dengan optimisasi mesin pencari  yaitu serangkaian prosesnya  dilakukan secara sistematis atau terus menerus, ditujukan  untuk meningkatkan kapasitas volume dan kualitas lalulintas yang bagus atau trafik dari mesin pencari menuju alamat situs web yang di inginkan, dengan memanfaatkan segala mekanisme kerja alami algoritma si mesin pencari tersebut.

Dan Pengertian SEO itu sangat luas, akan tetapi semuanya mencakup satu hal yang sama yaitu mengoptimisasi suatu halaman website atau blog agar berada pada halaman atau posisi rangking satu di search engine dengan kata kunci yang ditarget. SEO ini cukup panjang dan kadang membutuhkan “pengetahuan” yang tidak dimiliki semua orang, maka tentunya ada tahap belajar di awal usaha anda mengenal SEO.

Jika sebuah situs (blog atau website) dibuat dari awal dengan teknik SEO Google yang benar, maka kecepatannya mendatangkan pengunjung bisa terlihat dlm 1-2 bulan…

Dibandingkan situs yang dibuat dari awal tanpa Teknik SEO yang benar, maka kualitasnya bisa kalah dengan umur situs SEO di atas (1-2 bulan) meski situs tanpa SEO dibuat 1-2 tahun sebelumnya….! Pengalaman sudah membuktikan…

Sebagai Contoh SEO :

Saya mempunyai artikel di website CARA MEMBUAT WEBSITE PEMULA ini dengan judul “cara bikin blog yang benar menurut google“, kemudian saya optimasi halaman artikel tersebut dengan teknik SEO yang saya gunakan dan dengan mentarget kata kunci “cara bikin blog yang benar menurut google”. Dan hasilnya bisa di lihat seperti yang nampak pada gambar di bawah :

Hasil Penerapan SEO pada Blog

Pengaruh Penerapan SEO Pada Postingan Blog Bisa Menjadi Rangking Satu di Search Engine Google

Nah… Sobat juga bisa mengecek kata kunci yang di targetnya dengan Check Website Rangking Blog Di Serp Google.

Banyak sekali keuntungan dari melakukan SEO yang tidak bisa saya sebutkan satu persatu, tapi setidaknya ada beberapa keuntungan dalam melakukan SEO pada cara membuat website ini diantaranya yaitu :

  • Bisa Mendatangkan Traffic Yang  Banyak

Keuntungan yang utama dari SEO adalah mendatangkan pengunjung atau traffic yang banyak. Cara Meningkatkan Traffic Website akan sangat berpengaruh supaya situs atau blog punya kita bisa berada pada halaman satu di Search Engine Google, dan ini pasti akan mendatangkan pengunjung (Traffic) yang sangat besar, tergantung pada keyword yang kita target dan besar kecilnya data hasil pencarian dari Google Keyword Planner.

  • Meningkatkan Penjualan Bisnis Anda

Sudah pasti, Penjualan bisnis Anda akan meningkat setelah website atau blog berada pada halaman 1 di pencarian google.

Jika suatu situs menjual suatu produk atau barang seperti lazada.co.id yang menjual aneka barang seperti laptop atau lainnya, maka jika ada orang mencari di google dengan keyword “jual laptop murah” kemudian situs tersebut ranking 1, maka sudah bisa di pastikan 95% lazada akan mendapatkan penjualan dari hasil SEO tersebut.

  • Meningkatkan Popularitas

Jika website Anda berada dalam posisi 1 search result, tentu saja ini akan meningkatkan kepercayaan konsumen karena hanya website terbaik yang ditampilkan oleh Google.

Pada poin ini, akan berlaku jika isi dari website atau blog Anda cukup berkualitas. Tentunya ditambah kekuatan SEO yang sudah membawa website atau blog Anda berada pada halaman 1 google, otomatis popularitas untuk pribadi bahkan brand bisnis Anda makin meningkat.

  • Bisa Meningkatkan Daya Saing

Mudah saja untuk keuntungan SEO yang satu ini, jika posisi suatu situs lebih tinggi maka secara otomatis daya saingnya pun akan lebih tinggi. Masih banyak lagi keuntungan dari SEO ini yang tidak saya sebutkan semua, karena saya yakin dengan 4 hal diatas saja pasti anda sudah mengerti mengenai keuntungan SEO.

Sekilas Tentang Sejarah SEO

Menurut Danny Sullivan, istilah search engine optimization pertama kali digunakan pada 26 Juli tahun 1997 oleh sebuah pesan spam yang diposting di Usenet. Pada masa itu algoritma mesin pencari belum terlalu kompleks sehingga mudah dimanipulasi.

Versi awal algoritma pencarian didasarkan sepenuhnya pada informasi yang disediakan oleh webmaster melalui meta tag pada kode html situs web mereka. Meta tag menyediakan informasi tentang konten yang terkandung pada suatu halaman web dengan serangkaian kata kunci (keyword).

Sebagian webmaster melakukan manipulasi dengan cara menuliskan kata kunci yang tidak sesuai dengan konten situs yang sesungguhnya, sehingga mesin pencari salah menempatkan dan memeringkat situs tersebut. Hal ini menyebabkan hasil pencarian menjadi tidak akurat dan menimbulkan kerugian baik bagi mesin pencari maupun bagi pengguna internet yang mengharapkan informasi yang relevan dan berkualitas.

sumber : http://id.wikipedia.org/wiki/Optimisasi_mesin_pencari/

Beberapa Dasar SEO Yang Wajib di Ketahui
  1. SEO Onpage.
  2. SEO Offpage.
  3. Riset Kata Kunci dengan Google Keywords Planner

Untuk lebih mudahnya mengenai Belajar SEO, paduan selengkapnya disini.

Nah… bagi sobat blogger yang sudah mengenal SEO, bisa mengikuti ajang kontes seo dengan kata kunci Staedtler Pensil Terbaik Untuk Anak dan juga kontes seo dengan kata kunci Cara Mengatasi Anak Susah Makan dengan Laperma Platinum yang terakhir ada kontes seo dengan kata kunci Tips Memilih Jasa Logistics Terpercaya di Indonesia yang terakhir ada kontes seo dengan kata kunci Glorimelamine.com Produsen Peralatan Makan Industri Horeka Terbaik di Indonesia

OK deh… hanya itu saja dulu sedikit yang bisa saya share, semoga bermanfaat bagi anda. Silahkan tinggalkan jejakmu di kolom komentarnya. Demikianlah tentang Apa Itu SEO (Search Engine Optimization)?

Pencarian dari Google:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *